Puteri, Varent Adelina and Dr. Dra. ASMIKA, SKM, M. Kes and MEGA ULFAH, S. ST., M.Keb (2022) Hubungan Metode Pembelajaran dari Rumah Terhadap Perkembangan Anak Prasekolah Selama Pandemi COVID-19 di TK Dharma Wanita 81 Banjarsari. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Pandemi COVID-19 berdampak pada pembatasan pembelajaran di sekolah dan berimbas pada anak di usia prasekolah. Anak-anak perlu mendapatkan stimulasi seperti aktivitas fisik, belajar bahasa, bermain dan bersosialisasi. Pembelajaran dari rumah dapat membatasi stimulasi anak. Hal ini dapat menyebabkan masalah kesehatan fisik dan mental seperti penambahan berat badan, stres, frustasi, kebosanan dan kurangnya kontak dengan orang lain. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan metode pembelajaran dari rumah terhadap perkembangan anak prasekolah selama pandemi COVID-19 di TK Dharma Wanita 81 Banjarsari. Penelitian berdasarkan observasi analitik dengan pendekatan cross-sectional pada 40 anak dengan menggunakan instrumen DDST II dan diuji dengan Chi-square. Hasil penelitian menunjukkan perkembangan personal sosial kategori suspect pada anak yang mengikuti pembelajaran di rumah (54.5%) lebih tinggi dari anak yang belajar di sekolah (22.2%) dengan P value 0.038. Perkembangan motorik halus kategori suspect pada anak yang mengikuti pembelajaran di rumah (45.5%) lebih tinggi dari anak yang belajar di sekolah (11.1%) dengan P value 0.018.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 0522060034 |
Uncontrolled Keywords: | Perkembangan, Anak Prasekolah, COVID-19 |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 618 Gynecology, obstetrics, pediatrics, geriatrics > 618.2 Obstetrics |
Divisions: | Fakultas Kedokteran > Kebidanan |
Depositing User: | Budi Wahyono Wahyono |
Date Deposited: | 04 Jul 2022 07:11 |
Last Modified: | 04 Jul 2022 07:11 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/191474 |
![]() |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
Varent Adelina Puteri.pdf Restricted to Registered users only until 31 December 2024. Download (2MB) |
Actions (login required)
![]() |
View Item |