Fadhlurrahman, Muhammad Rafii’ and Drs. Sunaryo,, M.Si., Ph.D, CMA (2022) Pengaruh Electronic Word Of Mouth (Ewom) Terhadap Loyalitas Konsumen Yang Dimediasi Oleh Brand Image Dan Trust (Studi Pada Pengguna Tokopedia Di Kota Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Salah satu pemanfaatan media internet dalam aplikasi bisnis yaitu electronic commerce (e-commerce) atau sering juga sering disebut perdagangan elektronik. Salah satu e-commerce paling banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia adalah Tokopedia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh electronic word of mouth terhadap loyalitas konsumen yang dimediasi oleh brand image dan trust pada pengguna Tokopedia. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah explanatory research. Penelitian ini menggunakan 100 sampel, sampel tersebut merupakan pengguna Tokopedia di Kota Malang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik sampling non-probability sampling yaitu purposive sampling. Teknik analisis data menggunakan SmartPLS 3.3. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa electronic word of mouth memiliki pengaruh positif dan signifikan langsung terhadap loyalitas konsumen, brand image, dan trust. Brand image dan trust memiliki pengaruh positif dan signifikan langsung terhadap loyalitas konsumen. Brand image dan trust memiliki pengaruh positif dan signifikan tidak langsung dalam memoderasi electronic word of mouth terhadap loyalitas konsumen.
English Abstract
One of the uses of internet media in business applications is electronic commerce (e-commerce) or often also called electronic commerce. One of most used e-commerce by the Indonesian people is Tokopedia. This study aims to determine the effect of electronic word of mouth on consumer loyalty mediated by brand image and trust in Tokopedia users. The type of research used in this research is explanatory research. This study uses 100 samples, the sample is Tokopedia users in Malang City. The sampling technique used is a non-probability sampling technique , namely purposive sampling. Data analysis technique using SmartPLS 3.3. The results of this study indicate that electronic word of mouth has a direct positive and significant effect on consumer loyalty, brand image, and trust. Brand image and trust have a direct positive and significant influence on consumer loyalty. Brand image and trust have a positive and significant indirect influence in moderating electronic word of mouth on consumer loyalty.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 0522020023 |
Uncontrolled Keywords: | Electronic Word of Mouth, Brand Image, Trust, Loyalitas Konsumen, Electronic Word of Mouth, Brand Image, Trust, Consumer Loyalty |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen |
Depositing User: | Nur Cholis |
Date Deposited: | 12 Jul 2022 03:01 |
Last Modified: | 12 Jul 2022 03:01 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/191917 |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
Muhammad Rafii' Fadhlurrahman.pdf Restricted to Registered users only until 31 December 2024. Download (4MB) |
Actions (login required)
View Item |