Hubungan Penggunaan Metode Telekonsultasi Pelayanan Kebidanan dengan Tingkat Kepuasan Klien Pada Masa Pandemi COVID-19 di Polindes Bandung Kabupaten Mojokerto.

Rohmah, Al Idha Ulatu and Mega Ulfah, SST., M.Keb and Mergy Gayatri, SST., MSc. (2022) Hubungan Penggunaan Metode Telekonsultasi Pelayanan Kebidanan dengan Tingkat Kepuasan Klien Pada Masa Pandemi COVID-19 di Polindes Bandung Kabupaten Mojokerto. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Latar Belakang: Tingginya angka kasus terkonfirmasi positif COVID-19 di Indonesia yang mencapai angka 5.986.830 orang dengan rasio kematian sebesar 0,026% atau sebanyak sebanyak 154.343 orang per 2022 memberikan dampak yang cukup besar terhadap mobilisasi masyarakat terutama di bidang kesehatan (Kemenkes RI., 2022). Dampak dari kasus COVID-19 di Indonesia mendasari pemerintah membuat suatu kebijakan yang diatur dalam Permenkes RI No. 9 Tahun 2020. Adanya layanan kesehatan berbasis dalam jaringan sangat membantu masyarakat dalam mengurangi mobilisasi untuk melakukan konsultasi kesehatan terutama dalam pelayanan kebidanan. Penggunaan metode telekonsultasi dalam pelayanan kebidanan di masa pandemi COVID-19 ini akan berdampak pada kenyamanan dan kepuasan pasien. Tujuan: Untuk mengetahui hubungan antara penggunaan metode telekonsultasi pelayanan kebidanan dengan tingkat kepuasan klien pada masa pandemi COVID-19 di Polindes Bandung Kabupaten Mojokerto. Metode: Pengkajian observasional dengan studi analitik menggunakan data statistik cross sectional. Sampel ditunjuk dengan teknik simple random sampling sebanyak 55 orang ibu di Polindes Bandung Kabupaten Mojokerto yang sesuai dengan kriteria inklusi. Diukur dengan instrumen kuesioner dan dilakukan analisis data dengan menggunakan uji chi-square. Hasil: Hasil penelitian menunjukkan 97,4% ibu merasa bahwa penggunaan metode telekonsultasi sudah sesuai dengan indikator penggunaan dan puas terhadap penggunaan metode telekonsultasi dalam pelayanan kebidanan di masa pandemi COVID-19 dengan hasil signifikansi p value 0,000. Kesimpulan: Terdapat hubungan antara penggunaan metode telekonsultasi pelayanan kebidanan dengan tingkat kepuasan klien pada masa pandemi COVID-19 di Polindes Bandung.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0522060088
Uncontrolled Keywords: Telekonsultasi, Pelayanan Kebidanan, Tingkat Kepuasan, COVID-19
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 618 Gynecology, obstetrics, pediatrics, geriatrics > 618.2 Obstetrics
Divisions: Fakultas Kedokteran > Kebidanan
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 11 Jul 2022 06:35
Last Modified: 11 Jul 2022 06:35
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/191852
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Al Idha Ulatu Rohmah.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2024.

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item