Putra, Muhammad Rafshandzani Menggala and Dr. Desi Tri Kurniawati,, SE., MM.,CPHR (2021) Perumusan Strategi Pengembangan Bisnis Online Clothing Pada Umkm Potoreto.Id. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Potoreto.id merupakan salah satu UMKM yang bergerak dibidang pakaian online yang berasal dari kota Malang dengan produk t-shirt dan totebag untuk saat ini. Selama berjalan kurang lebih dua tahun, penjualan atas produk yang di tawarkan Potoreto.id masih sangat tidak stabil. Kurangnya perencanaan yang matang serta pengalaman yang masih sangat minim dalam bisnis online menjadi penyebab utama atas ketidakstabilan yang dihadapi. Permasalahan tersebut melatarbelakangi dilakukannya penelitian ini yaitu dengan tujuan mengidentifikasi faktor internal dan eksternal pada Potoreto.id, melakukan formulasi strategi, hingga menciptakan keputusan strategi yang tepat guna pengembangan usaha. Jenis penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Sumber data yang digunakan yakni data primer yang di dapat dari wawancara dan data sekunder berupa jurnal, dokumen dan lainnya. Adapun alat analisis yang digunakan Potoreto.id yaitu Matriks IFE-EFE, SWOT, IE, dan Matriks QSPM. Melihat dari hasil analisis akhir yang dilakukan menunjukan bahwa strategi yang ideal untuk digunakan Potoreto.id adalah strategi pengembangan pasar, yaitu upaya untuk meningkatkan penjualan dengan memaksimalkan pemasaran yang lebih luas
English Abstract
Potoreto.id is an MSME engaged in online clothing business in Malang. They are currently producing t-shirts and tote bags. During the two years of business, their sales are unstable due to poor planning and low experience in online business. The purpose of this study is to identify the enterprise’s internal and external factors, from which appropriate strategies can be formulated, and decisions that help business development can be well made. This qualitative research uses case study approach. The primary data was gathered from interviews, and the secondary data was harvested from journals, documents, and others. The analyses were performed using IFE-EFE, SWOT, IE, and QSPM matrices. This study finds that Potoreto.id needs to use market development strategy, that is increasing sales by expanding market range.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 0521020383 |
Uncontrolled Keywords: | fashion, strategi, analisis, matriks, strategi pengembangan pasar, Fashion, strategy, analysis, matrix, market development strategy |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen |
Depositing User: | Nur Cholis |
Date Deposited: | 17 Jun 2022 06:13 |
Last Modified: | 17 Jun 2022 06:13 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/191286 |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
MUHAMMAD RAFSHANDZANI MENGGALA PUTRA.pdf Restricted to Registered users only until 31 December 2023. Download (3MB) |
Actions (login required)
View Item |