Efek Samping Efavirenz Terhadap Kualitas Tidur pasien HIV/AIDS Berdasarkan Pittsburgh Sleep Quality Index (PSQI)

Utami, Azizah Rachmawati Putri and dr. Niniek Budiarti, p.PD-KPTI and dr. Zamroni Afif, Sp.S (K), M.Biomed (2021) Efek Samping Efavirenz Terhadap Kualitas Tidur pasien HIV/AIDS Berdasarkan Pittsburgh Sleep Quality Index (PSQI). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

HIV merupakan suatu virus yang menginfeksi system kekebalan tubuh sehingga tubuh rentan terhadap penyakit. Obat Anti Retroviral (ARV) merupakan obat yang digunakan merupakan obat yang digunakan untuk mengatasi infeksi HIV. Salah satu ARV yang sering digunakan adalah efavirenz. Namun Konsumsi Efavirenz dapat menyebabkan efek samping salah satunya adalah gangguan tidur. Gangguan tidur sendiri dapat mengganggu kegitan sehari-hari dan menyebabkan konsekuensi jangka panjang maupun pendek. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara konsumsi efavirenz terhadap kualitas tidur dan komponennya pada pasien HIV. Penelitian ini merupakan penelitian observasional analitik dengan menggunakan rancangan cross sectional dengan besar sampel sebanyak 43 orang yang dilakukan pada bulan Juni hingga Juli 2021. Kualitas tidur dan komponennya dinilai melalui kuesioner PSQI. Melalui uji fisher’s exact, tidak ada hubungan yang bermakna antara pemakaian efavirenz dengan kualitas tidur (p=0,440). Melalui uji chi square, tidak ada hubungan yang bermakna antara pemakaian efavirenz dengan kualitas tidur subjektif (p=0,850), gangguan tidur (p=0,357), penggunaan obat tidur (p=0,787), disfungsi siang hari (p=0,908). Melalui uji korelasi pearson. tidak ada hubungan yang bermakna antara pemakaian efavirenz dengan latensi tidur (p=0,778), durasi tidur (p=0,440), efisiensi tidur harian (p=0,354). Berdasarkan hasil penelitian ini tidak didapatkan hubungan yang bermakna antara konsumsi efavirenz terhadap kualitas tidur dan komponennya pada pasien HIV.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0521060390
Uncontrolled Keywords: HIV, efavirenz, gangguan tidur, kualitas tidur, kualitas tidur subjektif, latensi tidur, durasi tidur, gangguan tidur ,efisiensi tidur harian, penggunaan obat tidur, disfungsi siang hari.
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 610 Medicine and health
Divisions: Fakultas Kedokteran > Pendidikan Dokter
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 01 Jul 2022 02:56
Last Modified: 01 Jul 2022 02:56
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/191401
[thumbnail of DALAM ASA EMBARGO] Text (DALAM ASA EMBARGO)
Azizah Rachmawati Putri Utami.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2023.

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item