Pengaruh Persepsi Nilai Digital Terhadap Niat Penggunaan Kontinu Melalui Kepuasan Pengalaman Sebagai Variabel Mediasi Dan Demografi Sebagai Variabel Moderasi (Studi Pada Pengguna M-Payment Di Dki Jakarta)

Putra, Ratyuhono Linggarnusantra and Prof. Dr. Ors. Margono,, SU. and Ananda Sabil Hussein,, SE., M.Com., Ph.D. and Dr. Ors. Agung Yuniarinto,, MS. (2022) Pengaruh Persepsi Nilai Digital Terhadap Niat Penggunaan Kontinu Melalui Kepuasan Pengalaman Sebagai Variabel Mediasi Dan Demografi Sebagai Variabel Moderasi (Studi Pada Pengguna M-Payment Di Dki Jakarta). Doktor thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Perubahan perilaku konsumen dalam mengkonsumsi produk ataupun jasa adalah hal yang umum terjadi seiring dengan perkembangan waktu, salah satunya adalah pada proses transaksi pembayaran di mana saat ini kita mengenal adanya teknologi Mobile Payment (M-Payment). Diterimanya teknologi ini dengan baik oleh masyarakat membuat banyak pihak berpartisipasi menjadi penyedia layanan M-Payment yang akhirnya membuat masyarakat dihadapkan pada berbagai pilihan. Keberadaan pengguna yang menggunakan secara kontinu adalah hal kritikal bagi keberlangsungan bisnis jangka panjang. Kondisi tersebut mendorong penelitian ini untuk mencari tahu preferensi pengguna M-Payment hingga ke tingkat kategori demografi agar strategi penyedia layanan M-Payment lebih akurat dan sesuai dengan segmen yang dituju. Peneliti juga melakukan kajian untuk mengembangkan konsep persepsi nilai pada aplikasinya di produk intangible, termasuk digital atau teknologi, yang memungkinkan timbulnya persepsi nilai yang berbeda. Penelitian dilakukan dalam dua tahap, yaitu studi eksploratori untuk mengeksplor pengembangan konsep persepsi nilai dan studi eksplanatori untuk melihat hubungan antar variabel penelitian. Studi eksploratori dilakukan dengan melibatkan 18 peserta yang terbagi dalam 3 sesi FGD. Data kuantitatif didapatkan melalui perpaduan antara survei online dan langsung kepada pengguna M- Payment yang sehari-hari berkegiatan di DKI Jakarta dengan jumlah responden sebanyak 451 diambil secara purposive sampling. Data yang didapatkan diolah menggunakan metode SEM-PLS. Hasil penelitian menunjukkan ditemukannya konsep persepsi nilai digital yang merupakan pengembangan dari konsep persepsi nilai, di mana terdapat 6 dimensi yang terkonfirmasi menjadi dimensi dari konsep ini, dan sekaligus menyatakan adanya pengaruh signifikan dari persepsi nilai digital terhadap niat penggunaan kontinu, persepsi nilai digital terhadap kepuasan pengalaman, dan kepuasan pengalaman terhadap niat penggunaan kontinu. Hasil penelitian juga menunjukkan peran signifikan dari kepuasan pengalaman sebagai mediasi antara persepsi nilai digital dan niat penggunaan kontinu, serta peran moderasi yang signifikan dari jenis kelamin, status pernikahan, dan beberapa hubungan saja pada usia, sedangkan kelas ekonomi ditemukan tidak signifikan perannya sebagai moderasi di seluruh hubungan antar variabel.

English Abstract

Changes in consumer behavior in consuming products and services is increasingly common. It occurs in, one of which, payment transaction process, as people nowadays are familiar with mobile payment (m-payment) technology. People’s acceptance to this technology has made numerous parties become m- payment service provider, so they are now faced to many choices. The fact that there are people who use the service continuously is critical for long-term business sustainability. Therefore, this research tries to identify the preference of m-payment users until demography category level so that the providers have a higher accuracy in terms of targeted segment. Furthermore, this study also develops the concept of value perceptions in the applications in intangible products, including digital and technology, that can create different perceptions of values. This study was done in two stages; an exploratory research to explore the concept development of perceived value and the one to see the relationship between research variables. The exploratory research involved eighteen participants, divided into three sessions of Focused Group Discussion. The quantitative data were obtained from the combination of online and direct surveys to 451 m-payment users whose daily activities take place in the Capital Region of Jakarta, selected through purposive sampling. The acquired data were processed using SEM-PLS. This study finds the concept of perceived digital value, which is the extension of perceived value concept. There are six dimensions confirmed to be the dimensions of this concept; all of which indicate the significant effect of perceived digital value and experiential satisfaction on continuous intention to use. This research also finds the significant role of experiential satisfaction in mediating the effect of perceived digital value on continuous intention to use. Significant moderation roles of gender, marital status, and some relationships in age are also found to be significant, and the moderation of economic class in the relationship between variables is insignificant

Item Type: Thesis (Doktor)
Identification Number: 0622020006
Uncontrolled Keywords: Persepsi nilai, kepuasan pengalaman, niat penggunaan kontinu, mobile payment, demograf, perceived value, experiential satisfaction, continuous intention to use, mobile payment, demography
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: S2/S3 > Doktor Ilmu Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 12 Jul 2022 07:19
Last Modified: 12 Jul 2022 07:19
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/191951
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
RATYUHONO LINGGARNUSANTRA PUTRA.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2024.

Download (7MB)

Actions (login required)

View Item View Item