Pengaruh Country of Origin pada Persepsi Kualitas serta Dampaknya Terhadap Keputusan Pembelian

Putrandi, Dean Diyantha and M. Kholid Mawardi, S.Sos, MAB, Ph.D and Lusy Deasyana Rahma Devita, SAB., MAB (2020) Pengaruh Country of Origin pada Persepsi Kualitas serta Dampaknya Terhadap Keputusan Pembelian. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Saat ini fungsi pakaian sudah berkembang jauh, tidak hanya sebagai pelindung tubuh namun juga sebagai sarana bagi seseorang untuk mengekspresikan diri. Apalagi bagi masyarakat ekonomi menengah atas dengan selera berpakaian yang sangat tinggi. Hal ini berdampak kepada trend konsumsi dalam negeri meningkat, karena kelas menengah cenderung mempunyai daya beli yang tinggi dan konsumtif. Fenomena tersebut tidak bisa lepas dari pengaruh gaya hidup yang terus berkembang di masyarakat. Terlebih bisnis pakaian yang saat ini tengah berlomba-berlomba untuk mendapatkan klaim bahwa produk yang ditawarkan berkualitas. Sehingga akan memunculkan persepsi yang positif dibenak konsumen. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk untuk mengetahui pengaruh antara (1) Country of Origin terhadap Persepsi Kualitas, (2) Pengaruh Country of Origin terhadap Keputusan Pembelian, (3) Pengaruh Country of Origin terhadap Keputusan Pembelian dengan di mediasi oleh Persepsi Kualitas. Jenis penelitian ini adalah explanatory research dengan pendekatan kuantitatif serta variabel yang digunakan adalah Country of Origin, Persepsi Kualitas sebagai variabel intervening, dan Keputusan Pembelian. Populasi dari penelitian adalah konsumen yang berumur 20 – 50 tahun yang berkunjung di Gerai The Executive Mall Olympic Garden Malang pada bulan Februari 2020. Sampel yang digunakan sejumlah 183 responden yang diperoleh dari menggunakan rumus Machin dan Champbell. Teknik pengumpulan data yaitu dengan kuesioner. Analisis data yang digunakan dalam penelitian menggunakan statistik yang terdiri dari, analisis regresi linier berganda, pengujian signifikan simultan (uji F), pungujian signifikan parsial (uji t), dan analisis jalur (path analysis) yang dianalisis dengan bantuan software SPSS 26.00. Berdasarkan hasil penelitian pada taraf signifikan 0,05 atau 5% menunjukan bahwa Country of Origin berpengaruh terhadap Persepsi Kualitas. Hal ini dibuktikan dengan nilai thitung lebih besar dari ttabel (10,240 > 1,973). Country of Origin berpengaruh terhadap Keputusan Pembelian. Hal ini dibuktikan dengan nilai thitung > ttabel (6,150 > 1,973), Country of Origin yang dimediasi oleh Persepsi Kualitas tidak memberikan pengaruh terhadap Keputusan Pembelian secara positif dan signifikani. Hal ini dibuktikan dengan nilai Pengaruh Langsung lebih besar dari nilai pada Pengaruh Tidak Langsung (0,407 > 0,231). Country of Origin dan Persepsi Kualitas berpengaruh secara simultan terhadap Keputusan Pembelian. Hal ini dibuktikan dengan nilai Fhitung > Ftabel (104,862 > 3,89).

English Abstract

Currently the function of clothing has developed far, not only as a body protector but also as a means for someone to express themselves. Especially for the upper middle economic community with very high taste in clothes. This has an impact on rising domestic consumption trends, because the middle class tends to have high purchasing power and consumption. This phenomenon cannot be separated from the influence of lifestyle that continues to develop in society. Moreover, the clothing business that is currently competing to get a claim that the products offered are of high quality. So that it will bring up positive perceptions in the minds of consumers. The purpose of this study was to explain the effect of (1) Country of Origin on Quality Perception, (2) Effect of Country of Origin on Purchasing Decisions, (3) Effect of Country of Origin on Purchasing Decisions mediated by Quality Perception. This type of research is explanatory research with a quantitative approach and the variables used are Country of Origin, Quality Perception as an intervening variable, and Purchasing Decisions. The populations of the study were potential consumers aged 20-50 years who visited the Executive Mall Outlet at Olympic Garden Malang in February 2020. The sample used was 183 respondents obtained from using the Machin and Champbell formula. Data collection techniques are questionnaires. Analysis of the data used in the study used statistics consisting of multiple linear regression analysis, simultaneous significant testing (F test), partial significant tests (t test), and path analysis analyzed by the help of SPSS 26.00 software. Based on the results of research at a significant level of 0.05 or 5% shows that Country of Origin influences the Quality Perception. This is evidenced by the thitung greater than ttable (10,240 > 1,973). Country of Origin influences Purchasing Decisions. This is evidenced by the value of thitung > ttabel (6,150 > 1,973), Country of Origin mediated by Quality Perception does not positively and significantly influence the Purchasing Decision. This is evidenced by the value of the Direct Effect is greater than the value on the Indirect Effect (0.407 > 0.231). Country of Origin and Quality Perception simultaneously influence the Purchasing Decision. This is evidenced by the value of Fhitung > Ftabel (104.862> 3.89)

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0520030066
Uncontrolled Keywords: -
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Zainul Mustofa
Date Deposited: 20 Jul 2022 01:51
Last Modified: 01 Oct 2024 02:21
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/192356
[thumbnail of -Dean Diyantha Putrandi.pdf] Text
-Dean Diyantha Putrandi.pdf

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item