Pengaruh Ekstrak Etanolik Daun Sirih Hijau Terhadap Bacterial Load Hepar Mencit BALB/C yang Diinfeksi dengan ESBL Producing Escherichia coli

Sari, Yessy Chairani Puspita and dr. Dewi Santosaningsih, M.kes, Ph.D and Dr.dr. Irene Ratridewi, Sp.A(K)., M.Kes (2021) Pengaruh Ekstrak Etanolik Daun Sirih Hijau Terhadap Bacterial Load Hepar Mencit BALB/C yang Diinfeksi dengan ESBL Producing Escherichia coli. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Escherichea coli bertanggung jawab pada hampir semua infeksi klinis yang disebabkan oleh genus Escherichia. Tanaman sirih hijau (Piper betle Linn. ) merupakan tanaman yang memiliki khasiat antibakteri dan merupakan salah satu tanaman asli Indonesia. Pada penelitian sebelumnya pada uji in vitro aktivitas antibakteri dari daun sirih (Piper betle L.), menunjukkan bahwa dengan campuran etanol 96% bisa menghambat pertumbuhan bakteri E. coli. Namum, penelitian in vivo mengenai efek antimikroba ekstrak daun sirih hijau spesifik terhadap bacterial load pada hewan coba belum dilakukan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efek antimikroba ekstrak etanolik daun sirih hijau terhadap ESBL producing E.coli dan efek anitiinflamasi secara in vivo pada jaringan hepar mencit BALB/c. Penelitian ini bersifat eksperimental laboratoris dengan desain post test only control group. Sampel pada penelitian ini menggunakan hewan coba mencit betina strain BALB/c sebanyak 27 ekor dan disiapkan 2 ekor cadangan sehingga total mencit ada 33 ekor yang dibagi menjadi 3 kelompok intervensi (kelompok 1 kontrol positif, kelompok 2 kontrol negatif, dan kelompok perlakuan). Didapatkan p-value bacterial load yaitu 0.222 dan 0.926 pada beta koefisien infiltrasi neutrofil organ hepar. Kedua data tersebut menunjukkan adanya pengaruh pemberian ekstrak etanolik dapat menurunkan bacterial load dan juga penurunan infiltrasi neutrofil pada organ hepar.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0521060394
Uncontrolled Keywords: ESBL producing E.coli, daun sirih hijau (Piper betle L.), Antimikroba, Antiinflamasi.
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 610 Medicine and health
Divisions: Fakultas Kedokteran > Pendidikan Dokter
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 04 Jul 2022 02:32
Last Modified: 04 Jul 2022 02:32
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/191439
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Yessy Chairani Puspita Sari.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2023.

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item