Analisis Kinerja Rantai Pasok Menggunakan Metode Data Envelopment Analysis (DEA) dengan Pendekatan Balance Scorecard (BSC) (Studi Kasus di Perum BULOG Sub Divre Malang)

Izzati, Fitrotul and Wike Agustin Prima Dania, STP., M.Eng., Ph.D. and Aunur Rofiq Mulyarto, STP., M Sc. (2020) Analisis Kinerja Rantai Pasok Menggunakan Metode Data Envelopment Analysis (DEA) dengan Pendekatan Balance Scorecard (BSC) (Studi Kasus di Perum BULOG Sub Divre Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Perusahaan Umum Badan Usaha Logistik Sub Divisi Regional Kota Malang (Perum BULOG Sub Divre Malang) merupakan perusahaan yang bertugas mendistribusikan beras ke masyarakat melalui program Raskin (Beras untuk Keluarga Miskin). Perubahan program Raskin menjadi BPNT (Bantuan Pangan Non Tunai) pada tahun 2019 memberi pengaruh signifikan pada proses bisnis perusahaan ini. Salah satunya pada implementasi rantai pasok beras yang menjadi bagian penting dalam distribusi beras. Rantai pasok pada Perum BULOG sangat penting mengingat tugasnya sebagai badan logistik yang menyalurkan beras ke konsumen. Selain itu, kinerja rantai pasok memiliki peranan penting dalam meningkatkan daya saing dengan perusahaan lain. Persaingan antar perusahaan semakin ketat, kondisi ini menunjukkan pentingnya untuk meningkatkan kinerja, tidak hanya dalam perusahaan tetapi juga pihak rantai pasok yang terkait. Tujuan dari penelitian ini menganalisis kinerja rantai pasok beras komersial di Perum BULOG Sub Divre Malang menggunakan metode DEA dengan pendekatan BSC dan memberikan usulan perbaikan kinerja rantai pasok yang sesuai dengan kondisi Perum BULOG Sub Divre Malang. Penelitian ini menggunakan Balance Scorecard (BSC) sebagai pendekatan dalam pengukuran kinerja rantai pasok. Pengukuran dilakukan menggunakan metode Data Envelopment Analysis (DEA) dengan model VRS output oriented. DEA adalah metode nonparametrik berbasis program linear untuk mengukur efisiensi suatu unit organisasi yang disebut DMU. DMU pada penelitian ini adalah Perum BULOG Sub Divre Malang dan distributor dari Perum BULOG Sub Divre Malang. Penentuan jumlah DMU dilakukan dengan metode Purposive Sampling. Penelitian ini menggunakan 17 DMU dan 12 variabel yang meliputi 8 variabel input dan 4 variabel output. Pengumpulan data dilakukan dengan cara penyebaran kuesioner, wawancara dan observasi yang dilaksanakan pada bulan Maret hingga Mei 2020 di Perum Bulog Sub Divre Malang. Analisis data dilakukan di Laboratorium MAI dan KAS Jurusan Teknologi Industri Pertanian FTP UB. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 11,76% atau 2 dari 17 Unit yang diteliti termasuk kategori inefisien yaitu DMU 4 dan DMU 6. DMU 4 perlu meningkatkan total keuntungan sebesar 12,28%, Kualitas produk dan layanan sebesar 50,85%, Pemrosesan pesanan sebesar 12,27% dan Kepuasan karyawan sebesar 67,7%. DMU 6 perlu meningkatkan total keuntungan sebesar 4,64%, Kualitas produk dan layanan sebesar 4,63%, Pemrosesan pesanan sebesar 31,67% dan Kepuasan karyawan sebesar 26,73%. Peningkatan keuntungan dapat dilakukan dengan mengurangi biaya yang dikeluarkan. Peningkatan kualitas produk dan layanan yaitu dengan cara cepat tanggap melayani pelanggan, bersikap ramah, menyediakan fasilitas seperti customer service dan menerapkan manajemen kualitas. Peningkatan pemrosesan pesanan yaitu dengan mengurangi waktu siklus pesanan pembelian. Peningkatan kepuasan karyawan dengan meningkatkan metode entri pesanan dan penggunaan teknologi informasi. Saran yang dapat diberikan peneliti yaitu apabila ingin melanjutkan penelitian ini disarankan juga menggunakan metode pengukuran kinerja lainnya atau menggabungkan dengan metode lainnya sehingga lebih banyak referensi untuk melakukan perbaikan

English Abstract

Perusahaan Umum Badan Usaha Logistik Sub Divisi Regional Kota Malang (Perum BULOG Sub Divre Malang) is a company in charge of distributing the rice to the community through Raskin (Beras Keluarga untuk Miskin). The change in the Raskin program to BPNT (Bantuan Pangan Non Tunai) in 2019 had a significant impact on the company's business processes. One of them is the implementation of the rice supply chain which is an important part of rice distribution. The supply chain at Perum BULOG is very important considering its duties as a logistics agency that distributes rice to consumers. In addition, supply chain performance has an important role in increasing competitiveness with other companies. Competition between companies is getting tighter, this condition shows the importance of improving performance, not only within the company but also related supply chain parties. The purpose of this study is to analyze the performance of the commercial rice supply chain at Perum BULOG Sub Divre Malang using the DEA method with the BSC approach and to provide suggestions for improving supply chain performance in accordance with the conditions of Perum BULOG Sub Divre Malang. This study applies a Balance Scorecard (BSC) as an approach in measuring supply chain performance. Measurements were made using the Data Envelopment Analysis (DEA) method with an output oriented VRS model. DEA is a linear program-based nonparametric method for measuring the efficiency of an organizational unit called a DMU. DMU in this research is Perum BULOG Sub Divre Malang and distributor from Perum BULOG Sub Divre Malang. The determination of the number of DMUs was carried out using the purposive sampling method. This study uses 17 DMUs and 12 variables which include 8 input variables and 4 output variables. Data collection was carried out by distributing questionnaires, interviews and observations which were carried out from March to May 2020 at Perum Bulog Sub Divre Malang. Data analysis was carried out at the MAI and KAS Laboratory of Agricultural Industrial Technology Department, FTP UB. The results showed that 11.76% or 2 of the 17 units studied were in the inefficient category, namely DMU 4 and DMU 6. DMU 4 needs to increase the total profit by 12.28%, product and service quality by 50.85%, order processing by 12.27% and employee satisfaction of 67.7%. DMU 6 needs to increase total profits by 4.64%, product and service quality by 4.63%, order processing by 31.67% and employee satisfaction by 26.73%. Increasing profits can be done by reducing costs. Improving the quality of products and services, namely by being responsive in serving customers, being friendly, providing facilities such as customer service and implementing quality management. Improved order processing by reducing the purchase order cycle time. Increase employee satisfaction by improving order entry methods and use of information technology. The suggestion that the researcher can give is that if you want to continue this research, it is recommended to also use other performance measurement methods or combine it with other methods so that more references are made to make improvements.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0520100090
Uncontrolled Keywords: BSC, DEA, Kinerja Rantai Pasok, Perum BULOG Sub Divre Malang,BSC, DEA, Perum BULOG Sub Divre Malang, Supply Chain Performance
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture > 338.16 Production efficiency
Divisions: Fakultas Teknologi Pertanian > Teknologi Industri Pertanian
Depositing User: Zainul Mustofa
Date Deposited: 08 Jul 2022 02:18
Last Modified: 08 Jul 2022 02:18
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/191727
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
0520100090 - Fitrotul Izzati.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2023.

Download (1MB)

Actions (login required)

View Item View Item