Implementasi Electronic Service Melalui Program E-Lampid dalam Pelayanan Administrasi Kependudukan (Studi pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Surabaya)

Ambarita,, Frans Natanael and Hermawan, Dr. S.IP, M.SI and Erlita Cahyasari, S.AP., M.AP (2020) Implementasi Electronic Service Melalui Program E-Lampid dalam Pelayanan Administrasi Kependudukan (Studi pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Surabaya). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Program E-lampid merupakan sebuah program layanan elektronik (electronic Service) dalam administrasi kependudukan yang melayani akta kelahiran dan akta kamatian di Kota Surabaya. Program ini mulai dijalankan pada tahun 2014 dengan mengakses lampid.surabaya.go.id. Program e- lampid berfokus pada pelayanan administrasi kependudukan yang lebih mudah, hemat dan cepat. Program e-lampid sudah terkoneksi dengan E-Kios (Komputer layanan) yang terdapat pada setiap kelurahan dan kecamatan yang ada di Kota Surabaya. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Mengetahui, mendeskripsikan serta menganalisis implementasi electronic service melalui program e-lampid dalam peleyanan administrasi kependudukan, (2) Mengetahui mendeskripsikan serta menganalisis faktor pendukung dan faktor penghambat implementasi program e-lampid, (3) Mengetahui, mendeskripsikan dan menganalisis efektifitas dari implementasi program e- lampid. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian Deskriptif dengan metode pendekatan kualitatif Hasil penelitian ini memberikan fakta bahwa implementasi elecronic Service melalui program e-lampid pada tahap (1) integrasi: Pemerintah sudah berupaya memberikan pemahaman dan penjelasan dengan menyediakan peraturan-peraturan serta petunjuk pelaksana dan petunjuk teknis sebagai dasar pelaksanaan program, (2) Pengorganisasian: organisasi perangkat daerah yang terlibat dalam implementasi e-lampid antara lain Dispendukcapil Kota Surabaya, Diskominfo, Sekretariat daerah, Administrasi perlengkapan serta kecamatan dan kelurahan, (3)Aplikasi: Program kerja serta prosedur kerja dapat diakses di lampid.surabaya.go.id. Selain itu, terdapat faktor-faktor dalam implementasi program e-lampid, faktor pendukung nya adalah tingkat partisipasi yang tinggi serta infrastruktur yang memadai, sedangkat faktor penghambat adalah koneksi internet yang trouble. Efektifitas program e- lampid dalam sebuah organisasi harus mampu mencapai tujuan, melakukan integrasi serta adaptasi dengan baik. .Kesimpulan yang diperoleh dalam penelitian ini mengemukakan bahwa implementasi program e-lampid yang di laksakan telah berjalan dengan baik, namun harus memperbaiki kelemahan-kelemahan yang terjadi pada aplikasi seperti melakukan upgrade data masyarakat, menambah jumlah menu layanan, Koordinasi pemerintah Kota Surabaya dengan masyarakat dan pelaksana program harus lebih di tingkatkan

English Abstract

The E-lampid program is an electronic service program in population administration that serves birth certificates and death certificates in the city of Surabaya. This program began in 2014 by accessing lampid.surabaya.go.id. The e-lampid program focuses on easier, more efficient and faster population administration services. The e-lampid program is connected with E-Kios (Computer services) and is available in every village and sub-district in the city of Surabaya. The purpose of this reseacrh are: (1) Knowing, describing and analyzing the implementation of electronic services through e-lampid programs in population administration services, (2) Knowing describing and analyzing the supporting and inhibiting factors for e-lampid program implementation, (3) Knowing, understand and analyze the effectiveness of e-lampid program implementation. The type of research used in this research is descriptive with qualitative research methods. The results of this study provide the fact that the implementation of electronic services through the e-lampid program in stage (1) integration: the government has tried to provide understanding and explanation by providing regulations and has tried to provide implementing instructions and technical instructions as the basis for program implementation. (2) Organizing: regional apparatus organizations involved in e-lampid implementation such as Surabaya City Dispendukcapil, Diskominfo, regional Secretariat, Equipment administration, districts and villages, (3) Application: Work programs and work procedures can be accessed at lampid.surabaya.go.id. In addition, there are factors in the implementation of e-lampid programs, supporting factors are a high level of participation and adequate infrastructure, a set of inhibiting factors is a problematic internet connection. The effectiveness of e-lampid programs in an organization must be able to achieve goals, integrate and adapt well. The conclusions obtained in this research suggest that the implementation of the e-lampid program has been carried out well, but must improve the weaknesses that occur in applications such as upgrading peoples data, increasing the number of service menus, coordination of the Surabaya City government with the community and implementing the program must be improved

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0520030103
Uncontrolled Keywords: ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN, ELECTRONIC SERVICE, E-LAMPID, CIVIL ADMINISTRATION, ELECTRONIC SERCIVE, ELECTRONIC LAMPID.
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Zainul Mustofa
Date Deposited: 22 Jul 2022 01:32
Last Modified: 22 Jul 2022 01:32
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/192490
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
0520030097- Frans Natanael Ambarita.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2023.

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item