Pengaruh Brand Experience Terhadap Brand Loyalty Yang Dimediasi Customer Satisfaction Dan Brand Trust (Studi Pada Pelanggan Mobil Merek Toyota Di Madiun

Wijaya, Putra Cahya and Ananda Sabil Hussein,, SE., Mcom., Ph.D., CMA and Dr. Drs. Agung Yuniarinto,, MS., CMA (2022) Pengaruh Brand Experience Terhadap Brand Loyalty Yang Dimediasi Customer Satisfaction Dan Brand Trust (Studi Pada Pelanggan Mobil Merek Toyota Di Madiun. Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kajian mengenai brand experience dan pengaruhnya terhadap brand loyalty terus berkembang untuk memperoleh informasi yang relevan tentang hubungan antara keduanya. Industri otomotif merupakan salah satu sektor andalan pertumbuhan ekonomi nasional di Indonesia dan kinerja sektor industri otomotif ini selalu tumbuh dan mengarah kearah positif setiap tahunnya membuat persaingan bisnis menjadi dinamis dan kompetitif, Pemasar dibidang industri otomotif perlu berupaya meningkatkan brand loyalty untuk mendapatkan repurchase intention pelanggan dan word of mouth. Repurchase intention pelanggan merupakan hal yang sangat penting bagi kelangsungan usaha pada setiap perusahaan dan word of mouth sebagai strategi pemasaran yang ampuh untuk meningkatkan brand trust yang berdampak pada peningkatan penjualan. Customer satisfaction merupakan aspek yang dapat menciptakan repurchase intention, sedangkan brand trust akan meningkatkan word of mouth pelanggan. Strategi yang tepat untuk mencapai customer satisfaction dan brand trust yaitu menciptakan brand experience positif bagi pelanggan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh brand experience terhadap brand loyalty secara langsung dan tidak langsung melalui customer satisfaction dan brand trust pada pelanggan mobil merek toyota di Madiun. Jenis pendekatan penelitian ini menggunakan analisis deskripsi kuantitatif dengan metode penelitian explanatory research dan teknik sampel menggunakan random sampling, dengan jumlah sampel sebanyak 200 responden dan penentuan jumlah sampel pada penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner dan data dianalisis dengan SEM-PLS dengan menggunakan software smartPLS3. Hasil temuan penelitian ini menunjukkan bahwa brand experience tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap brand loyalty secara langsung. Sementara customer satisfaction dan brand trust mampu dengan sempurna memediasi hubungan antara brand experience terhadap brand loyalty

English Abstract

Studies concerning brand experience and its effect on brand loyalty continue to develop in order to obtain relevant information about the relationship between the two. Automotive industry is one of the key sectors for Indonesia’s national economy. The performance of this industry grows positively every year, creating a dynamic competition. Marketers in this industry needs to increase their customers’ brand loyalty to benefit more from repurchase intention and word of mouth. Repurchase intention is crucial for the sustainability of any company, and word of mouth is an effective marketing strategy to increase brand trust, which eventually increases sales. Customer satisfaction is an aspect that can create repurchase intention, while brand trust increases word of mouth. The appropriate strategy to attain customer satisfaction and brand trust is creating a positive brand experience from customers. The objective of this explanatory research is to identify the effect of brand experience on the brand loyalty of Toyota users in Madiun both directly and indirectly through customer satisfaction and brand trust. Using purposive sampling of random sampling method, 200 people were selected as the respondents, to whom questionnaires were distributed to harvest the data. Using SEM-PLS in SmartPLS 3, This descriptive quantitative research fonds that brand experience does not significantly influence brand loyalty and that customer satisfaction and brand trust fully mediates the effect of brand experience on brand loyalty

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: 0422020010
Uncontrolled Keywords: Brand experience, brand loyalty, customer satisfaction, brand trust, brand experience, brand loyalty, customer satisfaction, brand trus
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: S2/S3 > Magister Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 12 Jul 2022 06:42
Last Modified: 12 Jul 2022 06:42
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/191942
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Putra cahya wijaya.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2024.

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item