Perencanaan Strategi Pemasaran Menggunakan Analisis SWOT dan Metode Quantitative Strategic Planning Matrix (Studi Kasus di Coffee Shop L’Albero Malang)

Perwitasari, Devi and Dr. Panji Deoranto, STP. MP. and Riska Septifani, STP, MP. (2020) Perencanaan Strategi Pemasaran Menggunakan Analisis SWOT dan Metode Quantitative Strategic Planning Matrix (Studi Kasus di Coffee Shop L’Albero Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Coffee Shop L’ Albero Malang merupakan cafe yang menjual berbagai macam varian minuman kopi dan memiliki beberapa menu makanan. Kegiatan pemasaran yang dilakukan oleh Coffee Shop L’ Albero Malang masih memerlukan adanya perbaikan dan pengembangan. Adanya pesaing sejenis dan munculnya pendatang baru menjadi suatu ancaman dan tantangan bagi Coffee Shop L’ Albero Malang. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis posisi Coffee Shop L’ Albero Malang saat ini, untuk mendapatkan prioritas strategi pemasaran yang tepat dan dapat diterapkan untuk Coffee Shop L’ Albero Malang. Penelitian ini menggunakan metode SWOT (Strength, Weakness, Opportunity, Threat) dan Metode QSPM (Quantitive Srategic Planning Matrix) untuk mengevaluasi pilihan alternatif secara objektif, menetapkan daya tarik relatif dan menetapkan strategi yang tepat dan dapat diterapkan di Coffee Shop L’Albero Malang. Responden yang digunakan yaitu berasal dari pihak manajemen perusahaan (owner, manajer pemasaran, dan manajer operasional) dan dari konsumen sebanyak 50 responden. Faktor internal yang digunakan pada penelitian ini meliputi variabel pemasaran (product, price, place, promotion, process, person, phisical evidence). Pada faktor eksternal meliputi variabel lokasi, pelanggan, pemasok, pesaing, dan adanya ancaman pendatang baru. Berdasarkan hasil penelitian, menunjukkan pada faktor internal kekuatan Coffee Shop L’Albero Malang didapatkan hasil yaitu kemasan yang ramah lingkungan dan hasil pada faktor internal kelemahan yaitu karyawan yang belum berpengalaman dan lokasi yang cukup jauh dari pusat coffee shop di Kota Malang. Posisi Coffee Shop L’Albero Malang pada matriks internal eksternal berada pada kuadran I yaitu grow and build dengan nilai 3,77 (IFE) dan 3,42 (EFE). Strategi yang dapat diterapkan yaitu intensif dan integratif. Berdasarkan matriks SWOT didapatkan 8 strategi alternatif. Strategi tersebut kemudian diolah menggunakan matriks QSPM dan dapatkan urutan prioritas strategi berdasarkan Total Attractive Score yaitu bekerjasama dengan layanan pesan antar online (7,552), mempertahankan kualitas produk dan layanan (7,552) dan membuka cabang baru (7,172)

English Abstract

L’Albero Malang Coffee Shop is a café that sells various variants of coffee drinks and has several food menu’s. Marketing activities carried out by L’Albero Malang Coffee Shop needs improvement and development. Similar competitors and the emergence of new entrants become a threat and challenge for L’Albero Malang Coffee Shop. The purpose of this study is to analyze the marketing position of L’Albero Malang Coffee Shop on the internal external matrix and get priority marketing strategies that are appropriate and can be applied to L’Albero Malang Coffee Shop. In this study uses the SWOT method (Strength, Weakness, Opportunity, Threat) and the QSPM (Quantitive Strategic Planning Matrix) method is used evaluated objectively alternative options, determine the relative attractiveness and establish an appropriate and applicable strategy at the Coffee Shop L'Albero Malang. Respondents used were company management (owners, marketing managers, and operational managers) and 50 respondents from constumers. Internal factors used in this study include marketing variables (product, price, place, promotion, process, people, physical evidence). On the external factors include variables location, customers, suppliers, competitors, and the threat of new entrants. Based on the research result, show the internal factors of strength of Coffee Shop L'Albero Malang that is obtained environmentally friendly packaging and the results on internal factors of weakness, is inexperienced employees and a location that is so far from the center of the coffee shop in Malang City. Position of Coffee Shop L'Albero Malang on an external internal matrix are in the quadrant I that grow and build with a score 3,77 (IFE) and 3,42 (EFE). Strategy that can be applied to an intensive and integrative strategy. Based on the SWOT matrix it was found a 8 alternatif strategies. The strategy was then processed with the QSPM matrix and it was found the priority order of strategies based on cooperate with online service, maintaining the quality of product and service (7,552), and open new branch (7,172)

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0520100069
Uncontrolled Keywords: Coffee Shop L’Albero Malang, Pemasaran, L’Albero Malang Coffee Shop, Marketing
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture > 338.16 Production efficiency
Divisions: Fakultas Teknologi Pertanian > Teknologi Industri Pertanian
Depositing User: Zainul Mustofa
Date Deposited: 06 Jul 2022 07:04
Last Modified: 06 Jul 2022 07:04
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/191645
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
0520100069 - Devi Perwitasari.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2023.

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item