Natasya, Dhea Vida and Prof. Dr. Ir. Budi Setiawan,, MS. and Andrean Eka Hardana,, SP., MP., MBA (2021) Preferensi Konsumen Terhadap Atribut Beras Di Kota Surakarta. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Beras sebagai bahan pangan pokok utama bagi masyarakat di Indonesia, salah satunya bagi masyarakat Kota Surakarta. Salah satu pengeluaran yang besar dari jumlah biaya hidup masyarakat Kota Surakarta yaitu untuk beras. Dalam pemenuhan kebutuhan beras mereka, beras masih disuplai dari kota lain karena jumlah kebutuhan beras tidak mampu terpenuhi seluruhnya melalui produksi padi di Kota Surakarta. Selain itu, adanya kerugian tenaga, waktu, dan biaya yang disebabkan pengembalian produk beras ke perusahaan penggilingan padi karena produk kurang diminati sehingga produk lama terjual dan kualitasnya menjadi menurun. Oleh karena itu, perlu adanya pengetahuan preferensi beras dari konsumen beras di Kota Surakarta. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menentukan kombinasi level atribut beras dan urutan tingkat kepentingan atribut beras yang menjadi preferensi konsumen beras di Kota Surakarta serta menganalisis hubungan antara preferensi estimasi dan preferensi aktual pada analisis Conjoint. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian survey. Penelitian survey digunakan untuk menggambarkan tren dalam perilaku, karakteristik, dan pendapat dari populasi melalui sampel. Penelitian dilakukan pada bulan Oktober hingga November 2021 dengan lokasi penelitian yaitu Kota Surakarta. Teknik penentuan sampel dilakukan dengan quota sampling dimana peneliti mengambil sampel sesuai kriteria khusus hingga memenuhi kuota tertentu yaitu konsumen akhir yang membeli beras putih dan berdomisili di Kota Surakarta. Sampel yang digunakan berjumlah 100 sampel. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan menggunakan analisis Conjoint dengan bantuan SPSS Statistics 25. Analisis Conjoint tersebut dapat menghasilkan kombinasi level atribut beras dan urutan tingkat kepentingan atribut beras yang menjadi preferensi konsumen beras di Kota Surakarta serta hubungan antara preferensi estimasi dan preferensi aktual pada analisis Conjoint. Atribut yang digunakan dalam penelitian ini antara lain atribut mutu beras, atribut kepulenan, atribut bentuk beras, atribut kemasan beras, dan atribut aroma beras. Level atribut dari mutu beras adalah premium, medium 1, medium 2, dan medium 3. Kemudian, level atribut dari kepulenan adalah sangat pulen, pulen, dan pera. Selanjutnya, level atribut dari bentuk beras adalah ramping, sedang, dan bulat. Lalu, level atribut dari kemasan beras adalah kemasan plastik dan hermetik. Sedangkan, level atribut dari aroma beras adalah aromatik dan tidak aromatik. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa kombinasi level atribut beras yang disukai oleh konsumen beras di Kota Surakarta adalah mutu medium 1 (untuk konsumen pendapatan rendah) atau premium (untuk konsumen pendapatan tinggi), kepulenan pulen, bentuk ramping, aroma tidak aromatik, dan kemasan hermetik. Hal tersebut dikarenakan berasnya lebih sehat dan lebih aman karena kemasannya yang melindungi beras dari masuknya kotoran, air, dan lain-lainnya sehingga beras tidak mudah terkontaminasi. Selain itu, pada konsumen dengan pendapatan rendah 2 menyukai mutu medium 1 karena kualitasnya yang baik (putih, bersih, dan menarik) dengan harga terjangkau, sedangkan konsumen dengan pendapatan tinggi menyukai mutu premium karena kualitasnya paling baik dan tidak mempermasalahkan terkait harga. Sedangkan, urutan tingkat kepentingan dari atribut beras mulai dari atribut yang paling penting hingga atribut yang kurang penting yaitu mutu, bentuk, kepulenan, aroma, kemasan berdasarkan konsumen dengan pendapatan rendah dan mutu, kepulenan, bentuk, aroma, kemasan berdasarkan konsumen dengan pendapatan tinggi. Hal tersebut dikarenakan atribut mutu dapat mengukur kadar baik buruknya biji beras (bagian yang akan dikonsumsi) melalui banyak indikator sehingga mutu menjadi hal paling penting. Sedangkan, atribut kemasan kurang diutamakan karena kemasan karung plastik dan kemasan hermetik sama-sama baik, namun beras yang dikemas dengan menggunakan kemasan hermentik lebih baik lagi. Pada hasil nilai korelasi PeaUVRQ¶V R, menunjukan bahwa terdapat hubungan yang kuat antara preferensi estimasi dan preferensi aktual pada analisis Conjoint sehingga kombinasi level atribut beras dan tingkat kepentingan atribut beras yang diperoleh dari proses Conjoint dapat menggambarkan preferensi konsumen beras di Kota Surakarta yang sebenarnya. Saran yang diberikan bagi perusahaan penggilingan padi supaya meningkatkan pemasaran dan kepuasan konsumen melalui peningkatan kualitas dari produk beras dengan mengutamakan preferensi konsumen terhadap atribut beras di Kota Surakarta yaitu beras dengan mutu medium 1 (untuk konsumen pendapatan rendah) atau premium (untuk konsumen pendapatan tinggi), kepulenan pulen, bentuk ramping, aroma tidak aromatik, dan kemasan hermetik. Cara yang dapat dilakukan antara lain menggunakan beras dengan varietas C4 atau varietas IR64, meningkatkan teknologinya dalam mengolah beras, dan memilih kemasan hermetik dengan menggunakan karung plastik yang didalamnya ditambahkan plastik dengan jenis PP atau PE atau menggunakan plastik dengan jenis BOPP. Bagi akademisi yang tertarik terhadap penelitian preferensi konsumen, dapat mengkaji variabel-variabel atribut lainnya untuk memperkaya studi terkait preferensi konsumen
English Abstract
