Solihah, Rizqi Azminatus and Dr. Fadli Mulyadi,, SP., MP and Imaniar Ilmi Pariasa,, SP., MP., M.BA (2022) Persepsi Konsumen terhadap Perubahan Strategi Marketing Mix di Harmony Food & Coffee Tanjunganom Nganjuk akibat Pandemi Covid-19. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Pandemi Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) yang terjadi di dunia menyebabkan pemerintah untuk beradaptasi pada kebijakan. Terutama di Indonesia beberapa kebijakan baru yang diberlakukan adalah work from home, social distancing, dan PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar). Kebijakan baru yang diterapkan di Indonesia ini berdampak pada keberlangsungan dunia usaha (Rulandari, Novianita dkk, 2020). Sebanyak 68% pelaku usaha di Jawa Timur menjelaskan bahwa penurunan pendapatan terjadi akibat daya beli masyarakat atau konsumen semakin rendah. Sementara itu, sebanyak 46% pelaku usaha menyatakan bahwa konsumen menolak untuk membeli dan sebagian masih belum terbiasa melakukan pembelian online. (Soetjipto, 2020). Diberlakukannya new normal pada masa pandemi Covid-19, mengharuskan para pelaku usaha untuk kreatif dan beradaptasi secara tepat terhadap perubahan yang terjadi (Nurhidayati; A Khoirul Anam, 2020). Perubahan dalam strategi bauran pemasaran dapat mempengaruhi persepsi konsumen. Salah satu tempat usaha yang beradaptasi dengan melakukan perubahan strategi bauran pemasaran adalah Harmony Food & Coffee Tanjunganom Nganjuk. Seluruh produk pada kafe tersebut dipasarkan kepada konsumen dengan cara datang langsung atau pesan online melalui aplikasi. Namun akibat adanya Covid-19 ini, tempat tersebut melakukan pengembangan serta perubahan strategi bauran pemasaran 7P yang meliputi product, price, place, promotion, people, process, dan physical evidence untuk menarik minat konsumen terhadap produk. Penelitian ini dilaksanakan di Harmony Food & Coffee pada bulan Juni hingga November 2020. Penentuan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling yang mengacu pada rumus Rao Purba untuk menentukan jumlah sampel dengan hasil 100 responden. Analisis yang digunakan berupa analisis deskriptif kuantitatif dengan menggunakan alat analisis regresi linier berganda melalui aplikasi SPSS (Statistical Product and Service Solutions). ii Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh dari ketujuh variabel yaitu product, price, place, promotion, people, process, dan physical evidence secara simultan terhadap persepsi konsumen. Uji F test memperoleh nilai F hitung lebih besar dari F tabel (27,637 > 2,11). Pada uji T, variabel yang diketahui berpengaruh positif dan signifikan terhadap persepsi konsumen adalah product, promotion, process, dan physical evidence dengan besaran nilai t hitung lebih dari t tabel 3,866, 6,752, 2,381, serta 2,620. Hal tersebut berarti bahwa nilai t hitung lebih dari t tabel sebesar 1,984 dengan signifikansi kurang dari 0,05. Kemudian pada variabel yang tidak berpengaruh terhadap persepsi konsumen yaitu price, place, dan people memiliki nilai t hitung sebesar 1,150, 0,811, dan 0,624 dengan signifikansi 0,253, 0,419, 0,624 atau lebih dari 0,05. Disamping itu, dapat disimpulkan bahwa sebagian besar konsumen memberikan persepsi yang baik terhadap perubahan strategi marketing mix di Harmony Food & Coffee. Saran yang diberikan peneliti kepada produsen adalah mempertahankan persepsi yang baik oleh konsumen dan terus mengembangkan strategi marketing mix pada era new normal di masa pandemi Covid-19. Hal ini dilakukan agar Harmony Food & Coffee dan produk yang dijual dapat bersaing dengan pesaing sejenis. Selain itu, persepsi konsumen terhadap Harmony akan semakin baik sehingga dapat menciptakan kepuasan, citra, dan pembelian ulang. Penelitian selanjutnya dapat menjadikan penelitian ini sebagai referensi untuk melakukan penelitian sejenis dengan lokasi yang berbeda. Peneliti menyarankan untuk memperluas indikator pada variabel bebas dan terikat, seperti keputusan pembelian dan loyalitas
English Abstract
Coronavirus disease (COVID-19) pandemic occured in the world create a new government policies. Especially in Indonesia, new policies such as work from home, social distancing, large scale social restrictions impact on business continuity (Rulandari, Novianita dkk, 2020). 68% entrepreneur in East Java explained that decreasing income occured as a consequences lower purchasing power by consumers. Meanwhile, 46% explained that consumers refuse to buy and still not used to making online purchase (Soetjipto, 2020). The new normal during Covid-19 pandemic requires entrepreneur to be creative and can adapt towards the changes. The changes of marketing mix strategy can affect to consumer perceptions (Nurhidayati; A Khoirul Anam, 2020). One place of business that adapt the change of marketing mix strategy is Harmony Food & Coffee. All of products in the kafe are sell to consumers by directly and online order. But as a consequences of Covid-19 pandemic, this place is developing and changing the 7P marketing mix strategy which includes product, price, place, promotion, people, process, and physical evidence to attract consumer interest. This research was conducted at Harmony Food & Coffee from June to November 2021. The sample in this study used to purposive sampling technique, referring to the Rao Purba formula to determine the number of research samples. The analysis used in this research is quantitative descriptive using multiple linear regression analysis with SPSS (Statistical Product and Service Solutions) application. The result of the analyze shows that seven variables in marketing mix, namely product, price, place, promotion, people, process, and physical evidence simultaneously to consumer perceptions. F-test show that F arithmetic bigger than F table (27,637 > 2,11). In T-test, Variables that have a positive and significant iv effect on consumer perception are product, promotion, process, dan physical evidence with a arithmetic value 3,866, 6,752, 2,381, serta 2,620. It means that arithmetic value on this result is more than t tables amount of 1,984 with a significance value less than 0,05. However, variables that has no effect toward consumer percepation are price, place, and people with an arithmetic value amount of 1,150, 0,811, 0,624 and significance amount of 0,253, 0,419, 0,624 or more than 0,05. Therefore it can be conclued that most of consumer give a good perception toward the change of marketing mix strategy. The advice given by this research to producers is to maintain the good perception by consumers and continue to develop marketing mix strategy in the new normal as a consequences covid-9 pandemic. It can be improve by Harmony Food & Coffee in order to compete with similar competitor. Therefore, consumer perception by Harmony Food & Coffee consumers will be better so that it can create satisfaction, image, and repurchase. Further research can make this research as a referens to conduct similar research with different locations, it is advisable to expand the indicator of independent variable or dependent variable such as purchase decision and loyalty
Other obstract
-
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 0522040092 |
Subjects: | 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture |
Divisions: | Fakultas Pertanian > Sosial Ekonomi Pertanian |
Depositing User: | Nur Cholis |
Date Deposited: | 20 Jul 2022 03:44 |
Last Modified: | 20 Jul 2022 03:44 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/192400 |
![]() |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
RIZQI AZMINATUS SOLIHAH.pdf Restricted to Registered users only until 31 December 2024. Download (3MB) |
Actions (login required)
![]() |
View Item |