Inovasi Pelayanan Kependudukan Untuk Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik Di Kabupaten Magetan (Studi pada Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Magetan

Ramadhani, Alvianto and Dr. Drs. Mochamad Rozikin, S.AP., M.AP. and Dr. Ike Wanusmawatie, S.Sos., M.AP (2020) Inovasi Pelayanan Kependudukan Untuk Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik Di Kabupaten Magetan (Studi pada Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Magetan. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pelayanan publik di bidang kepedudukan merupakan kebutuhan masyarakat yang wajib diberikan oleh Pemerintah Daerah. Namun penyelenggaraan pelayanan administrasi kependudukan masih mengalami berbagai permasalahan sehingga masyarakat kurang mendapatkan kualitas pelayanan yang baik dan maksimal. Kabupaten Magetan merupakan Daerah yang meningkatkan kualitas pelayanan administrasi kependudukan melalui berbagai inovasi pelayanan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan inovasi pelayanan kependudukan serta berbagai faktor yang mempengaruhi inovasi pelayanan yang dilakukan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Magetan. Konsep inovasi yang berhasil merupakan kreasi dan implementasi dari proses, produk layanan dan metode pelayanan baru sehingga kualitas, efisiensi dan efektivitas dapat dirasakan oleh masyarakat. Penelitian ini menggunakan konsep tipologi inovasi yang membagi inovasi pelayanan publik ke dalam beberapa tipe inovasi dengan kriteria yang berbeda-beda. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Magetan mempunyai tiga inovasi yang mencangkup seluruh jenis pelayanan kependudukan yaitu BUKA LAPAK, JEMPOL dan PAK TUWA, namun hanya inovasi PAK TUWA yang masih dapat dianggap sebagai inovasi pelayanan kependudukan di Kabupaten Magetan dengan hanya menghubungi nomor Whats App PAK TUWA. Inovasi PAK TUWA didukung dengan sarana dan prasarana serta Sumber Daya Manusia yang menunjang, kehandalan inovasi PAK TUWA terlihat dari ketepatan Waktu dan Biaya pelayanan kependudukan, kesigapan dan jaminan pelayanan kependudukan inovasi PAK TUWA terlihat dari Petugas yang berkompeten di bidangnya. Dalam pelaksanaan inovasi PAK TUWA terdapat berbagai faktor antara lain, faktor pendorong yaitu, Sarana dan Prasarana, Sumber Daya Manusia, Sumber Dana Keuangan dan faktor penghambat yaitu, kesadaran masyarakat masih rendah, masih banyak praktek Calo, adanya indikasi pungutan liar di tingkat Desa di Kabupaten Magetan. PAK TUWA adalah konsep inovasi yang memanfaatkan kemajuan teknologi informasi untuk memberikan pelayanan administrasi kependudukan kepada masyarakat Kabupaten Magetan. Pelaksanaan inovasi PAK TUWA disarankan untuk lebih meningkatkan sosialisasi dan sarana prasarana serta memperluas jaringan kerjasama atau kemitraan sehingga dapat menekan praktek Calo.

English Abstract

Public Service in the field of population is a compulsory community need which must be provided by the Local Government. However, the implementation of population administration service is still experiencing several difficulties so that the community does not receive a proper and maximum service quality. The Magetan Regency is a region that improves the quality of population administration service through various innovation. The purpose of this research is to identify and describe innovation of population service also several factors that influenced service innovation implemented by Departement of Population and Civil Registry of Magetan Regency. The successful innovation concept is a process of creation and implementation, service product and new service method resulted in the quality, efficiency and effectiveness can be perceived by the community. This research uses the concept of innovation typology which divides public service innovation into several types of innovation with different criteria. The research utilizes descriptive research with qualitative approach. The data collection technique used is interview, observation and documentation. The Departement of Population and Civil Registry of Magetan Regency has three innovations covering all types of population services namely BUKA LAPAK, JEMPOL and PAK TUWA. However, PAK TUWA is the only innovations which can still be considered as population service innovations in Magetan Regency by simply contacting the PAK TUWA Whats App number. PAK TUWA innovation is supported by facilities and infrastructure as well as supporting human resources, the reliability of PAK TUWA innovation can be seen from the timeline and cost of population service, alertness an guarantee of population service for PAK TUWA innovation seen from the competency of officers in their fields. In implementing PAK TUWA innovations, there are various factors, among others, driving factors namely, facilities and infrastructure, human resources, financial funding sources and inhibiting factors namely low public awareness, substatial ocurrence of broker practice, indications of unofficial fee collections at the village level in the Magetan Regency. PAK TUWA is an innovation concept that utilizes information technology advancements to provide population administration services to the people of Magetan Regency. The implementation of PAK TUWA innovations is recommended to further enhance the socialization and infrastructure facilities as well as expanding the network of cooperation or partnerships so as to reduce the practice of brokers.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0520030033
Uncontrolled Keywords: Pelayanan Publik, Pelayanan Kependudukan, Inovasi PAK TUWA, Public Service, Population Services, Innovation, PAK TUWA.
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Zainul Mustofa
Date Deposited: 15 Jul 2022 03:28
Last Modified: 11 Oct 2024 01:43
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/192103
[thumbnail of - Alvianto Ramadhani..pdf] Text
- Alvianto Ramadhani..pdf

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item