Ratnasari, Liza and Dr. Ir. Hendro Prasetyo, M.Si. (2022) Strategi Meningkatkan Kompetensi Penyuluh Di Dinas Ketahanan Pangan Dan Pertanian Kota Kediri. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Salah satu usaha pemerintah untuk meningkatkan kompetensi penyuluh era 4.0 adalah dengan membuat program Kostratani yang telah disahkan November 2019. Namun, sosialisasi ini masih belum dilakukan secara merata. Seperti halnya di Kota Kediri. Menurut KJF (Kepala Jabatan Fungsional) bidang penyuluhan, hanya Kabupaten Kediri yang mendapat sosialisasi Kostratani sedangkan Kota Kediri tidak mendapat sosialisasi. Hal ini disebabkan oleh masalah internal yaitu, ketiga BPP di Kota Kediri tidak diakui keberadaannya oleh pemerintah daerah. Untuk mengatasi hal tersebut, maka penyuluh perlu menyusul ketertinggalan mereka dalam meningkatkan kompetensinya. Dalam penelitian ini, penulis ingin menganalisis strategi yang tepat untuk meningkatkan kompetensi penyuluh di Dinas Pertanian Kota Kediri. Penelitian ini dilakukan di Dinas Pertanian Kota Kediri pada Desember 2019 sampai Februari 2022. Data yang digunakan terdiri dari data primer dan sekunder. Metode analisis yang digunakan adalah evaluasi faktor internal (IFE), evaluasi faktor eksternal (EFE), matriks internal-eksternal (IE), analisis SWOT, dan matriks QSPM. Berdasarkan rangkuman teori faktor internal dan eksternal yang mempengaruhi kompetensi penyuluh, didapatkan masing-masing tujuh variabel faktor internal dan eksternal. Faktor internal terdiri atas SK Definitif PPL dan UU No.16 Tahun 2006, programa penyuluhan pertanian, pelatihan, media internet, kedisiplinan, desa binaan, dan sarana komunikasi. Faktor eksternal terdiri atas gaji dan biaya dinas dijamin oleh PP dan Menkeu, pengangkatan jabatan, tunjangan jabatan fungsional, sarana dan prasarana, evaluasi kinerja penyuluh, pelanggaran PNS, dan modal sosial (kepercayaan). Ketujuh variable tersebut diuraikan kembali menjadi kekuatan dan kelemahan (faktor internal), peluang dan ancaman (faktor eksternal). Dari hasil uraian tersebut didapatkan 22 kekuatan, 11 kelemahan, 16 peluang, dan dan 12 ancaman yang membentuk matriks IFE dan EFE. Kemudian kedua matriks tersebut dianalisis dengan matriks IE yang hasilnya menunjukkan jika faktor internal dan eksternal yang mempengaruhi kompetensi penyuluh berada pada kuadran IV yang artinya tumbuh dan membangun (grow and build). Sedangkan hasil analisis SWOT menghasilkan dua belas strategi alternatif yang dapat diterapkan oleh penyuluh untuk meningkatkan kompetensinya. Prioritas strategi yang direkomendasikan berdasarkan hasil analisis QSPM untuk meningkatkan kompetensi penyuluh adalah mengikuti pelatihan yang dibiayai oleh dinas dengan skor TAS sebesar 6,89, diikuti pelatihan outdoor dengan nilai TAS sebesar 6,52, dan mempertimbangkan keinginan untuk memiliki usaha selain tugasnya sebagai penyuluh dengan skor 6,49.
English Abstract
One of the government's efforts to improve the competence of instructors in the 4.0 era is to create a Kostratani program which was approved in November 2019. However, this socialization has not been carried out evenly. As in the city of Kediri. According to KJF (Head of Functional Positions) in the extension sector, only Kediri Regency received Kostratani socialization, while Kediri City did not receive socialization. This is due to internal problems, namely, the three BPPs in Kediri City are not recognized by the local government. To overcome this, extension workers need to catch up with them in improving their competence. In this study, the authors want to analyze the right strategy to improve the competence of extension workers at the Department of Agriculture of the City of Kediri. The study was carried out at the Department of Agriculture in Kediri sin December 2019 until February 2022. The data used consists of primary and secondary data. Analysis methods used are assessments of internal factors (IFE), external factors assessments (EFE), internal matrix (IE), swot analysis, and QSPM matrix. Based on the summary of internal and external factors theory affecting the competence of distillation, each of these seven internal and external factors variables were obtained. The internal factors comprise the SK definitif PPL and UU No. 16 Tahun 2006, agricultural training, internet, discipline, rural communities, and means of communication. External factors consist of salaries and official fees guaranteed by PP and the Minister of Finance, job appointments, functional position allowances, facilities and infrastructure, performance evaluation of extension workers, civil servant violations, and social capital (trust). The seven variables are redefined into strengths and weaknesses (internal factors), opportunities and threats (external factors). From the results of the description came 22 strengths, 11 weaknesses, 16 opportunities, and 12 threats that constituted the IFE and EFE matrix. Then both matrix are analyzed with the IE matrix that results to indicate that the internal and external factors that affect the competency are in the IV quadrant which means grow and build. While the results of the SWOT analysis provide 12 alternative strategies that the instructors can apply to improving their competency. The priority of the recommended strategy based on the results of the QSPM analysis to improve the education competence is to participate in the training funded by the ministry with the value of TAS 6.89, doing an outdoor training with the value of TAS 6.52, and to consider the desire to have a business as an applicant with the value of TAS 6.49.
Other obstract
-
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 0522040065 |
Subjects: | 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture |
Divisions: | Fakultas Pertanian > Sosial Ekonomi Pertanian |
Depositing User: | Nur Cholis |
Date Deposited: | 19 Jul 2022 04:34 |
Last Modified: | 19 Jul 2022 04:34 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/192292 |
![]() |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
LIZA RATNASARI.pdf Restricted to Registered users only until 31 December 2024. Download (15MB) |
Actions (login required)
![]() |
View Item |