Hubungan Self Efficacy dengan Keterampilan Komunikasi Interpersonal Berdasarkan Penilaian Objective Structured Clinical Examination (OSCE) Mahasiswa Kedokteran Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya Malang

Purnama, Shafira Ayu and dr. Reyhan Andika Firdausi, Sp.F and dr. Dearikha Karina M, M.Biomed (2021) Hubungan Self Efficacy dengan Keterampilan Komunikasi Interpersonal Berdasarkan Penilaian Objective Structured Clinical Examination (OSCE) Mahasiswa Kedokteran Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Komunikasi menjadi salah satu aspek kompetensi klinis yang penting dalam praktik kedokteran, terutama dalam penegakan diagnosis dan tatalaksana pasien. Komunikasi interpersonal merupakan komunikasi dalam membangun hubungan antara dokter dan pasien. Mahasiswa kedokteran sebagai calon dokter diharapkan mampu berkomunikasi interpersonal. Selain keterampilan, komunikasi juga membutuhkan adanya rasa percaya diri. Rasa percaya diri berkaitan dengan self efficacy, yaitu keyakinan dalam diri sesorang terhadap kemampuan yang dimilki dalam menghadapi suatu kondisi yang berpengaruh terhadap dirinya. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui hubungan self efficacy dengan keterampilan komunikasi interpersonal berdasarkan penilaian Objective Structured Clinical Examination (OSCE) mahasiswa kedokteran Fakultas Kedokteran Unversitas Brawijaya Malang. Penelitian ini menggunakan uji korelasional dengan pendekatan cross-sectional. Sampel penelitian diambil menggunakan teknik simple random sampling dan didapatkan jumlah sampel 142 orang. Pada penelitian ini digunakan kuesioner General Self efficacy (GSE) untuk menilai tingkat self efficacy dan juga nilai OSCE komunikasi untuk menilai keterampilan komunikasi pada mahasiswa kedokteran. Berdasarkan uji analisis univariat didapatkan hasil sebagian besar tingkat self efficacy mahasiswa berada pada kategori sedang, yaitu sejumlah 95 orang (66,9 %). Sedangkan pada tingkat keterampilan komunikasi interpersonal, didapatkan hasil sebagian besar mahasiswa memiliki keterampilan komunikasi yang tinggi, yaitu sejumlah 87 orang (61,3 %). Selain itu, berdasarkan hasil uji hipotesis menggunakan chi-square didapatkan hubungan yang signifikan antara kedua variabel dengan nilai p = 0,017 (p < 0,05). Pada penelitian ini disimpulkan bawha terdapat hubungan yang signifikan antara self efficacy dengan keterampilan komunikasi interpersonal berdasarkan penilaian OSCE mahasiswa kedokteran Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya Malang.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0421060045
Uncontrolled Keywords: self efficacy, keterampilan komunikasi interpersonal, OSCE
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 610 Medicine and health
Divisions: Fakultas Kedokteran > Pendidikan Dokter
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 01 Jul 2022 06:53
Last Modified: 30 Sep 2024 06:57
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/191409
[thumbnail of -Shafira Ayu Purnama.pdf] Text
-Shafira Ayu Purnama.pdf

Download (1MB)

Actions (login required)

View Item View Item