Pengaruh Marketing Mix Dengan Mediasi Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Produk Pizza Hut Saat Pandemi Covid-19 Di Kota Malang

Salsabilah, Adella Rania and Ir. Effy Yuswita, M.Si. and Anisa Aprilia, SP., MP., M.BA. (2022) Pengaruh Marketing Mix Dengan Mediasi Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Produk Pizza Hut Saat Pandemi Covid-19 Di Kota Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kondisi pandemi COVID-19 yang masih terjadi mempengaruhi sektor bisnis makanan dan minuman. Pada tahun 2021, Pizza Hut Indonesia mengalami penurunan omset makanan dibandingkan periode tahun sebelumnya. Dalam menghadapi situasi tersebut, perusahaan perlu mempertimbangkan faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian. Salah satu faktor tersebut adalah marketing mix. Selain itu, brand image perusahaan perlu diperhatikan agar selalu diingat oleh konsumen sebagai merek yang positif. Melalui latar belakang tersebut, penelitian ini memiliki tujuan utama untuk menganalisis pengaruh Product, Price, Promotion, dan Place terhadap keputusan pembelian produk Pizza Hut di Kota Malang selama pandemi COVID-19, baik secara langsung maupun dengan mediasi Brand Image. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan secara kuantitatif. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah random sampling dengan mengambil sampel sebanyak 91 responden. Metode pengumpulan data primer menggunakan kuesioner penelitian online yang disebarkan menggunakan google form. Analisis data yang digunakan yaitu PLS-SEM dengan aplikasi software SmartPLS 3. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Product, Price, dan Promotion memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Variabel Place tidak mempengaruhi keputusan pembelian oleh konsumen. Pada pengaruh variabel Brand Image sebagai mediator, ditemukan bahwa Brand Image memediasi hubungan variabel Product, Promotion, dan Place terhadap keputusan pembelian secara tidak signifikan. Brand Image tidak memediasi pengaruh variabel Price terhadap keputusan pembelian. Kesimpulan yang dapat diambil adalah terdapat hubungan yang positif dan signifikan secara langsung dari Product, Price, Promotion terhadap keputusan pembelian. Namun, tidak ditemukannya pengaruh tidak langsung yang signifikan dari Product, Price, Promotion, Place terhadap keputusan pembelian melalui variabel mediasi Brand Image. Faktor bauran pemasaran memiliki pengaruh yang lebih baik secara langsung dibandingkan melalui mediasi Brand Image. Perusahaan dapat memfokuskan strategi pemasaran pada bauran pemasaran, karena menunjukkan memiliki nilai yang lebih tinggi pada pengaruh secara langsung terhadap keputusan pembelian. Pengembangan pada penelitian selanjutnya dapat dilakukan dengan menambah variabel bauran pemasaran pada penelitian seperti People, Process, dan Physical Evidence.

English Abstract

The ongoing COVID-19 pandemic affected Food and Beverage (F&B) business sector. In 2021, Pizza Hut Indonesia experienced a decreased in turnover of food product compare to the previous year. In dealing with the uncertainty situation, company should consider the factors that influence purchase decision. One of that factors is marketing mix that is able to encourage consumers to purchase product. Beside that, company’s brand image also needs to be considered, so customer will always remember it as a positive or good brand. Through this background, this research has main purposes such as analyze the influence Product, Price, Promotion, Place on Purchase Decision of Pizza Hut products in Malang City during COVID-19 pandemic directly and indirectly through Brand Image as mediation variable. This research was conducted with quantitive approach. The sampel selection in this study has done by using purposive sampling with 91 respondents. The primary data collection method was using questionnaires distributed online via google form. Analysis data method was using PLS-SEM with SmartPLS 3 software. The result showed that Product, Price, and Promotion have positive and significant effect on Purchase Decision. Place doesn’t influence customer to on purchase products. On the influence of Brand Image as a mediator variable, it was found that Brand Image insignificantly mediate the relationship of Product, Promotion, and Place with Purchase Decision. Brand Image doesn’t mediate the influence from Price to Purchase Decision. The conclusion is there is a positive and significant relationship directly from Product, Price, Promotion to purchasing decision. However, there is insignificant indirect effect between Product, Price, Promotion, Place and purchase decision with mediation from Brand Image. Marketing mix has a better effect directly instead of indirectly through Brand Image. The company can be considered to focus on marketing mix as a marketing strategies compared to brand image, because marketing mix 4P shows higher direct influence on purchase decision. In further research, next researches can add another variables such as People, Process, and Physical Evidence as independent variables.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0522040024
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture
Divisions: Fakultas Pertanian > Sosial Ekonomi Pertanian
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 18 Jul 2022 02:37
Last Modified: 11 Dec 2023 07:17
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/192150
[thumbnail of Adella Rania Salsabilah.pdf] Text
Adella Rania Salsabilah.pdf

Download (7MB)

Actions (login required)

View Item View Item