Peningkatan Kualitas Produk dan Layanan Dengan Metode Importance Performance Analysis (IPA) dan Quality Function Deployment (QFD) (Studi Kasus di Kedai Kopi Pisan Malang)

Manullang, Falentina Frecillia and Prof. Dr. Ir. Imam Santoso, MP and Dhita Morita Ikasari, STP, MP (2020) Peningkatan Kualitas Produk dan Layanan Dengan Metode Importance Performance Analysis (IPA) dan Quality Function Deployment (QFD) (Studi Kasus di Kedai Kopi Pisan Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kota Malang merupakan salah satu kota terbesar di provinsi Jawa Timur dengan jumlah penduduk setiap tahun mengalami pertambahan sebesar 0,31%. Peningkatan jumlah penduduk menjadi peluang bisnis yang menjanjikan terutama pada bisnis dibidang kuliner. Kedai Kopi Pisan merupakan salah satu kedai kopi yang berdiri di kota Malang. Kedai Kopi Pisan terletak di Jalan Brigdjen Slamet Riadi, Malang. Pada tahun 2018, Asosiasi Pengusaha Kedai Kopi dan Restaurant Indonesia (APKRINDO) Jawa Timur mencatat adanya pertumbuhan Kedai Kopi dan Restoran sebanyak 20%, meningkatnya jumlah kedai kopi di Kota Malang dapat menjadi salah satu ancaman bagi Kedai Kopi Pisan karena dapat meningkatkan intensitas persaingan antar pelaku usaha. Kedai Kopi Pisan perlu mengetahui persepsi konsumen terhadap kualitas produk dan layanan yang diminati sehingga dapat memahami keinginan konsumen dan menghasilkan produk dan layanan yang sesuai dengan keinginan konsumen. Penelitian ini menggunakan metode Importance Performance Analysis (IPA) dan Quality Function Deployment (QFD). Pengisian kuesioner terhadap 134 responden yang pernah mengkonsumsi produk Kedai Kopi Pisan dan 1 orang responden ahli yang merupakan Pihak Kedai Kopi Pisan. Atribut yang digunakan sebanyak 22 atribut. Tujuan dari Penelitian ini adalah menganalisis atribut Kedai Kopi Pisan yang paling dipentingkan konsumen dan berpengaruh terhadap kepuasan konsumen dengan menggunakan metode IPA serta menganalisis atribut Kedai Kopi Pisan yang perlu dilakukan perbaikan untuk meningkatkan Kualitas produk dan layanan dengan menggunakan metode QFD.

English Abstract

Malang is one of the largest cities in the province of East Java with a population of 0.31% each year. The increase in population is a promising business opportunity, especially in the culinary business. Kedai Kopi Pisan is a coffee shop that is located in the city of Malang. Kedai Kopi Pisan located on Jalan Brigdjen Slamet Riadi, Malang. In 2018, the Association of Indonesian Coffee Shop and Restaurant Entrepreneurs (APKRINDO) in East Java recorded a 20% growth in coffee shops and restaurants, the increase in the number of coffee shops in Malang City could be one of the threats to the Kedai Kopi Pisan because it can increase the intensity of competition between actors. effort. Kedai Kopi Pisan need to know consumer perceptions of the quality of products and services that are of interest so that they can understand consumer desires and produce products and services in accordance with consumer desires. This research uses methods Importance Performance Analysis (IPA) and Quality Function Deployment (QFD). Filling out a questionnaire to 134 respondents who have consumed Kedai Kopi Pisan products and 1 expert respondent who is the Part of Kedai Kopi Pisan. There are 22 attributes used. The purpose of this study is to analyze the attributes of Kedai Kopi Pisan which are most concerned with consumers and affect customer satisfaction by using the IPA method and to analyze the attributes of Kedai Kopi Pisan which can be improved to improve the quality of products and services using the QFD method.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0520100083
Uncontrolled Keywords: Kedai Kopi Pisan, IPA, QFD.
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture > 338.16 Production efficiency
Divisions: Fakultas Teknologi Pertanian > Teknologi Industri Pertanian
Depositing User: Zainul Mustofa
Date Deposited: 07 Jul 2022 04:31
Last Modified: 07 Jul 2022 04:31
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/191697
[thumbnail of DALAM  MASA  EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
0520100083 - Falentina Frecillia Manullang.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2023.

Download (6MB)

Actions (login required)

View Item View Item