E-Marketing Mix Pada Online Consumer Kopi Janji Jiwa Selama Masa Pandemi Covid-19 Di Malang

Permatasari, Ayu Chofifah and Prof.Dr.Ir.Abdul Wahib Muhaimin, MS and Fitrotul Laili, SP.,MP. (2022) E-Marketing Mix Pada Online Consumer Kopi Janji Jiwa Selama Masa Pandemi Covid-19 Di Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Industri makanan dan minuman khususnya kopi di masa pandemi Covid-19 masih dapat tumbuh sebesar 0.22% pada triwulan ke II Tahun 2020. Pemicu dari peningkatan konsumsi kopi yaitu adanya perubahan perilaku masyarakat Indonesia yang cenderung menyukai kopi dan bahkan menjadikan konsumsi kopi menjadi suatu kebiasaan sebagai gaya hidup, seperti nongkrong untuk menikmati kopi yang membuat adanya peningkatan jumlah kedai kopi salah satunya di Malang. Hal ini mengakibatkan persaingan kedai kopi yang semakin kompetitif serta membuat konsumen melakukan pemilihan kedai kopi yang sesuai dengan kebutuhan dan selera mereka. Saat ini karena adanya pandemi serta beberapa kebijakan seperti PPKM membuat kedai kopi membuat Janji Jiwa mengalami penurunan pendapatan. Selama kebijakan PPKM di Kota Malang kedai kopi Janji Jiwa tidak menerima layanan untuk dine-in. Adanya kebijakan PPKM menyebakan perubahan metode penjualan yang awalnya secara offline berubah menjadi online dengan menggunakan platform online seperti Grab food dan lain-lain. Untuk tetap meningkatkan penjualan mereka salah satunya secara online kedai kopi Janji Jiwa perlu melakukan strategi e-marketing mix atau strategi bauran pemasaran secara online melalui internet atau situs web bisnis untuk transaksi penjualan dengan menggunakan product, price, promotion, place, customer service, community, site design. Dengan adanya kompenen e-marketing mix nantinya diharapkan kedai kopi Janji Jiwa mampu mengetahui variabel apa saja yang berpengaruh pada keputusan pembelian konsumen online pada saat penjualan secara online. Berdasarkan permasalahan di lapang tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menganalisis pengaruh komponen e-marketing mix pada Kedai Janji Jiwa terhadap keputusan pembelian online konsumen pada masa pandemi Covid-19 di Malang. Pendakatan penelitian ini yaitu kuantitatif dengan penentuan sampel Purposive Sampling dan jumlah responden sebanyak 105. Alat analisis yang digunakan yaitu menggunakan analisis SEM-PLS dengan bantuan software WarpPLS 7.0. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa product, price, promotion, place, customer service, community, site design pada Kedai Janji Jiwa tidak semua berpengaruh signifikan dan positif terhadap keputusan pembelian online konsumen pada masa pandemi Covid-19 di Malang. Pada variabel Promosi (X3), Customer Service (X5) menunjukkan tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian online serta variabel Site Design (X7) menunjukkan pengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap keputusan pembelian. Sehingga dari ketiga variabel tersebut perlu adanya peningkatan atau perbaikan yang nantinya berpotensi untuk meningkatkan keputusan pembelian. Sedangkan pada variabel produk (X1), harga (X2), Tempat/distribusi (X4) dan community (X6) menunjukkan hasil yang postif dan signifikan tehadap keputusan pembelian sehingga dapat dijaga konsistensinya dan ditingkatkan agar lebih baik sehingga dapat meningkatkan keputusan pembelian di kedai kopi Janji Jiwa Malang.

English Abstract

The food and beverage industry, especially coffee during the Covid-19 pandemic, was still able to grow by 0.22% in the second quarter of 2020. The triggers for the increase in coffee consumption is a change in the behavior of Indonesian people who tend to like coffee and even make coffee consumption a habit as a lifestyle, such as hanging out to enjoy coffee which has led to an increase in the number of coffee shops, one of which is in Malang. This results in increasingly competitive coffee shop competition and makes consumers choose a coffee shop that suits their needs and tastes. Currently, due to the pandemic and several policies, such as PPKM, Janji Jiwa income has been decrease. During the PPKM policy in Malang City, the Promised Jiwa coffee shop did not accept dine- in services. The existence of the PPKM policy has caused a change in the sales method from offline to online using online platforms such as Grab food and others. To keep increasing their sales, especially by online, the Janji Jiwa coffee shop needs to carry out an e-marketing mix strategy or an online marketing mix strategy via the internet or a business website for sales transactions using product, price, promotion, place, customer service, community andsite design. Using e-marketing mix component, it is hoped that the Janji Jiwa coffee shop will be able to find out what variables affect online consumer purchasing decisions when selling online. Based on the problems in the field, the purpose of this research is to find out the effect of the component e-marketing mix at Janji Jiwa coffee shop on consumer online purchasing decisions during the Covid-19 pandemic in Malang. The approach of this research is quantitative with purposive sampling and the number of respondents are 105. The analytical tool used is SEM-PLS analysis with WarpPLS 7.0 software. The results of this study indicate that not all of the product, price, promotion, place, customer service, community, site design at the Janji Jiwa Malang coffee shop not all have a significant and positive effect on consumers' online purchasing decisions during the Covid-19 pandemic in Malang. In the Promotion variable (X3), Customer Service (X5) shows no significant effect on online purchasing decisions and the Site Design variable (X7) shows a negative and insignificant effect on purchasing decisions. So that from the three variables are necessary to increase or improve which has potential to improve the purchasing decisions later. Meanwhile, the variables of product (X1), price (X2), place (X4) and community (X6) showed positive and significant results towards purchasing decisions so that consistency can be maintained and improved so that it can improve purchasing decisions at the Janji Jiwa Malang coffee shop.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0522040041
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture
Divisions: Fakultas Pertanian > Sosial Ekonomi Pertanian
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 18 Jul 2022 04:45
Last Modified: 18 Jul 2022 04:45
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/192197
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Ayu Chofifah Permatasari.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2024.

Download (4MB)

Actions (login required)

View Item View Item