Sinaga, Shanen Doherti and Ir. Edi Dwi Cahyono., M.Agr.Sc., M.S.,Ph.D and Mas Ayu Ambayoen,, SP., M.Si (2022) Pengaruh Promosi Media Sosial Instagram Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Sintesa Coffee Shop Di Kabupaten Labuhanbatu, Sumatera Utara. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Berkembangnya suatu usaha pada komoditas kopi atau dapat dikenal dengan istilah kedai kopi (coffee shop) saat ini di berbagai kota salah satunya di daerah Sumatera Utara menimbulkan persaingan yang semakin ketat. Pelaku usaha harus mampu menghadapi persaingan tersebut dimana salah satunya menggunakan penerapan strategi pemasaran yang sesuai dan tepat. Semakin berkembangnya penggunaan teknologi yang semakin canggih, membuat penggunaan internet tidak asing lagi dalam memasarkan produk secara online. Instagram merupakan salah satu media sosial sebagai yang digunakan sebagai strategi dalam komunikasi pemasaran bagi pelaku usaha bisnis khususnya Coffee Shop. Strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan, yaitu melakukan promosi melalui media sosial Instagram. Promosi dilakukan oleh pelaku usaha seperti kedai kopi untuk memberitahu kepada konsumen sehingga konsumen merasa tertarik dan memutuskan untuk melakukan pembelian terhadap produk tersebut. Kegiatan promosi mempunyai urgensi yang tinggi dalam kegiatan pemasaran. Hal ini disebabkan oleh karena promosi melalui media sosial dapat membantu perusahaan dalam memperkenalkan produk atau jasa yang mereka jual. Salah satu tujuan dari promosi perusahaan adalah memberi informasi segala jenis produk dan jasa yang ditawarkan menggaet calon konsumen yang baru. Tujuan penelitian ini adalah: (1) untuk mengidentifikasi pembuatan konten(Content creation), berbagi konten(Content Sharing), dan hubungan(Connecting) pada Sintesa Coffee Shop, dan (2) untuk menganalisis pengaruh pembuatan konten(Content creation), berbagi konten(Content Sharing), dan hubungan(Connecting) terhadap keputusan pembelian konsumen pada Sintesa Coffee Shop. Metode pendekatan pada penelitian ini, yaitu dengan pendekatan kuantitatif. Metode penentuan sample yang digunakan yakni non-probability dengan metode convience sampling dimana jumlah total responden, yaitu 110 responden. Teknik analisis data yang digunakan dengan SEM-PLS yang menggunakan aplikasi WarpPLS 7.0. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel pembuatan konten (Content creation) memiliki nilai positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian serta Sintesa Coffee Shop telah menerapkan variabel ini dengan baik dan jelas dari segi informasi produk, testimoni hingga promosi dalam setiap unggahan di feed/story Instagram. Variabel berbagi konten (content sharing) memiliki nilai positif dan tidak signifikan karena variabel ini belum mampu memberikan dampak terhadap keputusan pembelian dimana konsumen dari kedai kopi ini hanya menyerap informasi dari setiap unggahan tanpa memberikan viii feedback, namun dapat dilihat juga Sintesa Coffee Shop berupaya memberikan informasi yang menarik dari segi caption mengenai promosi seperti buy 1 get 1 hingga potongan harga di hari besar tertentu. Sedangkan, variabel hubungan (connecting) terjalin dengan baik antara admin dan konsumen dimana dapat dilihat variabel ini memiliki nilai yang positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Variabel berbagi konten (content sharing) memiliki nilai yang rendah sehingga disarankan kepada kedai kopi ini untuk menyediakan platform media sosial lainnya sebagai penampung kritik dan saran agar memperoleh feedback untuk meningkatkan kualitas baik produk hingga kedai kopi. Fokus pada peningkatan media promosi seperti menggunakan iklan berbayar, endorsement dan lainnya dapat dipertimbangkan agar menarik konsumen lebih banyak. Penggunaan keseluruhan variabel promosi secara online seperti membangun komunitas (community building) disarankan guna memungkinkan meningkatkan nilai koefisien determinasi
English Abstract
The development of a business in the coffee commodity or known as a coffee shop is currently in various cities, one of which is in the North Sumatra area, causing increasingly fierce competition. Companies have to be able to face the competition where one of them uses the application of appropriate and appropriate marketing strategies. The growing use of increasingly sophisticated technology, making the use of the internet no stranger to marketing products online. Instagram is one of the social media that is used as a strategy in marketing communications for business people, especially coffee shop. The strategy carried out, namely promoting through Instagram social media. Promotions are carried out by coffee shop business to inform consumers so that consumers feel interested and decide to make a purchase for the product. Promotional activities have a high urgency in marketing activities. This is because promotion through social media can help companies introduce the products or services they sell. One of the goals of the company's promotion is to provide information on all types of products and services offered to attract new potential customers. This study has the following objectives: (1) to identify content creation, content sharing, and connecting at Sintesa Coffee Shop, and (2) to analyze the effect of content creation, content sharing and partial connection to consumer purchasing decisions at Sintesa Coffee Shop. The approach method in this research, namely the quantitative approach. The method of determining the sample used is non-probability with convenience sampling method where the total number of respondents is 110 respondents. The data analysis technique used is SEM-PLS using the WarpPLS 7.0 application. The results of this study indicate that the variable content creation has a positive and significant value on purchasing decisions and Sintesa Coffee Shop has implemented this variable well and clearly in terms of product information, testimonials to promotions in every upload on the Instagram feed or story. Content sharing variable has a positive and insignificant value because this variable has not been able to have an impact on purchasing decisions where consumers from this coffee shop only absorb information from each upload without providing feedback, but it can also be seen that Sintesa Coffee Shop tries to provide useful information. interesting in terms of captions regarding promotions such as buy 1 get 1 to discounted prices on certain big days. Meanwhile, connecting variable is well established between admin and consumers where it can be seen that this variable has a positive and significant value on purchasing decisions. x The variable content sharing has a low value, so it is recommended for this coffee shop to provide other social media platforms as a place for criticism and suggestions in order to get feedback to improve the quality of both the product and the coffee shop. Focusing on increasing promotional media such as using paid advertising, endorsements and others can be considered to attract more consumers. The use of all online promotion variables such as community building is recommended to enable increasing the value of the coefficient of determination.
Other obstract
-
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 0522040094 |
Subjects: | 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture |
Divisions: | Fakultas Pertanian > Sosial Ekonomi Pertanian |
Depositing User: | Nur Cholis |
Date Deposited: | 20 Jul 2022 04:24 |
Last Modified: | 20 Jul 2022 04:24 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/192405 |
![]() |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
SHANEN DOHERTI SINAGA.pdf Restricted to Registered users only until 31 December 2024. Download (4MB) |
Actions (login required)
![]() |
View Item |