Putra, Dika Rendra Permana and Dr. Drs. Muhammad Shobaruddin, MA and Nurjati Widodo, S.AP.,M.AP (2020) Pengaruh Persepsi Kualitas Pelayanan Program SAMSAT CORNER Terhadap Sikap Kepatuhan Wajib Pajak (Studi pada SAMSAT CORNER Kota Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh persepsi kualitas pelayanan terhadap sikap kepatuhan wajib pajak. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksplanatori dengan pendekatan kuantitatif. Variabel dalam penelitian ini meliputi Bukti Langsung (X1), Keandalan (X2), Daya Tanggap (X3), Jaminan (X4), Empati (X5), dan Kepatuhan Wajib Pajak (Y). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh wajib pajak pengguna layanan Program SAMSAT CORNER. Sampel yang digunakan sebanyak 100 responden, diperoleh dari perhitungan menggunakan rumus slovin. Data diperoleh secara langsung oleh responden dengan instrument penelitian menggunakan kuisioner dengan jenis sampling purposive. Analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis infrensial yang diolah menggunakan SPSS 22 for windows. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Bukti Langsung, Keandalan, dan Daya Tanggap secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap Kepatuhan Wajib Pajak hal tersebut terjadi karena beberapa fenomena di dalam lapangan dalam pelayanan terjadi ketidaksesuaian dengan indikator dan ; Jaminan, dan Empati secara parsial berpengaruh signifikan terhadap Kepatuhan Wajib Pajak hal tersebut terjadi dikarenakan indikator tersebut sangat penting dalam pelayanan sehingga terjadi signifikan. Sedangkan Bukti Langsung, Keandalan, Daya Tanggap, Jaminan, dan Empati secara simultan berpengaruh signifikan terhadap Kepatuhan Wajib Pajak. Hasil total R2 sebesar 48,8% mengindikasikan bahwa model hipotesis penelitian ini, variabel independent dapat mempengaruhi variabel dependent sebesar 48,8%, sedangkan sebesar 51,2% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dijelaskan dalam penelitian ini.
English Abstract
This study aims to explain the effect of perception service quality on attitude taxpayer compliance. The type of this research is explanatory researchwith quantitative approach. The variables in this study include Tangibles (X1), Reliability (X2), Responsiviness (X3), Assurance (X4), Emphaty (X5) and Taxpayer Compliance (Y). The population in this research is all taxpayer service users Program of SAMSAT CORNER. The samples are used 100 respondents, obtained from carculation using Slovin formula. The data obtained from respondents directly with research instruments that using questionnaires. The analysis used descriptive analysis and infrential analysis whih was processed by using SPSS 22 for windows. The results of the analysis show that: Tangibles, Reliability, and Responsiviness partialy has no significant effect in Taxpayer Compliance this happens beacuse some phenomena in the field service there is a discrepancy with indicator; Assurance dan Emphaty partialy has significant effect in Taxpayer Compliance this happens because these indicator are very important in the service so they is indicator significantly. While Tangibles, Reliability, Responsiviness, Assurance, Emphaty simultaneously has significant effect in Taxpayer Compliance.The result of total R2 48,8% indicates that in this hypothetical model, independent variables can influence dependent variable 48,8% while 51,2% is influence by other factors that is not explain in this research.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 0520030073 |
Uncontrolled Keywords: | Kualitas Pelayanan, Program SAMSAT CORNER,Kepatuhan Wajib Pajak, Service Quality, Program of SAMSAT CORNER, Taxpayer Compliance. |
Subjects: | 300 Social sciences > 351 Public administration |
Divisions: | Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara |
Depositing User: | Zainul Mustofa |
Date Deposited: | 20 Jul 2022 02:42 |
Last Modified: | 08 Oct 2024 08:06 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/192378 |
Text
Dika Rendra Permana Putra.pdf Download (2MB) |
Actions (login required)
View Item |