Implementasi Program Tata Kelola Guru Madrasah dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru Madrasah (Studi Pada Kantor Wilayah Kementerian Agama Kabupaten Jombang).

Firdausi, Aisha Apriliane Putri and DR. Dra. Ratih Nur Pratiwi, M.Si and Dr. Imam Hanafi, M.Si, MS. (2019) Implementasi Program Tata Kelola Guru Madrasah dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru Madrasah (Studi Pada Kantor Wilayah Kementerian Agama Kabupaten Jombang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pendidikan di Indonesia merupakan salah satu unsur penting dalam pembangunan nasional. Pemerintah memiliki tanggungjawab untuk menyelenggarakan pendidikan serta melaksanakan pemerataan pendidikan untuk seluruh masyarakat. Pendidikan formal di Indonesia ada dua yakni pendidikan umum dan pendidikan madrasah. Di kabupaten Jombang pendidikan madrasah masih ditemui beberapa kendala salah satunya adalah masih kurang kualitas tenaga pendidik (guru) madrasah yang profesional. Dalam kaitan penelitian ini penulis ingin mengetahui, mendeskripsikan dan menganalisis bagaimana implementasi program tata kelola guru untuk meningkatkan kualitas Profesionalisme guru madrasah di Kabupaten Jombang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif yang memfokuskan permasalahan pada implementasi program tata kelola untuk meningkatkan keprofesian guru madrasah. Penelitian ini dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Model analisis data yang digunakan adalah model interaktif yang terdiri dari pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan implementasi program tata kelola guru madrasah untuk meningkatkan kualitas profesionalisme di Kabupaten Jombang telah berjalan sesuai dengan tujuan yakni guru-guru madrasah memperoleh sertifikat mengajar sesuai dengan bidang yang dikuasainya. Kantor Wilayah Kementerian Agama Kabupaten Jombang telah menerapkan dua jenis program kegiatan secara maksimal dan dapat digunakan penulis sebagai acuan dalam melaksanakan penelitian pada program kegiatan PPG (Pendidikan Profesi Guru) dan sertifikasi. Adapula faktor yang menjadi hambatan dalam pelaksanaan program tersebut sesuai dengan hasil penelitian ini yakni masih terbatasnya jumlah kuota ditiap-tiap program kegiatan tersebut dan juga masih adanya miss communication antara pihak penyelenggara dengan juga peserta program. Namun masih adanya upaya yang dilakukan oleh pihak Kementerian Agama Kabupaten Jombang untuk mengatasi tantangan yang ada yakni dengan dilakukan sosialisasi dan motivasi kepada seluruh guru madrasah akan pentingnya untuk mengikuti program ini dan sabar untuk menunggu. Saran yang diberikan penulis adalah pemerintah seharusnya lebih memberikan perhatian khusus dengan cara menambah jumlah kuota tiap program dan penyebarluasan informasi-informasi pelaksanaan program profesionalisme ini pada seluruh guru madrasah di Kabupaten Jombang.

English Abstract

Education in Indonesia is an importanat element in national development. The government has the responsibility to organize education and carry out educational equity for the whole community. There are two formal education in Indonesia, general education and madrasah education. In Jombang, madrasah education still faces several obstacles, one of which is the lack of uniform quality of madrasah teachers. In connection with this research, the writer wants to find out, describe and analyze how the implementation of teacher governance programs to improve the quality of madrasah teacher professionalism in Jombang. This research used a descriptive menthod wiyh a qualitative approach that focuses the problem on the implementation of governance programs to improve the professionalism of madrasah teachers. This research used interview, observation and documentation method. The data analysis model used is an interactive model consisting of data collection, data condensation, data presentation and drawing conclusions. The results showed that the implementation of the madrasah teacher governance program to improve the quality of professionalism in Jombang was appropriate with its original purpose namely the teachers get their teaching certificates based on their major. The Regional Office of the Ministry of Religion in Jombang has implemented two types of activity programs to the maximum and can be used by the writer as a reference in conduting research on PPG (Pendidikan Profesi Guru) program activities and certification. According to this research there are two factors that also become challenges in the implementation of the program. That is the limitation of quota in every program activities and also the existance of miss communication between the organizers and program participants. However, there are still efforts made by the Ministry of Religion of Jombang Regency to resolve the existing challenges namely by conducting socialization and motivation to all madrasah teachers on the importance of participating in this program and being patient to wait. The suggestion given by the writer is that the government should pay more attention by increasing the quota of each program and disseminating information on the implementation of this profesional program to all madrasah teachers in Jombang.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0520030016
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Program, Profesionalisme, Implementation, Programs, Professionalism.
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Zainul Mustofa
Date Deposited: 14 Jul 2022 08:25
Last Modified: 14 Jul 2022 08:26
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/192073
[thumbnail of 0520030016- Aisha Apriliane Putri Firdausi.pdf] Text
0520030016- Aisha Apriliane Putri Firdausi.pdf

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item