Rice is the main staple food for people in Indonesia, one of which is for the people of Surakarta City. One of the large expenditures of the total cost of living for the people of Surakarta City is for rice. In fulfilling their rice needs, rice is still supplied from other cities because the amount of rice needs cannot be fully met through rice production in Surakarta City. In addition, there is a loss of energy, time, and costs caused by returning rice products to rice milling companies because the products are not in demand so that old products are sold and their quality decreases. Therefore, it is necessary to know the rice preferences of rice consumers in Surakarta City. The purpose of this study was to determine the combination of rice attribute levels and the order of importance of rice attributes which became the preferences of rice consumers in Surakarta City and to analyze the correlation between estimated preferences and actual preferences in Conjoint analysis. The research approach used is a quantitative approach with survey research methods. Survey research is used to describe trends in the behavior, characteristics, and opinions of a population through a sample. The research was conducted from October to November 2021 with the research location, Surakarta City. The technique of determining the sample is by quota sampling where the researcher takes samples according to special criteria to meet certain quotas, namely the final consumer who buys white rice and is domiciled in Surakarta City. The sample used is 100 samples. Data collection techniques were carried out by interviews and questionnaires. The data analysis technique used is Conjoint analysis with the help of SPSS Statistics 25. The Conjoint analysis can produce a combination of rice attribute levels and the order of importance of rice attributes which are the preferences of rice consumers in Surakarta City and the relationship between estimated preferences and actual preferences in Conjoint analysis. The attributes used in this study include rice quality attributes, fluffiness attributes, rice shape attributes, rice packaging attributes, and rice aroma attributes. The attribute levels of rice quality are premium, medium 1, medium 2, and medium 3. Then, the attribute levels of fluffiness are very fluffier, fluffier, and pera. Furthermore, the attribute levels of the rice shape are slender, medium, and bold. Then, the attribute level of rice packaging is plastic bag and hermetic packaging. Meanwhile, the attribute level of rice aroma is aromatic and non aromatic. The results of this study indicate that the combination of rice attribute levels favored by rice consumers in Surakarta City is medium quality 1 (for low income consumers) or premium (for high income consumers), fluffier fluffiness, slender shape, non aromatic aroma, and hermetic packaging. This is because the rice is healthier and safer because the packaging protects the rice from the entry of dirt, water, etc. so that the rice is not easily contaminated. In addition, consumers with low incomes prefer medium quality 1 because it is of good quality (white, clean, and attractive) at an affordable price, while consumers with high incomes prefer premium quality because it is the best quality and does not have a problem with price. 4 Meanwhile, the order of importance of rice attributes starting from the most important attribute to the least important attribute, namely quality, shape, fluffiness, aroma, packaging based on consumers with low incomes and quality, fluffiness, shape, aroma, packaging based on consumers with high incomes. This is because the quality attribute can measure the level of good or bad rice seeds (the part that will be consumed) through many indicators so that quality becomes the most important thing. Meanwhile, packaging attributes are less important because plastic bag and hermetic packaging are both good, but rice packaged using hermentic packaging is even better. In the results of the Pearson's R correlation value, it shows that there is a strong relationship between estimated preferences and actual preferences in the Conjoint analysis so that the combination of rice attribute level and rice attribute importance obtained from the Conjoint process can describe the actual rice consumer preferences in Surakarta City. Suggestions are given for rice milling companies to improve marketing and consumer satisfaction through improving product quality by prioritizing consumer preferences for rice attributes in Surakarta City, namely rice with medium quality 1 (for low income consumers) or premium (for high income consumers), fluffier , slender shape, non aromatic aroma, and hermetic packaging. Ways of variety can be done, among others, using rice with C4 or IR64 varieties, improving the technology in processing rice, and choosing hermetic packaging using plastic bag in which PP or PE type plastic is added or using BOPP type plastic. For academics who are interested in consumer preference research, they can examine other attribute variables to enrich studies related to consumer preferences.
Other obstract
-
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 0521040206 |
Subjects: | 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture |
Divisions: | Fakultas Pertanian > Sosial Ekonomi Pertanian |
Depositing User: | Nur Cholis |
Date Deposited: | 22 Jul 2022 02:39 |
Last Modified: | 07 Oct 2024 07:19 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/192516 |
![]() |
Text
DHEA VIDA NATASYA.pdf Download (3MB) |
Actions (login required)
![]() |
View Item |