Safitri, Luluk Arifatul and Prof. Dr. Ir. Djoko Koestiono, MS and Imaniar Ilmi Pariasa, SP., MP., M.BA. (2022) Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Gaya Hidup Konsumen Dalam Berbelanja Online Produk Pertanian. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Hadirnya layanan e-commerce membawa perubahan ke berbagai aspek kehidupan termasuk perilaku konsumen. Hal ini dapat dilihat dari kecenderungan konsumen saat ini yang mulai beralih untuk memilih berbelanja kebutuhan mereka secara online melalui e-commerce. Masyarakat kini tengah mengalami perubahan perilaku, khususnya dalam pola belanja karena saat ini masyarakat banyak memilih bertransaksi online dibanding secara konvensional. Hal ini membuktikan bahwa perilaku belanja online saat ini telah menjadi gaya hidup yang tidak bisa dipisahkan dari masyarakat. Kehadiran e-commerce yang menjual produk-produk pertanian saat ini berdampak pada permintaan produk hasil tani dengan komoditas yang paling diminati yaitu sayuran, buah, ayam dan telur. Tujuan dari penelitian ini diantaranya adalah untuk menganalisis pengaruh faktor budaya, faktor sosial, faktor pribadi dan faktor psikologis terhadap gaya hidup konsumen dalam berbelanja online produk pertanian, serta mendeskripsikan gaya hidup konsumen dalam berbelanja online produk pertanian. Penelitian ini bersifat kuantitatif dengan menggunakan teknik analisis deskriptif. Selanjutnya data yang diperoleh diolah menggunakan metode PLS-SEM (Partial Least Square- Structural Equation Modeling) dengan bantuan software SmartPLS 3.0 untuk melihat pengaruh faktor budaya, faktor sosial, faktor pribadi dan faktor psikologis terhadap gaya hidup konsumen dalam berbelanja online produk pertanian. Responden penelitian ini sebanyak 60 orang yang diperoleh dengan menggunakan teknik purposive sampling. Penelitian ini dilakukan di Perumahan Alinda Kencana Permai, Kota Bekasi Utara, tepatnya kepada warga di RT 11/RW 21 pada bulan November sampai dengan Desemeber tahun 2021, dengan melakukan penyebaran dan pengisian kuesioner kepada responden secara langsung. Kriteria e-commerce yang digunakan pada penelitian ini adalah e- commerce yang menyediakan berbagai macam kebutuhan bahan pokok dan produk pertanian yaitu Shopee, Tokopedia, Happy Fresh, TaniHub, Sayurbox, Gojek (gomart) dan Grab (grabmart). Pemilihan e-commerce tersebut karena e-commerce e-commerce tersebut paling digemari dan banyak dikunjungi oleh masyarakat. Hasil dari penelitian ini diperoleh bahwa faktor budaya dan faktor psikologis yang berpengaruh signifikan terhadap gaya hidup konsumen dalam berbelanja online produk pertanian. Faktor lain yaitu faktor sosial dan faktor pribadi tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap gaya hidup konsumen dalam berbelanja online produk pertanian. Dari hasil penelitian ini juga dapat disimpulkan bahwa berbelanja online produk pertanian memiliki pengaruh yang baik terhadap gaya hidup masyarakat dalam memenuhi kebutuhan mereka, yang ditinjau dari tiga aspek yaitu aktivitas, minat dan opini mereka terhadap berbelanja online produk pertanian. Masyarakat juga setuju bahwa berbelanja produk pertanian secara online memberikan berbagai keuntungan dan kemudahan dalam memenuhi kebutuhan mereka, sehingga masyarakat akhirnya memiliki minat untuk melakukan pembelian ulang produk-produk pertanian secara online serta akan merekomendasikan orang lain untuk berbelanja produk pertanian secara online.
English Abstract
The presence of e-commerce services brings changes to various aspects of life including consumer behavior. This can be seen from the current trend of consumers who are starting to switch to choosing to shop for their needs online through e-commerce. People are currently experiencing changes in behavior, especially in shopping patterns because nowadays many people choose to transact online rather than conventionally. This proves that online shopping behavior has now become a lifestyle that cannot be separated from society. The presence of e- commerce that sells agricultural products currently has an impact on the demand for agricultural products with the most desirable commodities, namely vegetables, fruit, chicken and eggs. The purpose of this research is to analyze the influence of cultural factors, social factors, personal factors and psychological factors on the consumer lifestyle in online shopping for agricultural products, and to describe the consumer lifestyle in online shopping for agricultural products. This research is quantitative by using descriptive analysis technique. Furthermore, the data obtained was processed using the PLS-SEM (Partial Least Square- Structural Equation Modeling) method with SmartPLS 3.0 software to see the influence of cultural factors, social factors, personal factors and psychological factors on consumer lifestyles in shopping for agricultural products online. The respondents of this study were 60 people who were obtained by using purposive sampling technique. This research was conducted at the Alinda Kencana Permai Housing, North Bekasi City, specifically to residents in RT 11/RW 21 from November to December 2021, by distributing and filling out questionnaires to respondents directly. The e-commerce criteria used in this study are e-commerce that provides a variety of basic needs and agricultural products, like Shopee, Tokopedia, Happy Fresh, TaniHub, Sayurbox, Gojek (gomart) and Grab (grabmart). The choice of e-commerce is because e-commerce is the most popular and visited by many people. The results of this study showed that cultural factors and psychological factors have a significant effect on consumer lifestyles in shopping for agricultural products online. Another factors, namely social factors and personal factors do not have a significant influence on the lifestyle of consumers in shopping for agricultural products online. From the results of this study, it can also be said that online shopping for products has a good influence on people's lifestyles in meeting their needs, which can be seen from three aspects, namely their activities, interests and opinions on shopping for agricultural products online. The community also agrees that shopping for agricultural products online provides various advantages and conveniences in meeting their needs, so that people finally have an interest in repurchasing agricultural products online and will recommend others to shop for agricultural products by online.
Other obstract
-
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 0522040066 |
Subjects: | 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture |
Divisions: | Fakultas Pertanian > Sosial Ekonomi Pertanian |
Depositing User: | Nur Cholis |
Date Deposited: | 19 Jul 2022 04:40 |
Last Modified: | 19 Jul 2022 04:40 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/192294 |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
Luluk Arifatul Safitri.pdf Restricted to Registered users only until 31 December 2024. Download (3MB) |
Actions (login required)
View Item |