Uji Kausalitas Toda-Yamamoto Antara Indeks Pembangunan Manusia, Dana Otonomi Khusus, Belanja Kesehatan, Dan Belanja Pendidikan Di Provinsi Papua Tahun 2002-2018

Prabowo, Yeremia and Nugroho Suryo Bintoro,, SE., M.Ec.Dev. Ph.D (2021) Uji Kausalitas Toda-Yamamoto Antara Indeks Pembangunan Manusia, Dana Otonomi Khusus, Belanja Kesehatan, Dan Belanja Pendidikan Di Provinsi Papua Tahun 2002-2018. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kausalitas antara variabel Indeks Pembangunan Manusia (IPM), dana otonomi khusus, belanja kesehatan, dan belanja pendidikan di Provinsi Papua. Hal ini dipicu oleh pemberian dana otonomi khusus kepada Provinsi Papua yang terus meningkat, sementara kualitas sumberdaya manusia yang dimiliki oleh Provinsi Papua yang diproksikan dengan IPM masih berada pada kategori sedang dalam klasifikasi IPM. Sementara itu belanja kesehatan dan belanja pendidikan merupakan fokus penggunaan dana otonomi khusus dan selanjutnya digunakan sebagai indikator untuk mengukur IPM di suatu wilayah. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan metode uji kausalitas Toda-Yamamoto. Hasil penelitian menghasilkan temuan bahwa terdapat dua bidirectional causality yaitu antara IPM dan belanja pendidikan dan antara belanja kesehatan dan belanja pendidikan. Selanjutnya, ditemukan unidirectional causality yaitu belanja pendidikan terhadap dana otonomi khusus.

English Abstract

-

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0521020412
Uncontrolled Keywords: IPM, Otonomi Khusus, Belanja Kesehatan, Belanja Pendidikan, Uji Kausalitas Toda-Yamamoto
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 07 Jul 2022 02:21
Last Modified: 07 Jul 2022 02:21
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/191669
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Yeremia Prabowo.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2023.

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item