Damara, Ahmad Fauzan and Destyana Ellingga Pratiwi, SP., MP., MBA and Dr. Dwi Retno Andriani, SP., MP (2021) Pengaruh Unique Selling Proposition Terhadap Brand Equity Sentra Tanaman Hias Kios Hijau (Studi Pada Sentra Tanaman Hias, Graha Raya, Kota Tangerang Selatan). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Ditengah keadaan pandemi COVID-19, masyarakat cenderung untuk mengeksplorasi sebuah kegiatan baru ataupun hobi baru. Salah satu aktivitas ataupun hobi baru tersebut yaitu hobi mengkoleksi tanaman hias di rumah. Mengkoleksi tanaman hias tersebut tidak hanya untuk penghilang rasa penat dikarenakan keadaan yang mengharuskan untuk di rumah, akan tetapi juga berguna untuk memperindah sisi rumah khususnya halaman. Bahkan, hobi mengkoleksi tanaman hias ini digemari oleh semua kalangan, baik dewasa atau remaja sekalipun. Merebaknya hobi mengkoleksi tanaman hias menjadi tren diberbagai daerah, salah satunya itu wilayah Kota Tangerang Selatan. Kota Tangerang Selatan memiliki sektor usaha tanaman hias khususnya sentra tanaman hias di Graha Raya yang bernama Kios Hijau. Kios Hijau merupakan barisan toko yang penjual berbagai macam tanaman hias yang dikelola oleh PT. Jaya Real Property. Melihat dari lokasinya yang berdekatan dengan pemukiman penduduk, maka sentra tanaman hias Kios Hijau menjadi tempat yang diminati masyarakat sekitar dalam memperoleh tanaman hias. Melihat hal itu, pelaku usaha tanaman hias perlu suatu pembeda agar masyarakat dapat mengetahui dan membeli tanaman hias tersebut dengan cara melihat unique selling preposition pada sentra tanaman hias dalam mempengaruhi brand equity sentra tanaman hias tersebut. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini dilakukan secara online dengan menggunakan kuesioner google form dalam penyebaran kuesioner. Waktu penelitian ini dimulai pada Bulan Juli – Agustus 2021. Jumlah populasi yang tak terhitung maka penelitian ini menggunakan teknik non-probability sampling dengan metode purposive sampling dalam penentuan responden yang akan digunakan. Data yang digunakan pada penelitian ini yaitu data primer dan data sekunder. Data primer yang ada di dapat melalui kuesioner yang telah dijawab oleh responden dan data sekunder di dapat melalui buku dan jurnal yang relevan. Jumlah responden pada penelitian itu yaitu 90 responden. Analisis data penelitian menggunakan metode SEM-PLS (Structural Equation Modeling- Partial Least Square) untuk memprediksi hubungan variabel penelitian. Berdasarkan hasil penelitian ini, diketahui bahwa diketahui nilai p – value dari variabel unique selling preposition sebesar 0,000(<0,05) dan pada nilai t – statistic sebesar 17,312 (1,96). Melihat nilai tersebut bahwa adanya pengaruh yang signifikan dari variabel unique selling preposition terhadap brand equity, sehingga sehingga H0 ditolak dan H1 diterima, mengartikan bahwa variabel unique selling preposition berpengaruh signifikan terhadap brand equity pada sentra tanaman hias kios hijau.
English Abstract
In the midst of the COVID-19 pandemic, people tend to explore new activities or new hobbies. One of these new activities or hobbies is the hobby of collecting ornamental plants at home. Collecting these ornamental plants is not only for relieving fatigue due to conditions that require being at home, but also useful for beautifying the side of the house, especially the yard. In fact, the hobby of collecting ornamental plants is favored by all circles, both adults and teenagers. The spread of the hobby of collecting ornamental plants has become a trend in various regions, one of which is the South Tangerang City area. South Tangerang City has an ornamental plant business sector, especially an ornamental plant center in Graha Raya called Kios Hijau. Kios Hijau is a line of shops selling various kinds of ornamental plants managed by PT. Jaya Real Properties. Judging from its location close to residential areas, the center of Kios Hijau ornamental plants is a place that is of interest to the surrounding community in obtaining ornamental plants. Seeing this, ornamental plant business actors need a differentiator so that people can know and buy these ornamental plants by looking at the unique selling preposition in ornamental plant centers in influencing the brand equity of the ornamental plant centers. The approach in this study uses a quantitative approach. This research was conducted online using a google form questionnaire in distributing questionnaires. The time of this research begins in July – August 2021. The population is countless, so this study uses a non-probability sampling technique with purposive sampling method in determining the respondents to be used. The data used in this study are primary data and secondary data. Primary data can be obtained through questionnaires that have been answered by respondents and secondary data can be obtained through relevant books and journals. The number of respondents in the study was 90 respondents. Analysis of research data using the SEM-PLS (Structural Equation Modeling- Partial Least Square) method to predict the relationship of research variables. Based on the results of this study, it is known that the p-value of the unique selling preposition variable is 0.000 (<0.05) and the t-statistic value is 17.312 (1.96). Seeing this value, there is a significant effect of the unique selling preposition variable on brand equity, so that H0 is rejected and H1 is accepted, meaning that the unique selling preposition variable has a significant effect on brand equity in the center of green kiosk ornamental plants.
Other obstract
-
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 0522040026 |
Subjects: | 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture |
Divisions: | Fakultas Pertanian > Sosial Ekonomi Pertanian |
Depositing User: | Nur Cholis |
Date Deposited: | 18 Jul 2022 02:52 |
Last Modified: | 10 Oct 2024 04:10 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/192155 |
![]() |
Text
AHMAD FAUZAN DAMARA.pdf Download (4MB) |
Actions (login required)
![]() |
View Item |