Kesenjangan Harapan Antara Nasabah dan Manajemen Terhadap Penyampaian Informasi Keuangan dan Non- Keuangan Bank Syariah (Studi Kasus Pada PT. Bank Muamalat Indonesia Cabang Malang).

Muzakki, Is’adul (2019) Kesenjangan Harapan Antara Nasabah dan Manajemen Terhadap Penyampaian Informasi Keuangan dan Non- Keuangan Bank Syariah (Studi Kasus Pada PT. Bank Muamalat Indonesia Cabang Malang). Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan kesenjangan harapan antara nasabah dan manajemen terhadap penyampaian informasi keuangan dan non keuangan pada Bank Syariah, menjelaskan penyebab dari adanya kesenjangan harapan antara nasabah dan manajemen terhadap penyampaian informasi keuangan dan informasi non keuangan pada Bank Syariah, serta upaya Bank Syariah dalam mengatasi kesenjangan yang terjadi baik mengenai penyampaian informasi keuangan dan informasi non keuangan. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif studi kasus. Informan yang digunakan adalah pihak bank sebanyak 2 informan Marketing Bank dan 1 informan Customer Service Bank Muamalat Indonesia Cabang Malang, serta melibatkan 2 informan dari nasabah Bank Muamalat Indonesia Cabang Malang. Analisis dan pengumpulan data dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, interpretatif data, penarikan kesimpulan. Paparan hasil penelitian menunjukkan bahwa kesenjangan terjadi karena didasari oleh tiga poin dari kesaksian nasabah, yang pertama nasabah menyamakan bank syariah sama dengan bank konvensional karena nasabah menemui bahwa masih terdapatnya rate di dalam bank syariah. Hal yang kedua adalah nasabah beranggapan masih adanya agunan di dalam proses transaksi bank muamalat indonesia yang membuat nasabah ragu terhadap kesahian asas syariah yang digunakan oleh bank muamalat indonesia. Dan yang ketiga adalah terkait denda, dimana nasabah beranggapan diberlakukanya denda di bank muamalat indonesia membuat bank syariah tidak mempunyai perbedaan dengan bank konvensional. Penyebab munculnya kesenjangan harapan yaitu masih terkait dengan masalah komunikasi dan edukasi. Serta upaya Bank Syariah dalam mengatasi kesenjangan adalah dengan melakukan pendekatan personal dimana bank memilah informasi apa yang perlu diprioritaskan untuk disampaikan kepada nasabah dengan beragamnya karakteristik dari nasabah, serta bank selalu siap untuk memaksimalkan pelayanan seperti jika nasabah bertanya tentang asas Syariah dan sebagainya, bank siap untuk menjawab dan memberikan data selama hal tersebut tidak bertentangan dengan peraturan yang berlaku.

English Abstract

The objectives of this study are to identify expectation gap between the customers and the management of Islamic banks regarding financial and non-financial information, explain the cause of the gap, and determine measures that must be taken by the bank to close the gap. The informants of this qualitative case study are two marketing officers, one customer service, and two customers of Bank Muamalat Indonesia Branch of Malang. The data of this study was obtained from interviews, observations, and documentations and analyzed through data collection, data reduction, data presentation, data interpretation, and conclusion drawing. The analysis indicates that, according to the statements of customers, the gaps are, first, customers equate Islamic banks with conventional ones since the bank still apply rate. Second, they still think that Bank Muamalat Indonesia still ask collaterals in the transactions which makes them doubt the sharia principles applied by the bank. The first reason is penalty applied in Bank Muamalat Indonesia, which makes Islamic banks are not different from conventional ones. The cause of the gap is related to communication and education. Therefore, Islamic banks should use personal approach, so they can decide information that must be provided for the customers based on their characteristics. Hence, the bank can maximize their service and are ready to share information required by their customers as long as it does not violate the applicable regulations

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/332.1/MUZ/k/2019/041911235
Uncontrolled Keywords: Kesenjangan Harapan, Penyampaian Informasi Keuangan, Penyampaian Informasi Non Keuangan.
Subjects: 300 Social sciences > 332 Financial economics > 332.1 Banks
Divisions: S2/S3 > Magister Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 18 Jul 2022 04:10
Last Modified: 18 Jul 2022 04:10
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/192187
[thumbnail of TESIS ISADUL MUZAKKI 156020301111001.pdf] Text
TESIS ISADUL MUZAKKI 156020301111001.pdf

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item