Analisis Pengaruh Service Quality, Product Quality, dan Promotion terhadap Keputusan Pembelian Produk Perikanan dan Jasa pada Julakan di Kota Bekasi, Jawa Barat

Mumtazudin, Yusuf and Prof. Dr. Ir. Nuddin Harahab, MP (2022) Analisis Pengaruh Service Quality, Product Quality, dan Promotion terhadap Keputusan Pembelian Produk Perikanan dan Jasa pada Julakan di Kota Bekasi, Jawa Barat. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Di tengah minimnya kondisi produksi perikanan bidang budidaya di Kota Bekasi, Julakan hadir sebagai salah satu dari sekian perusahaan yang bergerak di bidang budidaya, khususnya budidaya lele. Perushaan ini selain bertujuan untuk memperoleh profit juga dapat meningkatkan angka produksi perikanan di Kota Bekasi. Julakan sebagai perusahaan yang menjual produk dan jasa perikanan mengalami peningkatan dan penurunan dalam penjualannya selama empat tahun terakhir. Peningkatan dan penurunan dalam penjualan tersebut dipengaruhi karena adanya keputusan pembelian yang dibuat oleh customer Julakan. Sebagai perusahaan yang baik Julakan perlu memahami proses keputusan pembelian customernya. Service Quality, Product Quality, dan Promotion dapat mempengaruhi keputusan pembelian yang dibuat oleh seorang customer. Hal tersebut yang mendasari peneliti untuk melakukan penelitian ini. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan bertujuan untuk menganalisis dan menjelaskan pengaruh Service Quality (X1), Product Quality (X2), dan Promotion (X3) terhadap Keputusan Pembelian secara parsial maupun simultan. Penelitian dilaksanakan di bulan Januari 2022. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu explanatory research. Sumber data yang digunakan yaitu data primer juga data sekunder. Data primer diperoleh dari hasil wawancara, hasil kuesioner, dan beberapa hasil dokumentasi kegiatan penelitian. Data sekunder diperoleh dari dokumen-dokumen Julakan (dokumen perusahaan, dokumen produk, dan dokumen penjualan). Populasi merupakan customer Julakan. Penentuan sampel menggunakan metode LTF (Linear Time Function). Analisis data yang digunakan yaitu analisis regresi linear berganda (uji t, uji F, dan uji R2) yang sebelumnya telah dilakukan uji instrument data (uji validitas dan reliabilitas) dan uji asumsi klasik (uji normalitas, multikolinearitas, dan heteroskedastisitas) terlebih dahulu. Hasil pada penelitian ini menjelaskan bahwa adanya hubungan antar variabel penelitian secara parsial maupun simultan. Secara parsial, Service Quality (X1) dan Promotion (X3) memiliki pengaruh yang positif terhadap Keputusan Pemebelian (Y), tetapi Product Quality (X2) tidak memiliki pengaruh terhadap Keputusan Pemebelian (Y). Secara simultan, variabel Service Quality (X1), Product Quality (X2), dan Promotion (X3) memiliki pengaruh terhadap Keputusan Pembelian (Y) sebesar 57,8%. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi acauan perusahaan Julakan dalam mengembangkan usahanya. Selain itu juga diharapkan dapat dijadikan sebagai refrensi untuk dilakukannya penelitian lebih lanjut.

English Abstract

In the midst of the lack of aquaculture production conditions in Bekasi City, Julakan is present as one of the companies engaged in aquaculture, especially catfish cultivation. This company aims not only to earn profit but also to increase the number of fishery production in Bekasi City. The brand as a company that sells fishery products and services has increased and decreased in its sales over the last four years. The increase and decrease in sales was influenced by the purchase decisions made by the customer of Julakan. As a good company, Julakan needs to understand the customer's buying decision process. Service Quality, Product Quality, and Promotion can influence purchasing decisions made by a customer. This is what underlies the researcher to conduct this research. Therefore, this study aims to analyze and explain the effect of Service Quality (X1), Product Quality (X2), and Promotion (X3) on Purchase Decisions partially or simultaneously. The research was conducted in January 2022. The method used in this research is explanatory research. Sources of data used are primary data as well as secondary data. Primary data were obtained from interviews, questionnaire results, and some documentation of research activities. Secondary data was obtained from sales documents (company documents, product documents, and sales documents). The population is the customer of Julakan. Determination of the sample using the LTF (Linear Time Function) method. The data analysis used was multiple linear regression analysis (t test, F test, and R2 test), which had previously been tested for instrument data (validity and reliability tests) and classical assumption tests (normality, multicollinearity, and heteroscedasticity tests) first. The results of this study explain that there is a relationship between research variables partially or simultaneously. Partially, Service Quality (X1) and Promotion (X3) have a positive influence on Purchase Decisions (Y), but Product Quality (X2) has no influence on Purchase Decisions (Y). Simultaneously, Service Quality (X1), Product Quality (X2), and Promotion (X3) variables have an influence on Purchase Decision (Y) by 57.8%. The results of this study are expected to be a reference for Julakan's company in developing its business. In addition, it is also expected to be used as a reference for further research.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0521080199
Uncontrolled Keywords: -
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.3 Other extractive industries > 338.37 Products > 338.372 Products of fishing, whaling, hunting, trapping > 338.372 7 Products of fishing, whaling, hunting, trapping (Fishing)
Divisions: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Agrobisnis Perikanan
Depositing User: Zainul Mustofa
Date Deposited: 16 Jun 2022 01:36
Last Modified: 16 Jun 2022 01:36
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/191226
[thumbnail of DALAM  MASA  EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
YUSUF MUMTAZUDIN.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2023.

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item