Arivia, Adinda Anissa and Dr. Silvana Maulidah, SP., MP. and Neza Fadia Rayesa, S.TP., M.Sc (2022) Pengaruh Social Media Marketing Melalui Instagram Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Di Kedai Kopi Rukopi). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Kegiatan promosi merupakan salah satu aspek yang penting diperhatikan suatu usaha untuk melakukan penyebaran informasi usaha dan mengenalkan produk yang ditawarkan. Di zaman yang serba digital ini penggunaan internet untuk berbagai kegiatan, termasuk kegiatan promosi secara online. Salah satu kegiatan promosi secara online yang dapat dilakukan ialah social media marketing melalui Instagram. Hal ini dikarenakan Indonesia menempati urutan ke-empat sebagai negara dengan pengguna Instagram terbanyak hingga bulan Juli 2021 sehingga Instagram berpotensi baik untuk dijadikan media promosi. Penggunaan Instagram sebagai media promosi juga diharapkan dapat berpengaruh baik terhadap keputusan pembelian. Peningkatan keputusan pembelian oleh konsumen akan menyebabkan terjadinya peningkatan keuntungan suatu usaha. Tingkat konsumsi kopi yang tinggi di Indonesia menyebabkan kedai kopi bermunculan dimana-mana. Hal ini mengakibatkan persaingan bisinis kedai kopi semakin tinggi, sehingga pelaku usaha harus dapat lebih kreatif dalam mengenalkan usaha dan produknya. Maka dari itu, penting bagi Rukopi untuk melakukan kegiatan promosi. Apalagi Rukopi baru membuka usahanya ketika pandemi COVID-19 dan ketika ada peraturan pemerintah terkait PPKM menyebabkan daya beli di Rukopi ikut menurun. Pandemi COVID-19 menyebabkan keterbatasan untuk melakukan berbagai kegiatan di luar rumah, salah satunya kegiatan promosi secara offline tidak dapat dilakukan secara maksimal sehingga penting bagi Rukopi untuk melakukan kegiatan promosi secara online. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui penerapan strategi social media marketing yang telah dilakukan Rukopi melalui Instagram, menganalisis pengaruh social media marketing terhadap keputusan pembelian di Rukopi, dan merumuskan strategi social media marketing yang dapat diterapkan di Rukopi. Penelitian ini dilakukan mulai bulan Januari hingga Maret 2022 dengan pendekatan kuantitatif. Penentuan responden dalam penelitian ini menggunakan metode purposive sampling, dengan jumlah sebanyak 70 responden. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner yang disebarkan secara online melalui Google Form. Metode yang digunakan untuk mengetahui penerapan strategi social media marketing yang telah dilakukan Rukopi melalui Instagram ialah menggunakan analisis deskriptif. Sedangkan, pengaruh social media marketing terhadap keputusan pembelian di Rukopi dianalisis menggunakan Structural Equation Modeling – Partial Least Square (SEM-PLS) dengan bantuan aplikasi WarpPLS 7.0. Terdapat empat variabel independen yang digunakan pada vii penelitian ini. Variabel independen pertama yang digunakan ialah context (konteks) yang terdiri dari dua indikator, yaitu estetika dan fungsional. Variabel independen kedua yang digunakan ialah content (konten) yang terdiri dari empat indikator, yaitu offering mix (bauran penawaran), appeal mix (bauran daya tarik), multimedia mix (bauran multimedia), dan timeliness mix (bauran ketepatan waktu). Variabel independen ketiga yang digunakan ialah communication (komunikasi) yang terdiri dari dua indikator, yaitu broadcast (siaran) dan interactive (interaktif). Variabel independen terakhir yang digunakan ialah connection (koneksi) yang terdiri dari dua indikator, yaitu outsourced content (konten yang dialihdayakan) dan outside links (tautan luar). Sedangkan, variabel dependen yang digunakan ialah keputusan pembelian yang terdiri dari empat indikator, yaitu kemantapan pada suatu produk, kebiasaan dalam membeli produk, rekomendasi pada orang lain, dan melakukan pembelian ulang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Rukopi telah melalukan social media marketing melalui Instagram dengan baik. Hal ini ditunjukkan dengan seluruh variabel yang digunakan termasuk masuk kedalam kategori sangat baik karena memiliki nilai rata-rata lebih dari 4.5, sehingga dapat disimpulkan bahwa mayoritas jawaban responden cenderung setuju pada pada setiap pernyataan masing-masing indikator. Nilai rata-rata tertinggi dimiliki oleh variabel connection, sedangkan nilai rata-rata terendah dimiliki oleh variabel commuication. Pengaruh social media marketing melalui instagram terhadap keputusan pembelian di Rukopi menunjukkan bahwa secara keseluruhan social media marketing melalui @rukopioffical memiliki pengaruh R2 sebesar 0.54. Nilai tersebut membuktikan bahwa variabel-variabel social media marketing berpengaruh sebesar 54% terhadap keputusan pembelian, sementara sisanya 46% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti. Variabel context, content, communication, dan connection memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Variabel context memiliki pengaruh dominan terhadap keputusan pembelian. Sedangkan, variabel connection memiliki pengaruh paling kecil terhadap keputusan pembelian. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, saran yang perlu diperhatikan oleh Rukopi dalam menerapkan social media marketing ialah mempertahankan keseragaman warna, kualitas foto atau video, serta konsistensi font dalam setiap ungggahan. Rukopi juga dapat memberikan tambahan selingan konten informatif yang tidak berhubungan dengan Rukopi, misalnya fakta-fakta menarik tentang kopi. Selain itu, Rukopi juga perlu meningkatkan kuantitas konten yang diunggah, baik konten yang diunggah di feeds atau story dan menambahkan koneksi antara Instagram dengan media sosial lain yang dimiliki Rukopi sehingga konsumen dapat melihat promosi yang dilakukan pada media sosial lain
