Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Produk Pada Matahari Department Store Di Kota Kediri

Subhina, Regita Dewi and Dr. Dwi Retno Andriani,, SP., MP. and Condro Puspo Nugroho,, SP., MP. (2022) Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Produk Pada Matahari Department Store Di Kota Kediri. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Produk biasanya sering dikembangkan berdasarkan kebutuhan serta keinginan pelanggan yang dimana ditangkap melalui riset pasar, setelah perusahaan memutuskan produk dan harga yang akan ditawarkan, kemudian perusahaan perlu memutuskan bagaimana menawarkan tempat dan promosi (Kotler, 2017). Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui deskripsi bauran pemasaran Matahari Department Store di Kota Kediri dan (2) menganalisis pengaruh variabel bauran pemasaran produk (produk), harga (price), promosi (promotion) dan tempat (place) terhadap keputusan pelanggan dalam melakukan pembelian produk pada Matahari Departement Store di Kota Kediri. Penelitian ini dilakukan pada bulan September-Oktober 2021 dengan mengumpulkan data primer yang diperoleh melalui penyebaran kuesioner secara online melalui google form, selain itu menggunakan dokumentasi dengan mengumpulkan bukti hasil penelitian yang telah dilakukan. Responden yang digunakan yaitu sebanyak 96 orang pada pelanggan Matahari Department Store di Kota Kediri. Teknis analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Partial Least Square-Structural Equation Modelling (PLS-SEM) dengan menggunakan bantuan software WarpPLS 7.0. Hasil dalam penelitian ini telah ditemukan bahwa variabel produk, promosi dan tempat berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel keputusan pembelian produk pada Matahari Department Store Kediri dengan nilai koefisien jalur sebesar 0.15, 0.29 dan 0.37. Variabel harga ditemukan berpengaruh positif namun tidak signifikan terhadap keputusan pembelian produk pada Matahari Department Store Kediri dimana nilai koefisien jalur sebesar 0.11 dan nilai p-value sebesar 0.14. Penelitian ini memberikan saran kepada perusahaan agar mempertahankan dan menambahkan berbagai promosi serta menambah berbagai produk yang berkualitas dengan harga yang lebih terjangkau sehingga dapat meningkatkan persepsi yang baik bagi konsumen atau pelanggan Matahari Department Store. Peneliti juga memberikan memberikan saran kepada akademisi lain agar melakukan penelitian serupa dengan menggunakan atau menambahkan variabel lain seperti proses, bukti fisik ataupun variabel lain yang berkaitan dengan tempat penelitian

English Abstract

Products are usually often developed based on customer needs and desires which are captured through market research, after the company decides the product and price to be offered, then the company needs to decide how to offer place and promotion (Kotler, 2017). This study aims to (1) determine the description of the marketing mix of Matahari Department Store in the City of Kediri and (2) analyze the effect of the variables of the marketing mix of product, price, promotion and place on customer decisions in making purchases of products at Matahari Department Store in Kediri City. This research was conducted in September-October 2021 by collecting primary data obtained through the distribution of online questionnaires via google form, in addition to using documentation by collecting evidence of research results that have been carried out. Respondents used were 96 people at Matahari department Store customers in Kediri City. The technical analysis of the data used in this research is Partial Least Square-Structural Equation Modeling (PLS-SEM) using WarpPLS 7.0 software. The results of this study was found that product, promotion and place variables have a positive and significant effect on product purchasing decisions at Matahari Department Store Kediri with path coefficient values of 0.15, 0.29 and 0.37. The price variable was found to have a positive but not significant effect on product purchasing decisions at Matahari Department Store Kediri where the path coefficient value is 0.11 and the p-value is 0.14. This study provides suggestions for companies to maintain and add various promotions and add various quality products at more affordable prices so as to increase good perceptions for Matahari Department Store consumers or customers. The researcher also gives advice to other academics to conduct similar research by using or adding other variables such as process, physical evidence or other variables related to the place of research.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0521040200
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture
Divisions: Fakultas Pertanian > Sosial Ekonomi Pertanian
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 20 Jul 2022 03:18
Last Modified: 20 Jul 2022 03:18
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/192396
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
REGITA DEWI SUBHINA.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2023.

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item