Chaqqi, Mochamad Sufi Shoubil and Mangku Purnomo,, SP., M.Si., Ph.D and Medea Rahmadhani Utomo, S.P, M.Si. (2022) Perencanaan Pengembangan Promosi Dan Pemasaran Kawasan Desa Wisata Barito (Bambang, Bringin, Patokpicis) Kecamatan Wajak, Kabupaten Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Desa Wisata Barito merupakan perencanaan desa wisata yang terdiri dari tiga desa yang berada di Kecamatan Wajak, Kabupaten Malang. Desa Wisata Barito terdiri dari Desa Bambang, Desa Bringin, dan Desa Patokpicis. Desa Wisata Barito memiliki berbagai potensi alam, budaya, dan sejarah yang dapat dikembangkan. Perencanaan ini dilakukan atas dasar permasalahan kondisi ekonomi masyarakat Kawasan Desa Wisata Barito yang masih kurang serta dengan banyaknya potensi destinasi wisata yang ada pada Kawasan Desa Wisata Barito. Adanya destinasi wisata tersebut diperlukan perencanaan promosi dan pemasaran. Namun, sampai saat ini kegiatan promosi dan pemasaran masih belum terlaksana dengan baik. Perencanaan ini dilakukan dengan tujuan (1) mengidentifikasi potensi destinasi wisata di Desa Wisata Barito. (2) menyusun perencanaan promosi dan pemasaran pada Desa Wisata Barito. (3). menyusun perencanaan biaya promosi dan pemasaran pada Desa Wisata Barito. Pelaksanaan perencanaan ini dilakukan selama empat bulan. Penentuan lokasi dilakukan secara sengaja (purposive) di tiga desa yaitu Desa Bambang, Desa Bringin, dan Desa Patokpicis, Kecamatan Wajak, Kabupaten Malang. Informan perencanaan ini yaitu warga ketiga desa dengan menggunakan teknik purposive sampling. Hasil dari perencanaan ini yaitu potensi destinasi wisata yang ada di Kawasan Desa Wisata Barito terdiri dari Destinasi Buatan, Destinasi Budaya dan Sejarah, dan Destinasi Ekonomi. Potensi destinasi tersebut kemudian ditentukan prioritas untuk dilakukan perencanaan pengembangan promosi dan pemasarannya. Perencanaan promosi dan pemasaran dengan menggunakan analisis SWOT untuk mengetahui faktor internal dan faktor eksternal Kawasan Desa Wisata Barito. Perencanaan pengembangan juga dengan membentuk paket wisata dengan mengelompokkan destinasi wisata menjadi beberapa paket. Paket wisata terbagi menjadi paket wisata berdasarkan tema, usia, dan tujuan atau kebutuhan wisata. Promosi menggunakan media offline dan online. Analisis kelayakan finansial digunakan untuk menghitung kelayakan masing-masing paket wisata. Analisis menggunakan perhitungan NPV, IRR, BCR, dan Payback Period. Keseluruhan paket wisata telah dihitung dan didapatkan hasil layak untuk dilakukan perencanaan pengembangan. Berdasarkan dari hasil perencanaan, disarankan kepada pemerintah agar lebih mendukung pengembangan desa wisata dengan cara seperti memberikan pelatihan-pelatihan dan penyuluhan-penyuluhan, memberikan fasilitas, sarana serta prasana yang baik demi kemajuan dan pengembangan desa wisata. Selain itu, turut serta dalam mengembangkan Kawasan Desa Wisata Barito dengan cara membantu mempromosikan desa wisata. ii Bagi masyarakat diharapkan dukungan dari masyarakat tentunya akan semakin mengoptimalkan pengembangan desa wisata. Masyarakat Kawasan Desa Wisata Barito diharapkan lebih mempererat kerukunan, gotong-royong, dan persatuan sehingga desa wisata dapat semakin berkembang. Masyarakat juga diharapkan agar lebih kreatif dan inovatif dalam menginovasikan konsep desa wisata. Selain itu, juga diharapkan membangun jiwa kewirausahaan yang tinggi sehingga dapat mendorong untuk lebih maju.
English Abstract
Barito Tourism Village is a tourist village planning consisting of three villages located in Wajak District, Malang Regency. Barito Tourism Village consists of Bambang Village, Bringin Village, and Patokpicis Village. Barito Tourism Village has a variety of natural, cultural, and historical potentials that can be developed. This planning is carried out on the basis of the problem of economic conditions of the people of the Barito Tourism Village Area which is still lacking and with the many potential tourist destinations in the Barito Tourism Village Area. The existence of these tourist destinations requires promotion and marketing planning. However, until now promotional and marketing activities are still not carried out properly. This planning was carried out with the aim of (1) identifying the potential of tourist destinations in the Barito Tourism Village. (2) develop a promotion and marketing plan at the Barito Tourism Village. (3). planning promotion and marketing costs at the Barito Tourism Village. The implementation of this plan was carried out for four months. The location determination was carried out purposively in three villages, namely Bambang Village, Bringin Village, and Patokpicis Village, Wajak District, Malang Regency. The planning informants are residents of the three villages using purposive sampling technique. The result of this planning is that the potential tourist destinations in the Barito Tourism Village Area consist of Artificial Destinations, Cultural and Historical Destinations, and Economic Destinations. The potential destinations are then prioritized for planning the development of their promotions and marketing. Promotion and marketing planning using SWOT analysis to determine internal and external factors in the Barito Tourism Village Area. Development planning is also by forming tour packages by grouping tourist destinations into several packages. Tour packages are divided into tour packages based on the theme, age, and destination or travel needs. Promotion using offline and online media. Financial feasibility analysis is used to calculate the feasibility of each tour package. The analysis uses the calculation of NPV, IRR, BCR, and Payback Period. The entire tour package has been calculated and the results obtained are feasible for development planning. Based on the results of the planning, it is suggested to the government to further support the development of tourist villages by means of providing training and counseling, providing good facilities, facilities and infrastructure for the iv progress and development of tourist villages. In addition, participating in developing the Barito Tourism Village Area by helping promote tourism villages. For the community, it is hoped that support from the community will certainly further optimize the development of tourist villages. The community of the Barito Tourism Village Area is expected to further strengthen harmony, mutual cooperation, and unity so that the tourist village can further develop. The community is also expected to be more creative and innovative in innovating the concept of a tourist village. In addition, it is also expected to build a high entrepreneurial spirit so that it can encourage further progress
Other obstract
-
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 0522040072 |
Uncontrolled Keywords: | erencanaan Promosi dan Pemasaran, Desa Wisata, Pengembangan Desa Wisata, Paket Wisata, Promotion and Marketing Planning, Tourism Village, Tourism Village Development, Tour Packages |
Subjects: | 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture |
Divisions: | Fakultas Pertanian > Sosial Ekonomi Pertanian |
Depositing User: | Nur Cholis |
Date Deposited: | 19 Jul 2022 07:16 |
Last Modified: | 19 Jul 2022 07:16 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/192319 |
![]() |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
Mochamad Sufi Shoubil Chaqqi.pdf Restricted to Registered users only until 31 December 2024. Download (7MB) |
Actions (login required)
![]() |
View Item |