Sistem Informasi Manajemen Untuk Pelayanan Publik (Studi Pada e-Puskesmas di Puskesmas Pakisaji, Kecamatan Pakisaji, Kabupaten Malang).

Ramadhan, Haris and Dr. Sujarwoto, S.IP., M.Si, MPA and Anita Tri Widiyawati, SS., MA (2020) Sistem Informasi Manajemen Untuk Pelayanan Publik (Studi Pada e-Puskesmas di Puskesmas Pakisaji, Kecamatan Pakisaji, Kabupaten Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Sistem Informasi Manajemen (SIM) sangat penting dalam pelayanan publik. Tanpa ada SIM yang baik maka mustahil pelayanan publik dapat diselenggarakan dengan baik. E-Puskesmas adalah contoh pengembangan SIM yang diterapkan oleh Puskesmas Pakisaji sejak 2017 yang ditujukan untuk memperbaiki layanan kesehatan di Puskesmas. Program e-Puskesmas di prakarsai oleh PT. Telkom bekerjasama dengan PT. Infokes Indonesia dan Kementrian Kesehatan RI. Sejak tahun 2017, Penelitian ini memiliki rumusan masalah bagaimanakah SIM e-Puskesmas di Puskesmas Pakisaji Kabupaten Malang, dan faktor-faktor apasajakah yang menghambat SIM e-Puskesmas tersebut. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif. Data diperoleh melalui wawancara yang dilakukan kepada para informan yang dianggap lebih memahami dan bertanggung jawab dengan e-Puskesmas. Observasi dilakukan selama tiga minggu dengan mengamati proses kerja SIM e-Puskesmas. Selain itu peneliti juga mengumpulkan data berupa dokumen pedoman pelaksanaan e- Puskesmas dan laporan terkait pelaksanaan e-Puskesmas di Puskesmas Pakisaji. Analisis data menggunakan model interaktif Miles, Hubberman dan Saldana Hasil penelitian menunjukkan SIM e-Puskesmas sudah berjalan dengan lancar. Hal ini ditunjukkan dari pelayanan dan pelaporan yang telah terintegrasi serta berbagai manfaat yang dirasakan oleh petugas Puskesmas. Setelah pelaksanaan e-Puskesmas beban kerja petugas semakin ringan dalam membuat laporan, dan efektif diterapkan untuk meningkatkan pelayanan Namun dalam penerapan program e-Puskesmas tersebut ditemukan kendala seperti gangguan server, listrik, internet, dan kedisiplinan pegawai. Kesimpulan dari penelitian ini adalah perencanaan e-Puskesmas ini ada tiga yaitu, sosialisasi, pelatihan dan penganggaran. Input dari e-Puskesmas adalah data pribadi, data rekam medis, hasil pemeriksaan dan pemberian tindakan serta resep obat. Kemudian proses pemberian pelayanan di Puskesmas Pakisaji telah terintegrasi kedalam SIM e-Puskesmas. Output dari SIM e-Puskesmas ini adalah kemudahan dalam pengolahan data pasien. Namun masalah dengan kedisiplinan pegawai, listrik padam dan erornya sistem yang masih menjadi penghambat

English Abstract

Management Information Systems (MIS) are very important in public services. Without a good MIS, it is impossible for public services to be carried out properly. E-Puskesmas is an example of the development of a MIS implemented by Pakisaji Puskesmas since 2017 aimed at improving health services at Puskesmas. The e-Puskesmas program was initiated by PT. Telkom in cooperation with PT. Infokes Indonesia and the Indonesian Ministry of Health. Since 2017, this study has formulated the problem of how the e-Puskesmas MIS at the Pakisaji Public Health Center in Malang Regency, and what factors are inhibiting the e-Puskesmas MIS. This research uses qualitative research. Data were obtained through interviews conducted with informants who were considered to better understand and be responsible with e-Puskesmas. Observation was carried out for three weeks by observing the work process of e-Puskesmas MIS. In addition, researchers also collected data in the form of guidelines for implementing e-Puskesmas and reports related to the implementation of e-Puskesmas in Pakisaji Puskesmas. Data analysis uses the interactive model of Miles, Hubberman and Saldana The results showed the e-Puskesmas MIS was running smoothly. This is indicated by the integrated service and reporting and the various benefits felt by Puskesmas staff. After the implementation of e-Puskesmas the workload of officers became lighter in making reports, and effectively applied to improve services. However, in the implementation of the e-Puskesmas program, obstacles were encountered such as server, electricity, internet, and employee discipline. The conclusion of this study is that there are three e-Puskesmas plans, namely, socialization, training and budgeting. Inputs from e-Puskesmas are personal data, medical record data, results of examinations and administration of actions and prescription drugs. Then the service delivery process at Pakisaji Health Center has been integrated into the e-Puskesmas MIS. The output of the e- Puskesmas MIS is the ease in processing patient data. But problems with employee discipline, power outages and system errors are still obstacles

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0520030109
Uncontrolled Keywords: Sistem Informasi Manajemen; Pelayanan Publik; Layanan Kesehatan; Program e-Puskesmas, Management Information Systems; Health services; E-Puskesmas program.
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Zainul Mustofa
Date Deposited: 22 Jul 2022 02:31
Last Modified: 22 Jul 2022 02:31
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/192510
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
0520030103- Haris Ramadhan.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2023.

Download (8MB)

Actions (login required)

View Item View Item