Pengaruh Presepsi Risiko Terhadap Keputusan Pembelian Makanan Melalui Aplikasi Layanan Pesan Antar Selama Pandemi Covid-19

Sofianti, Detta Yusvita and Anisa Aprilia,, SP., MP., M.BA. and Dr. Fitria Dina Riana,, SP., MP. (2021) Pengaruh Presepsi Risiko Terhadap Keputusan Pembelian Makanan Melalui Aplikasi Layanan Pesan Antar Selama Pandemi Covid-19. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

i RINGKASAN DETTA YUSVITA SOFIANTI. 175040101111052. Pengaruh Presepsi Risiko Terhadap Keputusan Pembelian Makanan Melalui Aplikasi Layanan Pesan Antar Selama Pandemi COVID-19. Dibawah Bimbingan Anisa Aprilia, SP., MP., MBA. Sebagai Pembimbing Utama dan Dr. Fitria Dina Riana, SP., MP. Sebagai Pembimbing Pendamping. Selama adanya pandemi COVID-19 berkaitan dengan adanya peraturan pemerintah bahwa kegiatan masyarakat dibatasi dan kegiatan hanya dapat dilakukan dirumah saja. Hal tersebut mengakibatkan masyarakat melakukan semua kegiatan hanya secara online, terutama dalam pembelian makanan sebagai pemenuhan kebutuhan sehari-hari. Masyarakat melakukan pembelian makanan dengan memanfaatkan aplikasi layanan pesan antar online seperti aplikasi platform (Gofood, Grabfood), pengantaran dari restoran (Pizza Hut Delivery), media sosial (Instagram dan Facebook), dan aplikasi pesan (WhatsApp). Hal tersebut dilakukan masyarakat karena dirasa lebih mudah dan efisien. Tetapi sebagian masyarakat juga memilih tetap melakukan pembelian makanan secara langsung, dikarenakan masyarakat mengurangi adanya risiko yang dirasakan. Disimpulkan bahwa risiko yang dirasakan konsumen dapat mempengaruhi keputusan pembelian setiap individu masyarakat. Sehingga tujuan dalam penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh persepsi risiko terhadap keputusan pembelian makanan melalui aplikasi pesan antar makanan secara online selama pandemi COVID-19. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kuantitatif analisis SEM- PLS dengan menggunakan software WarpPLS 7.0. Kemudian metode penentuan sampel yang digunakan yaitu purposive sampling sehingga jumlah sample yang digunakan sebanyak 66 responden. Lokasi penelitian berada di Malang Raya dengan membuat kuesioner secara online atau menggunakan google form yang disebarkan melalui media sosial. Hasil analisis dalam penelitian ini menunjukkan bahwa risiko finansial dan risiko sosial berpengaruh secara signifikan dan negatif terhadap keputusan pembelian makanan secara online selama pandemi COVID-19. Hal tersebut dikarenakan risiko finansial sedikit dialami responden dikarenakan responden tetap mempertimbangkan biaya tambahan yang dikeluarkan saat melakukan pembelian melalui aplikasi pesan antar secara online. Tetapi responden tidak mempermasalahkan terkait pengeluaran biaya lebih banyak dan responden lebih memilih menggunakan aplikasi platform karena keamanannya terjamin. Kemudian untuk risiko delivery, risiko psikologis, dan risiko kinerja tidak berpengaruh secara signifikan dan positif terhadap keputusan pembelian makanan secara online selama pandemi COVID-19. Lalu untuk risiko waktu tidak berpengaruh secara signifikan dan negatif terhadap keputusan pembelian makanan secara online selama pandemi COVID-19. Hal tersebut dikarenakan responden tidak mempermasalahkan terkait beberapa indikator pada setiap variabel tersebut. Berkaitan dengan hasil penelitian ini yang didapatkan maka terdapat beberapa saran diantaranya untuk peneliti selanjutnya diharapkan dapat menambah indikator atau dapat dijadikan referensi dalam penelitan selanjutnya. Kemudian pada pengguna aplikasi Setidaknya masyarakat dapat memberikan masukan dan saran serta jawaban yang sejujurnya. Kemudian bagi perusahaan yang membuat aplikasi layanan setidaknya melakukan evaluasi terkait pengaruh risiko yang dihadapi konsumen serta drive

English Abstract

During the COVID-19 pandemic, it is related to government regulations that community activities are limited and activities can only be done at home. This causes people to carry out all activities only online, especially in purchasing food as a fulfillment of their daily needs. People make food purchases by utilizing online delivery service applications such as platform applications (Gofood, Grabfood), delivery from restaurants (Pizza Hut Delivery), social media (Instagram and Facebook), and messaging applications (WhatsApp). This is done by the community because it is easier and more efficient. But some people also choose to continue to buy food directly, because people reduce the perceived risk. It is concluded that the perceived risk of consumers can influence the purchasing decisions of each individual in society. So the purpose of this study is to analyze the effect of perceived risk on food purchasing decisions through an online food delivery application during the COVID-19 pandemic. This research was conducted using a quantitative approach to SEM-PLS analysis using WarpPLS 7.0 software. Then the method of determining the sample used is purposive sampling so that the number of samples used is 66 respondents. The research location is in Malang Raya by making online questionnaires or using google forms which are distributed through social media. The results of the analysis in this study indicate that financial risk and social risk have a significant and negative effect on online food purchasing decisions during the COVID-19 pandemic. This is because respondents experienced little financial risk because respondents still considered the additional costs incurred when making purchases through online delivery applications. However, respondents do not have a problem with spending more and respondents prefer to use platform applications because their security is guaranteed. Then for delivery risk, psychological risk, and performance risk do not have a significant and positive effect on online food purchasing decisions during the COVID-19 pandemic. Then the time risk has no significant and negative effect on online food purchasing decisions during the COVID-19 pandemic. This is because the respondents do not have a problem related to several indicators on each of these variables. In connection with the results of this study, there are several suggestions, including for further researchers, it is hoped that they can add indicators or can be used as references in further research. Then the application users, at least the community can provide input and suggestions as well as honest answers. Then for companies that make service applications, at least evaluate the impact of risks faced by consumers and drivers

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0521040205
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture
Divisions: Fakultas Pertanian > Sosial Ekonomi Pertanian
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 22 Jul 2022 02:27
Last Modified: 01 Oct 2024 08:44
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/192509
[thumbnail of DETTA YUSVITA SOFIANTI.pdf] Text
DETTA YUSVITA SOFIANTI.pdf

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item