Akurasi Pemeriksaan Fine Needle Aspiration Biopsy Pada Tumor Kepala Leher Dibandingkan Dengan Pemeriksaan Histopatologi Di Laboratorium Patologi Anatomi Rumah Sakit Tipe B Wava Husada Kepanjen Malang Periode Tahun 2018-2020

Farahdina, Afifah Aulia and Ddr. DiahPrabawati Retnani, Sp.PA(K). and dr. Aina Angelina, Sp.PA (2021) Akurasi Pemeriksaan Fine Needle Aspiration Biopsy Pada Tumor Kepala Leher Dibandingkan Dengan Pemeriksaan Histopatologi Di Laboratorium Patologi Anatomi Rumah Sakit Tipe B Wava Husada Kepanjen Malang Periode Tahun 2018-2020. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Tumor kepala leher adalah benjolan abnormal yang berada di regio kepala dan leher, dapat berupa neoplasma maupun non-neoplasma. Neoplasma dibagi menjadi neoplasma jinak dan neoplasma ganas. Tumor non-neoplasma dapat disebabkan oleh radang atau inflamasi maupun kista. Neoplasma ganas yang sering ditemukan pada tumor kepala leher adalah karsinoma sel skuamosa. Keganasan kepala leher dapat dipengaruhi beberapa faktor risiko seperti usia, jenis kelamin, virus HPV, tembakau, alkohol, makanan berpengawet. Pemeriksaan baku emas tumor kepala leher adalah histopatologi. FNAB (Fine Needle Aspiration Biopsy) merupakan pemeriksaan yang minimal infasif, cepat dan murah yang dapat membantu diagnosis pre operatif tumor kepala leher. Tujuan Penelitian ini adalah mengetahui sensitfitas, spesifisitas, nilai prediksi negative, nilai prediksi positif, dan akurasi pemeriksaan FNAB pada tumor kepala leher dibandingkan dengan pemeriksaan histopatologi di Laboratorium Patologi Anatomi Rumah Sakit Tipe B Wava Husada Kepanjen Malang Periode Tahun 2018-2020. Penelitian ini bersifat deskriptif analitik dan uji diagnostik dengan mengambil data sekunder berupa hasil pemeriksaan FNAB dan histopatologi. Pada penelitian ini didapatkan 32 pasien tumor kepala leher dengan pemeriksaan FNAB dilanjutkan dengan pemeriksaan histopatologi. Dibandingkan dengan pemeriksaan histopatologi sebagai baku emas, menunjukkan bahwa akurasi diagnosis FNAB adalah sebesar 96,875% dengan sensitifitas 80%, spesifisitas 100%, nilai prediksi positif 100%, nilai prediksi negatif 96,43%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah FNAB dapat digunakan sebagai sarana diagnostik tumor kepala leher yang akurat, tetapi bukan sebagai pengganti diagnosis histopatologi yang masih menjadi diagnosis pasti untuk tumor kepala leher.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0521060383
Uncontrolled Keywords: Akurasi FNAB, histopatologi, tumor kepala leher.
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 610 Medicine and health
Divisions: Fakultas Kedokteran > Pendidikan Dokter
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 30 Jun 2022 07:17
Last Modified: 11 Dec 2023 07:34
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/191369
[thumbnail of Afifah Aulia Farahdina.pdf] Text
Afifah Aulia Farahdina.pdf

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item