Pengaruh Penambahan Tepung Bayam Merah (Amaranthus tricolor L.) pada Siomay Ayam ditinjau dari Kadar Serat, Karbohidrat dan WHC (Water Holding Capacity)

Sari, Siwi Sa’anah Ade and Dr. Herly Evanuarini, S.Pt, MP, (2022) Pengaruh Penambahan Tepung Bayam Merah (Amaranthus tricolor L.) pada Siomay Ayam ditinjau dari Kadar Serat, Karbohidrat dan WHC (Water Holding Capacity). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Siomay merupakan salah satu jenis dimsum yang terbuat dari daging yang diolah menggunakan teknologi restrukturisasi. Siomay memiliki rasa daging yang khas. Penambahan tepung bayam merah pada pembuatan siomay ayam sebagai bahan pengisi dapat dijadikan alternatif untuk menambah nilai nutrisi siomay. Bayam merah memiliki keunggulan nilai nutrisi terutama kandungan serat, vitamin A (beta karoten), vitamin C, riboflavin, asam amino tiamin dan niasin. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui persentase terbaik penambahan tepung bayam merah (Amaranthus tricolor L.) pada siomay ayam ditinjau dari kadar serat, kadar karbohidrat dan WHC (Water Holding Capacity). Penelitian ini dilaksanakan di Laboratorium Teknologi Hasil Ternak, Fakultas Peternakan Universitas Brawijaya untuk pembuatan siomay ayam. Analisis kadar serat, kadar karbohidrat dan WHC dilaksanakan di Laboratorium Pengujian Mutu dan Keamanan Pangan Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Brawijaya. Waktu penelitian dilaksanakan pada tanggal 2 Januari hingga 9 Maret 2022. Materi yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah siomay ayam yang dibuat dari daging ayam dengan penambahan tepung bayam merah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode percobaan laboratorium dengan Rancangan Acak Lengkap (RAL) yang terdiri dari 4 perlakuan dan 4 ulangan. Perlakuan terdiri dari P0 (tanpa penambahan tepung bayam merah), P1 (1% penambahan tepung bayam merah), P2 (2% penambahan tepung bayam merah), P3 (3% penambahan tepung bayam merah) dari daging yang digunakan. Variabel yang diamati yaitu kadar serat, karbohidrat dan WHC (Water Holding Capacity). Data dianalisis menggunakan analisis ragam (ANOVA), apabila terdapat perbedaan pengaruh yang nyata atau sangat nyata, selanjutnya dianalisis dengan menggunakan Uji Jarak Berganda Duncan (UJBD).Hasil penelitian menunjukan bahwa penambahan tepung bayam merah pada siomay ayam memberikan pengaruh yang sangat nyata (P<0,01) terhadap kadar serat, kadar karbohidrat dan WHC (Water Holding Capacity). Nilai rata-rata kadar serat 0,73-1,24%, karbohidrat 25,26-28,90% dan WHC 90,19-93,69%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa penambahan tepung bayam merah sebanyak 3% menghasilkan kualitas siomay ayam terbaik ditinjau dari serat, karbohidrat dan WHC. Saran dari penelitian ini perlu dilakukan penelitian lebih lanjut mengenai daya simpan siomay ayam.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0522050069
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 636 Animal husbandry
Divisions: Fakultas Peternakan > Peternakan
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 15 Jul 2022 05:57
Last Modified: 15 Jul 2022 05:57
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/192105
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
SIWI SA'ANAH ADE SARI.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2024.

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item