English Abstract
Promotional activities are one of the important aspects to be considered in an effort to disseminate business information and introduce the products offered. In this digital era, internet is used for various activities, including online promotional activities. One of the online promotional activities that can be done is social media marketing through Instagram. This is because Indonesia ranks fourth as the country with the most Instagram users until July 2021, so Instagram has good potential to be used as a promotional media. The use of Instagram as a promotional media is also expected to have a good effect on purchasing decisions. Increased purchasing decisions by consumers will lead to an increase in the profits of a business. The high level of coffee consumption in Indonesia causes coffee shops to exist everywhere. This makes the coffee shop bussiness competition higher, so that business owners must be more creative in introducing their business and products. Therefore, it is important for Rukopi to carry out promotional activities. Especially Rukopi just opened its business during the COVID-19 pandemic and when there was a government regulation related to PPKM, the purchasing power at Rukopi also decreased. The COVID-19 pandemic causes limitations to carry out various activities outside the home, one of which is offline promotional activities cannot be carried out optimally, so it is important for Rukopi to carry out promotional activities online. This research was conducted to determine the application of social media marketing strategies that have been carried out by Rukopi through Instagram, to analyze the influence of social media marketing on purchasing decisions at Rukopi, and to formulate social media marketing strategies that can be applied in Rukopi. This research was conducted from January to March 2022 with a quantitative approach. Determination of respondents in this study used purposive sampling method, with a total of 70 respondents. The data collection technique was done by using a questionnaire distributed online via Google Form. The method used to determine the implementation of the social media marketing strategy that has been carried out by Rukopi through Instagram is using descriptive analysis. Meanwhile, the influence of social media marketing on purchasing decisions at Rukopi was analyzed using Structural Equation Modeling – Partial Least Square (SEM-PLS) with the help of the WarpPLS 7.0 application. There are four independent variables used in this study. The first independent variable used is context, which consists of two indicators, namely aesthetic and functional. The ix second independent variable used is content which consists of four indicator namely offering mix, appeal mix, multimedia mix, and timeliness mix. The third independent variable used is communication which consists of two indicators, namely broadcast and interactive. The last independent variable used is connection, which consists of two indicators, namely outsourced content and outside links. Meanwhile, the dependent variable used is purchasing decisions which consist of four indicators, namely trust in a product, habits in buying products, recommendations to others, and repeat purchase. The results showed that Rukopi had done well with social media marketing through Instagram. This is indicated by all the variables used are included in the very good category because they have an average value more than 4.5, so it can be concluded that the majority of respondents’ answers tend to agree on each statement of each indicator. The highest average value is owned by the connection variable, while the lowest average value is owned by the communication variable. The influence of social media marketing through Instagram on purchasing decisions at Rukopi shows that overall social media marketing through @rukopioffical has an R2 effect of 0.54. This value proves that social media marketing variables have an effect of 54% on purchasing decisions, while the remaining 46% are influenced by other variables not examined. Context, content, communication, and connection variables have a positive and significant influence on purchasing decisions. The context variable has a dominant influence on purchasing decisions. Meanwhile, the connection variable has the least effect on purchasing decisions. Based on the research results, the things that need to be considered by Rukopi in implementing social media marketing are to maintain uniformity of color, quality of photos or videos, and consistency of font in each upload. Rukopi can also provide additional informative content interludes that are not related to Rukopi, such as interesting facts about coffee. In addition, Rukopi also needs to increase the quantity of content uploaded, both content uploaded in feeds or stories and add connections between Instagram and other social media owned by Rukopi so that consumers can see promotions carried out on other social media
Other obstract
-
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 0522040025 |
Subjects: | 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture |
Divisions: | Fakultas Pertanian > Sosial Ekonomi Pertanian |
Depositing User: | Nur Cholis |
Date Deposited: | 18 Jul 2022 02:43 |
Last Modified: | 11 Dec 2023 07:19 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/192154 |
![]() |
Text
ADINDA ANISSA ARIVIA.pdf Download (3MB) |
Actions (login required)
![]() |
View Item |