Analisis Pengaruh Konsentrasi Vanadat (Vo4 3-) Terhadap Pertumbuhan Dunaliella sp.

Dwittama, Mahardhiza Putra and Andi Kurniawan, S.Pi., M.Eng. (2021) Analisis Pengaruh Konsentrasi Vanadat (Vo4 3-) Terhadap Pertumbuhan Dunaliella sp. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Dunaliella sp. Termasuk alga hijau bersifat halotoleran yang diidentifikasi pertama kali oleh E. C. Teodoresco pada tahun 1905 dari danau air asin di Rumania. Dunaliella sp. juga memiliki pertumbuhan yang relatif cepat dan cukup toleran terhadap perubahan lingkungan sehingga banyak dibudidayakan dengan memanfaatkan senyawa-senyawa kimia dan beberapa modifikasi media untuk tujuan tertentu. Mikroalga banyak di budidayakan untuk memenuhi kebutuhan. Vanadat adalah salah satu senyawa kimia yang diduga dapat digunakan untuk meningkatkan pertumbuhan mikroalga seperti Dunaliella sp. Oleh karena itu, perlu dilakukan penelitian lanjutan tentang pengaruh konsentrasi Vanadat terhadap pertumbuhan pada Dunaliella sp.Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis pengaruh konsentrasi vanadat terhadap pertumbuhan Dunelailla sp dan menganalisis konsentrasi vanadat yang paling rendah bagi pertumbuhan Dunaleilla sp. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Januari - Maret 2020 yang bertempat di Laboratorium Sentral Ilmu Hayati Universitas Brawijaya, dan Laboratorium Hidrobiologi, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan. Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Rancangan Faktorial 2 Faktor terdiri dari 5 perlakuan dan 1 kontrol dengan 3 kali ulangan. Perlakuan dalam penelitian ini adalah media A (2,4 mg/l Vanadat), B (0,24 mg/l Vanadat), dan C (0,024 mg/l Vanadat) media D (0,0024 mg/l Vanadat) media E (0,001 mg/l Vanadat) serta kontrol media Walne dengan masa kultur selama 15 hari. Analisis data menggunakan uji non parametri uji Kruskal Wallis. Parameter utama dalam penelitian ini adalah pertumbuhan Dunaliella sp. Parameter penunjang yang diamati adalah suhu, salinitas dan pH. Analisis data dilakukan secara statistik menggunakan uji Kruskal Wallis dengan software SPSS Statistik 16. Hasil uji statistik menunjukkan nilai significance < 0.05 sehingga H0 ditolak atau dengan kata lain konsentrasi Vanadat yang berbeda menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan terhadap pertumbuhan Dunaliella sp. Berdasarkan uji lanjutan dengan menggunakan Uji Man Withney Perlakuan dosis Vanadat yang terendah baik untuk pertumbuhan Dunaliella sp. yaitu sebesar 0,001 mg/l.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0520080554
Uncontrolled Keywords: -
Subjects: 300 Social sciences > 333 Economics of land and energy > 333.9 Other natural resources > 333.95 Biological resources > 333.956 Fishes
Divisions: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Manajemen Sumberdaya Perairan
Depositing User: Zainul Mustofa
Date Deposited: 30 Jun 2022 07:22
Last Modified: 30 Jun 2022 07:22
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/191368
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
0520080554-Mahardhiza Putra Dwittama.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2022.

Download (35MB)

Actions (login required)

View Item View Item