Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Sayuran Secara Online via Aplikasi Sayurbox di Masa Pandemi COVID-19

Manurung, Teresia Angelia and Dr. Ir. Agustina Shinta Hw,, MP. and Dina Novia Priminingtyas,, SP., M.Si. (2022) Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Sayuran Secara Online via Aplikasi Sayurbox di Masa Pandemi COVID-19. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kebijakan pemerintah selama pandemi COVID-19 sangat berpengaruh terhadap aktivitas masyarakat terutama perbelanjaan secara online. Masyarakat harus beradaptasi terhadap belanja online. Pada masa pandemi, kebutuhan pokok yang banyak dicari dan dikonsumsi masyarakat ialah sayuran. Sayurbox merupakan salah satu aplikasi penjualan sayuran yang beroperasi sebelum adanya pandemi. Pada masa pandemi, penjualan Sayurbox sangat meningkat. Oleh karena itu, Sayurbox harus memperhatikan kondisi situs aplikasinya yang digunakan oleh semakin banyak orang. Masyarakat yang baru beralih menjadi berbelanja online sangat memperhatikan beberapa hal ketika melakukan pembelian pada aplikasi Sayurbox. Hal-hal yang menjadi pertimbangan masyarakat awam, yaitu: manfaat, kemudahan, serta informasi. Berdasarkan hal tersebut, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh persepsi kemanfaatan, menganalisis pengaruh persepsi kemudahan penggunaan, dan menganalisis pengaruh kualitas informasi terhadap keputusan pembelian sayuran secara online via aplikasi Sayurbox di masa pandemi COVID-19. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif secara online dengan menyebarkan google form melalui media sosial pada bulan November 2021 hingga Januari 2022. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik non-probability sampling dengan metode purposive sampling untuk menentukan responden yang digunakan. Responden pada penelitian ini berjumlah 105 yang memenuhi kriteria, yaitu: berusia minimal 17 tahun, tinggal di cakupan area Sayurbox (JaBoDeTaBek, Surabaya dan Bali), dan sudah pernah melakukan pembelian sayuran via aplikasi Sayurbox minimal satu kali di masa pandemi COVID-19. Data yang digunakan pada penelitian ini didapatkan dari jawaban responden, dan dari sumber yang relevan dengan penelitian ini, seperti: buku, artikel, maupun jurnal. Alat analisis data yang digunakan untuk memprediksi hubungan variabel pada penelitian ini yaitu SEM-PLS (Structural Equation Modeling- Partial Least Square) dengan variabel yang digunakan yaitu: persepsi kemanfaatan, persepsi kemudahan penggunaan, dan kualitas informasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa seluruh variabel independen memiliki hubungan yang positif dan signifikan terhadap variabel dependen. Persepsi Kemanfaatan merupakan variabel yang memiliki pengaruh paling besar terhadap keputusan pembelian sayuran secara online via aplikasi Sayurbox di masa pandemi COVID-19. Manfaat yang dirasakan responden beragam, salah satunya efektifitas yang vii didapatkan dari pembelian sayuran secara online via aplikasi Sayurbox. Hasil tersebut menunjukkan bahwa responden merasakan manfaat dari pembelian sayuran sehingga dapat memutuskan untuk membeli sayuran via aplikasi Sayurbox. Kemudahan Penggunaan dari aplikasi Sayurbox yang dirasakan oleh responden juga berpengaruh terhadap keputusan pembelian sayuran. UI (User Interface) dan UX (User Experience) pada aplikasi Sayurbox tergolong sangat baik sehingga mudah untuk digunakan. Selain itu, kualitas informasi pada aplikasi Sayurbox juga memberian pengaruh terhadap keputusan pembelian sayuran. Informasi yang ditampilkan pada aplikasi Sayurbox dapat dikatakan berkualitas dari bentuk penyajian informasi yang diberikan. Berdasarkan penelitian ini, Sayurbox perlu memperbaiki diri dalam beberapa hal seperti: ketepatan waktu informasi dimana stok yang dicantumkan sebaiknya sesuai realitas, penjelasan informasi penggunaan ditampilkan lebih jelas lagi seperti diberikan tutorial untuk pengguna baru, dan untuk meningkatkan produktivitas konsumen, Sayurbox perlu mencari tahu apa yang konsumen butuhkan

English Abstract

Government policies during the COVID-19 pandemic have greatly affected people's activities, especially online shopping. People have to adapt to online shopping. During the pandemic, the basic needs that are sought after and consumed by the community are vegetables. Sayurbox is one of the vegetable sales applications that operated before the pandemic. During the pandemic, Sayurbox sales have greatly increased. Therefore, Sayurbox must pay attention to the condition of its application site which is used by more and more people. People who have just switched to online shopping are very concerned about several things when making purchases on the Sayurbox application. The things that are considered by the general public, namely: benefits, convenience, and information. Based on the explanation, this research aims to analyze the effect of perceived usefulness, analyze the effect of perceived convenience, and analyze the effect of quality of information on online vegetable purchasing decisions via the Sayurbox application during the COVID-19 pandemic. This research used an online quantitative approach by distributing google forms through social media from November 2021 to January 2022. The sampling technique in this research used a non-probability sampling technique with purposive sampling method to determine the respondents used. There were 105 respondents in this research who met the criteria, namely: at least 17 years old, living in the Sayurbox area (JaBoDeTaBek, Surabaya and Bali), and having purchased vegetables via the Sayurbox application at least once during the COVID-19 pandemic. The data used in this research were obtained from respondents' answers, and from sources relevant to this research, such as: books, articles, and journals. The data analysis tool used to predict the relationship between variables in this study is SEM-PLS (Structural Equation Modeling- Partial Least Square) with the variables used: perceived usefulness, perceived convenience, and quality of information. The results showed that all independent variables had a positive and significant relationship to the dependent variable. Perceived usefulness is the variable that has the greatest influence on online vegetable purchasing decisions via the Sayurbox application during the COVID-19 pandemic. The benefits felt by respondents were varied, one of which was the effectiveness obtained from purchasing vegetables online via the Sayurbox application. These results indicate that respondents feel the benefits of purchasing vegetables so they can decide to buy vegetables via the Sayurbox application. The convenience of the Sayurbox application that is felt by respondents ix also affects the decision to purchase vegetables. The UI (User Interface) and UX (User Experience) in the Sayurbox application are very good so they are easy to use. In addition, the quality of information in the Sayurbox application also has an influence on vegetable purchasing decisions. The information displayed on the Sayurbox application can be said to be of high quality from the form of presentation of the information provided. Based on this research, Sayurbox needs to improve itself in several ways such as: timeliness of information where the stock listed should be in accordance with reality, explanation of usage information is displayed more clearly such as being given a tutorial for new users, and to increase consumer productivity, Sayurbox needs to find out consumer needs

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0522040100
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture
Divisions: Fakultas Pertanian > Sosial Ekonomi Pertanian
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 21 Jul 2022 01:53
Last Modified: 21 Jul 2022 01:53
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/192441
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
TERESIA ANGELIA MANURUNG.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2024.

Download (1MB)

Actions (login required)

View Item View Item