Aditya, Farhan Marza and Ir. Edi Dwi Cahyono, M.Sc., Ph.D. and Alia Febrianingtyas, SP., MP (2022) Pengaruh Online Customer Reviews Terhadap Keputusan Pembelian Sari Apel Siiplah Di Marketplace Tokopedia. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Kota Batu merupakan daerah penghasil buah apel terbesar di Jawa Timur dengan angka produksi sebesar 55.957,69 ton per tahun. Upaya pengolahan apel menjadi minuman sari apel guna untuk meningkatkan daya saing, umur simpan, dan nilai tambah dari buah apel. Seiring berkembangnya teknologi yang dapat mempermudah UMKM dalam memasarkan produk, contohnya Tokopedia. Salah satu power merchant di Tokopedia yaitu Jajanan.mlg yang sudah bediri sejak 2016. Tokopedia menyediakan laman ulasan yang dapat digunakan oleh pembeli dengan menyampaikan evaluasi pasca pembelian terhadap produk ataupun penjual. Penelitian ini ditujukan untuk memahami faktor pada konten online consumer review terhadap perilaku konsumen dalam keputusan melakukan pembelian. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pengaruh costumer review terhadap persepsi konsumen serta menganalisis pengaruh persepsi konsumen terhadap keputusan pembelian konsumen sari apel Siiplah di Tokopedia. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 80 responden. Metode pengumpulan data yaitu menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Penyebaran kuesioner dilakukan secara online menggunakan Google Form. Dokumentasi dilakukan dengan mengambil tangkapan layar ulasan pada Tokopedia. Pendekatan penelitian secara kuantitatif dan melakukan analisis deskriptif pada karakteristik responden, serta menganalisis variabel penelitian menggunakan PLS-SEM. Berdasarkan hasil analisis, costumer review memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap persepsi konsumen pada pembelian produk sari apel Siiplah di Tokopedia. Variabel argument quality, review valence, review helpfulness, source credibility, dan reviewer recommendation berpengaruh signifikan terhadap persepsi konsumen, namun message sidedness tidak berpengaruh secara signifikan. Review helpfulness memiliki pengaruh tertinggi dalam menjelaskan variabel online costumer review. Responden penelitian menyatakan bahwa semakin panjang ulasan maka memiliki tingkat keterbantuan yang tinggi. Sedangkan variabel message sidedness tidak memiliki pengaruh dikarenakan responden beranggapan bahwa tidak dapat pengaruh dari ulasan pro dan tidak terdapat dampak negatif dari kontra. Hasil penelitian juga menyatakan bahwa variabel persepsi konsumen memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian sari apel Siiplah di Tokopedia. Indikator yang memiliki pengaruh tertinggi dalam menjelaskan keputusan pembelian yaitu keputusan tentang jumlah produk. Penelitian ini menyarankan agar Tokopeda melakukan penambahan ketentuan untuk penulisan minimum kata dan penggunaan kata kunci Ketika memberi ulasan. Hal ini agar review yang dituliskan memberikan banyak informasi mengenai evaluasi yang dirasakan konsumen. Jajanan.mlg mampu meningkatkan kinerjanya dengan lebih komunikatif untuk menanggapi pertanyaan atau ulasan yang diberikan konsumen. Konsumen diharapkan mampu memerhatikan lebih teliti dan selektif terhadap review yang telah disampaikan agar dapat mengurangi resiko buruk yang didapatkan setelah pembelian. Penelitian selanjutnya dapat dilakukan dengan meneliti pengaruh daya beli serta minat iv konsumen, menambahkan jumlah sampel, penggunaan marketplace selain Tokopedia, dan menambah variabel seperti recommendation rating
English Abstract
Batu City is the largest apple producing area in East Java with a production rate of 55,957.69 tons per year. Efforts to process apples into apple cider drinks in order to increase competitiveness, shelf life, and added value of apples. Along with the development of technology that can make it easier for MSMEs to market products, for example Tokopedia. One of the power merchants at Tokopedia is Jajanan.mlg which has been established since 2016. Tokopedia provides a review page that can be used by buyers by submitting post-purchase evaluations of products or sellers. This research aims to understand the factors in online consumer review content on consumer behavior in purchasing decisions. The purpose of this study was to analyze the effect of customer reviews on consumer perceptions and to analyze the influence of consumer perceptions on consumer purchasing decisions of Siiplah apple cider at Tokopedia. The sample used were 80 respondents. The method of data collection is using a questionnaire and documentation. The distribution of the questionnaires online was using Google Form. Documentation by taking screenshots of reviews on Tokopedia. The research approach is quantitative and performs descriptive analysis on the characteristics of the respondents, and analyzes the research variables using PLS-SEM. Based on the results of the analysis, customer reviews have a positive and significant influence on consumer perceptions of purchasing Siiplah apple cider products at Tokopedia. The variables argument quality, review valence, review helpfulness, source credibility, and reviewer recommendation have a significant effect on consumer perceptions, but message sidedness has no significant effect. Review helpfulness has the highest influence in explaining the online customer review variable. Research respondents stated that the longer the review, the higher the level of assistance. While the message sidedness variable has no effect because respondents think that there is no influence from pro reviews and there is no negative impact from cons. The results of the study also stated that the consumer perception variable had a positive and significant influence on the purchasing decision of Siiplah apple cider at Tokopedia. The indicator that has the highest influence in explaining purchasing decisions is the decision on the number of products. This study suggests that Tokopeda add provisions for minimum words and use of keywords when giving reviews. That is for the review provides a lot of information about the evaluation felt by consumers. Jajanan.mlg can improve its performance by being more communicative in responding to customer reviews. Consumers are expected to be able to pay attention more carefully and selectively to the reviews that have been submitted in order to reduce the bad risks that are obtained after purchase. Further research could examine the influence of purchasing power and consumer interest, using marketplaces other than Tokopedia, and adding variables such as recommendation rating
Other obstract
-
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 0522040057 |
Subjects: | 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture |
Divisions: | Fakultas Pertanian > Sosial Ekonomi Pertanian |
Depositing User: | Nur Cholis |
Date Deposited: | 19 Jul 2022 02:57 |
Last Modified: | 19 Jul 2022 02:57 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/192263 |
![]() |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
Farhan Marza Aditya.pdf Restricted to Registered users only until 31 December 2023. Download (2MB) |
Actions (login required)
![]() |
View Item |