Hubungan Skor Dietary Inflammatory Index (DII) dengan Kadar High-Density Lipoprotein (HDL) dan Low-Density Lipoprotein (LDL) pada Pasien dengan Cardiovascular Disease

Zuhra, Fatimah and Prof. Dian Handayani, S.KM., M.Kes., PhD and Agustiana D.I Ventiyaningsih, S.KM., M.Biomed (2022) Hubungan Skor Dietary Inflammatory Index (DII) dengan Kadar High-Density Lipoprotein (HDL) dan Low-Density Lipoprotein (LDL) pada Pasien dengan Cardiovascular Disease. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Asupan makanan merupakan pemicu penting produksi marker inflamasi dan salah satu faktor gaya hidup dalam perkembangan penyakit kardiovaskuler. Pro-inflammatory diet merupakan diet yang memicu terbentuknya radikal bebas dan oksidan sehingga memberikan dampak terhadap peningkatan produksi marker inflamasi. Produksi marker pro-inflamasi meningkatkan derajat keparahan inflamasi dan dislipidemia yang ditandai dengan kadar HDL rendah serta LDL tinggi menyebabkan aterosklerosis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan skor DII dengan kadar HDL dan LDL pada pasien dengan cardiovascular disease. Penelitian ini menggunakan rancangan cross sectional dengan sampel penelitian berjumlah 73 responden. Penelitian ini menggunakan asupan makan dengan metode SQ-FFQ 3 bulan terakhir, antropometri, serta kadar HDL dan LDL. Perhitungan skor DII menggunakan rumus yang dikembangkan oleh Shivappa dengan menggunakan parameter makanan dan zat gizi. Hasil uji korelasi pearson menunjukkan tidak terdapat hubungan yang signifikan antara skor DII dengan kadar HDL (r= 0.070; p= 0.554) dan LDL (r= -0.211; p= 0.073). Asupan responden yang rendah dan parameter zat gizi yang tidak dinilai secara lengkap menyebabkan bias pada hasil perhitungan skor DII total. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa tidak terdapat hubungan yang signifikan antara skor DII dengan kadar HDL dan LDL pada pasien dengan penyakit kardiovaskuler.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0522060067
Uncontrolled Keywords: DII, HDL, LDL, asupan makan
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 613 Personal health and safety
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Ilmu Gizi, Fakultas Ilmu Kesehatan
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 07 Jul 2022 07:49
Last Modified: 07 Jul 2022 07:50
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/191709
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Fatimah Zuhra.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2024.

Download (4MB)

Actions (login required)

View Item View Item