Pengaruh Penambahan Durasi Difusi Terhadap Unjuk Kerja Mesin Otto 6 Langkah

Gunawan, Chandra (2018) Pengaruh Penambahan Durasi Difusi Terhadap Unjuk Kerja Mesin Otto 6 Langkah. Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Durasi difusi udara-bahan bakar pada mesin pembakaran 4 langkah relatif singkat, yaitu 0,02 detik pada 3000 rpm sehingga pada putaran tinggi tingkat homogenitas campuran udara-bahan bakar menjadi rendah. Penambahan langkah-langkah dalam mesin pembakaran 4 langkah ke mesin pembakaran 6 langkah diharapkan akan meningkatkan durasi difusi massa dan difusi termal sehingga homogenitas campuran serta suhu dalam campuran udara-bahan bakar menigkat. Dengan meningkatnya homogenitas campuran udara-bahan bakar serta temperatur awal reaktan dapat menambah daya ekspansi hasil pembakaran. Pengujian kinerja mesin dengan mengurangi kecepatan mesin 400 rpm pada kondisi awal pembukaan katup throttle sebesar 30% maka hasil kinerja kedua motor akan dibandingkan. Hasil pengujian menunjukkan peningkatan daya dan torsi pada mesin pembakaran 6 stroke dibandingkan dengan mesin pembakaran 4 stroke pada kondisi rotasi yang sama yaitu 15%. Sedangkan untuk nilai konsumsi bahan bakar spesifik yang efektif (SFCe), efisiensi termal, dan emisi gas buang dari bahan bakar 4 langkah Hidrocarbon (HC) masih lebih baik

English Abstract

The duration of fuel-air diffusion in the 4 stroke combustion engine is relatively short, which is 0.02 seconds at 3000 rpm so that at high rotation the level of homogeneity of the fuel-air mixture becomes low. The addition of steps in a 4 stroke combustion engine to a 6 stroke combustion engine is expected to increase the duration of mass diffusion and temperature in the air-fuel mixture. So that the homogeneity of the air-fuel mixture increas and more expansion power of the combustion results. Engine performance testing by reducing the engine speed of 400 rpm at the initial condition of the throttle valve opening by 30% then the results of the performance of the two motors will be compared. The test results show an increase in power and torque in a 6 strokes combustion engine compared to a 4 strokes combustion engine at the same rotation conditions of 15%. As for the value of the specific fuel consumption effective (SFCe), thermal efficiency, and exhaust gas emissions of Hydrocarbon (HC) 4 stroke fuel is still better

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/621.402 3/GUN/p/2018/041901672
Uncontrolled Keywords: difusi, homogen, motor bakar, empat langkah, enam langkah,-diffusion, homogenity, combustion engine, four stroke, six stroke
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 621 Applied physics > 621.4 Prime movers and heat engineering > 621.402 Heat engineering > 621.402 3 Fuels and combustion
Divisions: S2/S3 > Magister Teknik Mesin, Fakultas Teknik
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 24 Jun 2022 07:14
Last Modified: 24 Jun 2022 07:14
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/191309
[thumbnail of CHANDRA GUNAWAN.pdf] Text
CHANDRA GUNAWAN.pdf

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item