Nikmah, Farah Nur Lailatun and Dr. Erwin Saraswati,, SE., M.Acc. Ak., CPMA (2022) Faktor-Faktor Yang Menentukan Keputusan Berdonasi Secara Online Melalui Platform Crowdfunding. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Penelitin ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh dari beberapa faktor seperti religiusitas, kualitas proyek, reputasi organisasi, akuntabilitas, dan celebrity endorser terhadap keputusan untuk berdonasi secara online melalui platform crowdfunding. Sampel pada penelitian ini adalah pengguna internet dan media sosial. Penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling yang merupakan salah satu jenis teknik dalam teknik non probability sampling, dengan jumlah sampel sebanyak 200. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan software SmartPLS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa reputasi organisasi yang baik, kemampuan organisasi yang baik dalam mempertanggunjawabkan pengeloaan sumber daya, dan penggunaan public figure dalam strategi pemasaran dapat mendorong para pengguna internet dan media sosial untuk berdonasi secara online melalui platform crowdfunding. Faktor intrinsik yang mendorong seseorang untuk berperilaku sesuai dengan ajaran agamanya tidak mempengaruhi para donatur untuk berdonasi secara online melalui platform crowdfunding. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa semakin baik kemampuan suatu proyek amal dalam menjalankan fungsinya maka akan menurunkan minat para donatur untuk berdonasi online melalui platform crowdfunding. Hal ini dikarenakan perbedaan persepsi dan kurang rasa percaya dari para donatur terkait kualitas proyek amal.
English Abstract
This study aims to analyze the effect of the factors of religiosity, project quality, organizational reputation, accountability, and celebrity endorser on the decision to donate online through a crowdfunding platform. The samples in this study include internet and social media users. This study involves 200 samples selected through purposive sampling of non-probability sampling technique, and analyzed by utilizing SmartPLS software. The results reveal that a good organizational reputation, good organizational ability in being responsible for resource management, and using public figures as a part of marketing strategies can encourage internet and social media users to donate online through a crowdfunding platform. Whilst, intrinsic factors suggesting someone to behave according to their religious teachings do not affect donors to donate online through the crowdfunding platform. The results also indicate that the better the ability of a charity project in carrying out its functions, the lower the interest of donors to donate online through the crowdfunding platform as a result from the different perceptions and distrust from donors on the quality of charitable projects.
Other obstract
-
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 0522020003 |
Uncontrolled Keywords: | crowdfunding, reputasi organisasi, pertanggungjawaban, seleberiti, agama, proyek amal, internet, berdonas, crowdfunding, organizational reputation, accountability, celebrity, religion, charity project, internet, donating |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 657 Accounting |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi |
Depositing User: | Nur Cholis |
Date Deposited: | 14 Jun 2022 07:28 |
Last Modified: | 14 Jun 2022 07:28 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/191133 |
![]() |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
FARAH NUR LAILATUN NIKMAH.pdf Restricted to Registered users only until 31 December 2024. Download (2MB) |
Actions (login required)
![]() |
View Item |