Faktor Penentu Pengungkapan tanggung jawab sosial dan Dampaknya terhadap Nilai Perusahaan.

Santika, Sisca (2019) Faktor Penentu Pengungkapan tanggung jawab sosial dan Dampaknya terhadap Nilai Perusahaan. Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh faktor penentu terhadap pengungkapan tanggung jawab sosial dan pengaruh pengungkapan tanggung jawab sosial terhadap nilai perusahaan. Data penelitian sebanyak 16 perusahaan pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia selama tahun pengamatan 2013-2016. Teknik analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis regresi berganda dan analisis regresi sederhana dengan menggunakan aplikasi SPSS versi 16. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa ukuran perusahaan dan kepemilikan publik dapat meningkatkan pengungkapan tanggung jawab sosial, sedangkan profitabilitas, leverage dan likuiditas tidak dapat meningkatkan pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan karena pengungkapan tanggung jawab sosial merupakan kewajiban yang harus dilakukan perusahaan sehingga perusahaan akan tetap mengungkapkan tanpa melihat tingkat profitabilitas, leverage maupun likuiditas perusahaan. Growth tidak dapat meningkatkan pengungkapan tanggung jawab sosial karena perusahaan dengan tingkat pertumbuhan tinggi lebih memilih menggunakan biayanya untuk kegiatan produksi. Dewan komisaris independen terbukti tidak dapat meningkatkan pengungkapan tanggung jawab sosial karena komisaris belum mampu berperan penting dalam penetapan strategi. Pengungkapan tanggung jawab sosial tidak dapat meningkatkan nilai perusahaan karena investor di Indonesia cenderung membeli dan menjual saham tanpa memperhatikan keberlangsungan hidup perusahaan dalam jangka panjang

English Abstract

This research aims to test the determining factor of corporate social responsibility disclosure and it’s effect on firm value and the data of the research are 16 mining companies registered in the Indonesia Stock Exchange during the years of observation in 2013-2016. In addation, the analysis technique used in this study are multiple regression analysis and simple regression analysis by using a software named SPSS version 16. The results of this research show that the firm size and public ownership are able to increase disclosures of corporate social responsibility, while profitability, leverage and liquidity are unable to increase the disclosure of corporate social responsibility since the disclosure of corporate social responsibility is an obligation that must be done by the company regardless of the level profitability, leverage and liquidity. Meanwhile, the growth is unable to increase the disclosure of corporate social responsibility, since companies with a high growth rate would prefer to use the costs for production activities. The Board of Independent Commissioners proved to be unable to increase corporate social responsibility disclosure because the commissioners is not capable to play an important role in the determination of the strategy. Futhermore, the disclosure of corporate social responsibility is unable to increase the value of the company because the investors in Indonesia tend to purchase and sell shares without considering the survival of the company in the long-term.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/657.3/SAN/f/2019/041901474
Uncontrolled Keywords: faktor penentu, pengungkapan tanggung jawab sosial, nilai perusahaan,-determinants, corporate social responsibility disclosure, firm value
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 657 Accounting > 657.3 Financial reports (Financial statements)
Divisions: S2/S3 > Magister Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 15 Jul 2022 09:13
Last Modified: 15 Jul 2022 09:13
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/192116
[thumbnail of SISCA SANTIKA.pdf] Text
SISCA SANTIKA.pdf

Download (5MB)

Actions (login required)

View Item View Item