Peranan Khalayak Sebagai Sasaran Aktivitas Pemasaran Sepeda Motor Honda Beat Di Jakarta

Harjanto, Rudy and Prof.Dr. Drs. Margono Setiawan, SE.,SU and Dr. Sumiati,, S.E., M.Si., C.S.R.S., C.F.P and Risna Wijayanti,, SE., MM., Ph.D., C.F.P (2019) Peranan Khalayak Sebagai Sasaran Aktivitas Pemasaran Sepeda Motor Honda Beat Di Jakarta. Doktor thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penyasaran kepada konsumen yang efektif mempengaruhi keberhasilan aktivitas pemasaran, karenanya aktivitas pemasaran ini mensyaratkan kemampuan untuk melakukan identifikasi profil kelompok pembeli yang tepat. Jika seseorang mengambil peran, maka tekanan normatif akan memberi pengaruh terhadap dirinya untuk bertindak dengan cara tertentu. Penelitian ini menggunakan pendekatan interpretasi berdasarkan pola pemikiran induktif dengan memanfaatkan paradigma fenomenologis, dengan pendekatan kualitatif. Proses keputusan pembelian sepeda motor adalah proses pengambilan keputusan yang multi peran, semua peran berfungsi yang memungkinkan terjadinya pembelian. Dalam sebuah keluarga sebagai satuan terkecil dalam masyarakat sebagai akibatdari hubungan darah dan pernikahan. Setiap anggota dalam keluarga memainkanperan yang sangat penting dalam pembelian sepeda motor. Seperti halnya pembelian produk yang bermanfaat bagi banyak orang, setiap anggota keluarga mengambil peran yang berbeda. Para pelajar, mahasiswa, dan ibu rumah tangga adalah layak untuk untuk dijadikan khalayak sasaran, karena mereka adalah pembeli potensial, mampu memanfaatkan produk, dapat dijangkau oleh aktivitas komunikasi pemasaran, meskipun tidak memiliki kemampuan finansial sebagai pembeli. Mereka mampu meyakinan pengambil keputusan yang berperan sebagaipembeli, sehingga proses pembelian dapat terjadi. Semua berbeda dalam peran namun menjadi satu kesatuan dalam proses pembelian sepeda motor

English Abstract

Effective targeting of consumers influences the success of marketing activities. Marketing activity requires the ability to identify the right profile group of buyers. If someone takes a certain role, the normative pressure will influence consumers to act in a certain way. This study uses an interpretive approach based on inductive patterns by utilizing the phenomenological paradigm, with a qualitative approach. The process of buying a motorcycle is a multi-role decision-making process, all of the roles that make it possible to buy. In a family, as the smallest unit in society, as a result of blood relations and marriage, every member in the family plays a very important role in buying a motorcycle in which each family member takes on a different role. Students and housewives are eligible to be used as target audiences, because they are potential buyers who are able to use products. They can be reached by marketing communication activities, even though they do not have the financial ability as buyers. They can also be perceived as decision makers who act as buyers leading purchasing process can occur. All are different in roles but united as one in the process of buying a motorcycle

Item Type: Thesis (Doktor)
Identification Number: 0619020001
Uncontrolled Keywords: peran pembelian, khalayak sasaran, pasar sasaran, buying roles, target audience, target market
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: S2/S3 > Doktor Ilmu Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 07 Jul 2022 02:33
Last Modified: 07 Jul 2022 02:33
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/191672
[thumbnail of YETI RACHMA PURWANDARI.pdf] Text
YETI RACHMA PURWANDARI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Actions (login required)

View Item View Item