Potensi Augmented Reality Sebagai Media Pendidikan Kesehatan Gigi Dan Mulut Untuk Anak Sekolah Dasar.

Sinan, M. Dante Farghani and drg. Dini Rachmawati, Sp. KGA (2020) Potensi Augmented Reality Sebagai Media Pendidikan Kesehatan Gigi Dan Mulut Untuk Anak Sekolah Dasar. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Teknologi di bidang multimedia yang sedang berkembang saat ini adalah Augmented Reality (AR). Pemanfaatan Augmented Reality sebagai media untuk edukasi anak memberikan pandangan baru terhadap media edukasi yang ada saat ini, bukan hanya menggunakan objek secara nyata tapi juga menggunakan objek berbentuk virtual dalam penyampaian informasi. AR merupakan teknologi yang menggabungkan benda maya tiga dimensi ke dalam sebuah lingkungan nyata tiga dimensi dan menampilkannya dalam waktu nyata (real time). Penelitian ini memberikan gambaran dan gagasan dari hasil literatur review tentang perkembangan sistem informasi kedokteran gigi khsusnya pemanfaatan AR sebagai media edukasi kesehatan gigi dan mulut untuk anak sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan literature review, jurnal dikumpulkan dengan menggunakan mesin pencari seperti PUBMED, Science Direct, Google Schoolar. Jurnal yang direview sebanyak 12 jurnal dan yang digunakan sebagai sumber berjumlah 31 jurnal. Penerapan AR sebagai media pendidikan kesehatan gigi dan mulut mampu meningkatkan pengetahuan anak. AR diharapkan mampu mendukung sebagai salah satu media untuk anak sekolah dasar sebagai upaya mewujudkan health promotion. Di Indonesia pemanfaatan media AR masih belum banyak di implementasikan apalagi dalam kedokteran gigi. Perlu adanya pengembangan media AR ini dalam dunia kedokteran gigi.

English Abstract

Technology in the multimedia field that is currently developing is Augmented Reality (AR). The use of Augmented Reality as a medium for children's education provides new perspective on the existing educational media, not only using real objects but also using virtual objects in the delivery of information. AR is a technology that discusses three-dimensional virtual objects into a real three-dimensional environment and displays them in real time. This study provide an overview and support of the results of a literature review on the development of dentiistry information systems specifically the use of AR as a teeth and oral health educational for elemntary children. This study uses a literature review, articles collected using search engines such as PUBMED, Science Direct, Google Schoolar. The number of journals reviewed were 12 journals and 31 journals were used as sources. The application of AR as a teeth and oral health educational medium that is able to increase children's knowledge. AR is expected to be able to support as one of the media for elementary children in an effort to realize health promotion. In Indonesia the use of AR media has not been widely implemented in dentistry. Need to develop this AR media in the world of dentistry.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0520140062
Uncontrolled Keywords: Augmented Reality, Children, Dental Health Education, dan Oral Health,Augmented Reality, Children, Dental Health Education, dan Oral Health.
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 617 Surgery, regional medicine, dentistry, ophthalmology, otology, audiology > 617.6 Dentistry
Divisions: Fakultas Kedokteran Gigi > Kedokteran Gigi
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 29 Jun 2022 02:35
Last Modified: 29 Jun 2022 02:35
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/191332
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
M. Dante Farghani Sinan.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2023.

Download (1MB)

Actions (login required)

View Item View Item