Pengaruh Manajemen Laba Dan Media Exposure Terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility Dengan Corporate Governance Sebagai Variabel Moderasi

Rahayu, Run and Prof. Drs. Gugus Irianto,, MSA., Ph.D., Ak and Dr. Arum Prastiwi,, SE., M.Si., Ak (2021) Pengaruh Manajemen Laba Dan Media Exposure Terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility Dengan Corporate Governance Sebagai Variabel Moderasi. Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh manajemen laba dan media exposure terhadap pengungkapan corporate social responsibility yang dimoderasi oleh corporate governance. Penelitian ini menggunakan data sekunder pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode lima tahun dari tahun 2016 sampai dengan tahun 2020. Pemilihan sampel menggunakan metode purposive sampling, sehingga diperoleh total 67 observasi yang memenuhi kriteria yang ditetapkan. Pengujian dilakukan dengan menggunakan uji regresi linier berganda dan moderated regression analysis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa manajemen laba dan media exposure dapat meningkatkan pengungkapan corporate social responsibility. Manajer yang melakukan manajemen laba akan mengungkapkan lebih banyak informasi tentang aktivitas CSR untuk memuaskan stakeholder dan mengalihkan perhatian serta pengawasan stakeholder. Selain itu, media exposure yang tinggi juga akan mendorong perusahaan untuk mengungkapkan informasi terkait CSR secara lebih luas. Paparan dari media akan mempengaruhi pandangan masyarakat terhadap perusahaan, sehingga pengungkapan CSR menjadi sinyal baik yang digunakan oleh perusahaan untuk merespon paparan lingkungan sosial tersebut. Selanjutnya, dewan komisaris, komisaris independen dan komite audit tidak dapat memperlemah pengaruh manajemen laba terhadap pengungkapan corporate social responsibility. Sedangkan dewan komisaris dan komite audit ditemukan dapat memperkuat pengaruh media exposure terhadap pengungkapan corporate social responsibility. Hasil ini mendukung teori agensi bahwa kehadiran dewan komisaris dan komite audit dapat mendorong perusahaan untuk mengungkapkan informasi-informasi yang bersifat sukarela seperti pengungkapan CSR. Namun, komisaris independen tidak dapat memperkuat pengaruh media exposure terhadap pengungkapan corporate social responsibility.

English Abstract

This study aims to determine and analyze the effect of earnings management and media exposure on the disclosure of corporate social responsibility moderated by corporate governance. This study uses secondary data on manufacturing companies listed on the Indonesia Stock Exchange for a five-year period from 2016 to 2020. The sample selection used the purposive sampling method, so that a total of 67 observations were obtained that met the specified criteria. The test was carried out using multiple linear regression and moderated regression analysis. The results of this study indicate that earnings management and media exposure can increase the disclosure of corporate social responsibility. Managers who carry out earnings management will disclose more information about CSR activities to satisfy stakeholders and distract and supervise stakeholders. In addition, high media exposure will also encourage companies to disclose information related to CSR more broadly. Exposure from the media will affect the public's view of the company, so that CSR disclosure is a good signal used by companies to respond to exposure to the social environment. Furthermore, the board of commissioners, independent commissioners and audit committees cannot weaken the influence of earnings management on the disclosure of corporate social responsibility. Meanwhile, the board of commissioners and audit committee were found to be able to strengthen the influence of media exposure on the disclosure of corporate social responsibility. These results support the agency theory that the presence of the board of commissioners and audit committee can encourage companies to disclose voluntary information such as CSR disclosures. However, independent commissioners cannot strengthen the influence of media exposure on the disclosure of corporate social responsibility

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: 0421020020
Uncontrolled Keywords: Manajemen Laba, Media Exposure, Pengungkapan corporate social responsibility, Corporate Governance, Earnings Management, Media Exposure, Corporate Social Responsibility Disclosure, Corporate Governance
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 657 Accounting
Divisions: S2/S3 > Magister Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 05 Jul 2022 02:54
Last Modified: 05 Jul 2022 02:54
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/191542
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Ruri Rahayu.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2023.

Download (4MB)

Actions (login required)

View Item View Item