Pengaruh Tata Kelola Perusahaan, Tanggung Jawab Sosial Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan Dimediasi Leverage (Studi Pada Perusahaan Sektor Industri Barang Konsumsi Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia)

-, Yuliana and Dr. Siti Aisjah,, SE., MS., CSRS., CFP. and Risna Wijayanti,, SE, MM Ph.D., CFP (2021) Pengaruh Tata Kelola Perusahaan, Tanggung Jawab Sosial Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan Dimediasi Leverage (Studi Pada Perusahaan Sektor Industri Barang Konsumsi Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia). Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pengaruh langsung Tata Kelola Perusahaan, Tanggung Jawab Sosial Perusahaan terhadap Nilai Perusahaan, serta pengaruh tidak langsungnya yang dimediasi oleh Leverage. Penelitian ini menggunakan data sekunder perusahaan sektor industri barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia dari tahun 2016-2020, dengan jumlah sampel 15 perusahaan menggunakan purposive sampling diperoleh 75 observasi. Data diperoleh dari laporan keuangan tahunan. Teknik analisis data menggunakan Path Analysis dengan bantuan software SPSS versi 20. Hasil penelitian membuktikan secara empiris bahwa tata kelola perusahaan berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan , dan leverage. Leverage dan tanggung jawab sosial perusahaan berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan. Leverage memediasi (partial mediation) pengaruh tata kelola perusahaan terhadap nilai perusahaan.

English Abstract

The objective of this research is to identify the direct effects of corporate governance and corporate social responsibility on firm value and their indirect effects with the mediation of leverage. This study uses secondary data in forms of the annual financial report of consumer goods companies listed in the Indonesia Stock Exchange in the period of 2016-2020. Using purposive sampling technique, fifteen companies were selected as the sample, resulting in 75 observations. The results of the path analysis performed in SPSS 20 empirically indicate that corporate governance significantly affects firm value and leverage, that leverage and corporate social responsibility significantly influences firm value, and that leverage partially mediates the effect of corporate governance on firm value

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: 0421020034
Uncontrolled Keywords: Tata Kelola Perusahaan, Leverage, Tanggung Jawab SosialPerusahaan, Nilai Perusahaan, corporate governance, leverage, corporate social responsibility, firm value
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: S2/S3 > Magister Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 14 Jul 2022 02:35
Last Modified: 24 Sep 2024 08:07
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/192048
[thumbnail of Yuli Ana.pdf] Text
Yuli Ana.pdf

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item