Strategi Pengembangan Usaha Pembesaran Ikan Lele Pada Purnomo Fish Farm di Kota Kediri

Al Azizi, Firstyana Farid Abduh and Prof. Dr. Ir. Mimit Primyastanto,, MP and Wildan Al Farizi, SE., M. Ling (2021) Strategi Pengembangan Usaha Pembesaran Ikan Lele Pada Purnomo Fish Farm di Kota Kediri. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Perkembangan sektor perikanan di Indonesia terlihat peningkatannya. Salah satu program Pemerintah yang terlihat adalah semakin banyaknya jumlah produksi dan peningkatan produktivitas berbagai ragam ikan baik untuk pangan maupun untuk ikan hias yang bersumber dari ikan air tawar dan ikan tangkapan dari lautan. Untuk jenis ikan air tawar, salah satu jenis ikan yang saat ini paling dikembangkan adalah ikan lele. Purnomo Fish Farm merupakan suatu usaha perorangan berskala kecil, yang bergerak di bidang pembesaran ikan lele. Usaha ini terletak di Kelurahan Bandar Lor Kecamatan Mojoroto Kota Kediri. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis aspek non-finansial usaha, menganalisis aspek finansial usaha, menganalisis faktor internal dan eksternal yang mempengaruhi usaha dan menyusun strategi pengembangan usaha. Pada penelitian ini jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif. Menggunakan sumber data primer dan sekunder. Penentuan responden dengan menggunakan metode purposive sampling. Metode pengambilan data dilakukan dengan wawancara, observasi, kuisioner, dan dokumentasi. Metode analisis yang digunakan adalah analisis data kuantitatif dan analisis data kualitatif. Analisis kualitatif pada penelitian ini digunakan untuk menganalisis aspek teknis, aspek manajemen, aspek pemasaran, serta faktor internal maupun eksternal yang mempengaruhi usaha di Purnomo Fish Farm. Analisis data kuantitatif digunakan untuk menganalisis aspek finansiil Purnomo Fish Farm. Aspek teknis usaha pembesaran ikan lele Purnomo Fish Farm terdiri dari bahan baku, sarana dan prasarana produksi, dan proses produksi. Aspek Aspek manajemen merupakan kegiatan yang penting dalam suatu kegiatan usaha, yaitu yang terdiri dari perencanaan (planning), pengorganisasian (organizing), penggerakan (actuating) dan pengawasan (controlling). Aspek pemasaran yang dilakukan pada usaha pembesaran ikan Purnomo Fish Farm terdiri dari bauran pemasaran dan saluran pemasaran. Aspek sosial ekonomi yaitu dampak yang diberikan oleh Purnomo Fish Farm dari segi sosial yaitu memberikan inovasi untuk memanfaatkan sumber daya yang ada di sekitar. Dampak yang diberikan usaha dari segi ekonomi yaitu dapat memberikan lapangan pekerjaan untuk masyarakat sekitar usaha. Usaha pembesaran ikan lele Purnomo Fish Farm tidak memberikan dampak negatif dari segi aspek lingkungan. Aspek hukum pada usaha pembesaran ikan yang dilakukan oleh usaha pembesaran ikan lele Purnomo Fish Farm ini belum berbadan hukum dan belum terdapat surat izin usaha berupa SIUP. Aspek kelembagaan dengan mengikuti progam pemerintah.Aspek finansiil pada Purrnomo Fish Farm yaitu modal tetap sebesar Rp 151.830.000 modal lancar sebesar Rp 57.000.000 modal kerja sebesar Rp 105.366.000 biaya variabel sebesar Rp 50.600.000 biaya tetap sebesar Rp 54.766.000 biaya total sebesar 105.366.000 penerimaan sebesar Rp 288.000.000 R/C Ratio sebesar 2,733 keuntungan bersih sebesar Rp 182.634.000 rentabilitas 173% BEP Unit 2.152 BEP Sales Rp 66.431.344 NPV sebesar Rp 729.867.967 IRR sebesar 149% PP sebesar 0,7 tahun. Berdasarkan analisis SWOT usaha budidaya ikan lele Purnomo Fish Farm berada pada kuadran I, maka strategi yang diterapkan adalah strategi pertumbuhan (Growth). Pada analisis faktor Internal dan eksternal pada Purnomo Fish Farm menggunakan analisis SWOT terletak pada posisi yang menguntungkan yaitu berada pada kuadran I pada angka (2,03 , 0,91) dan menggunakan strategi pertumbuhan (growth) dengan memaksimalkan kekuatan yang ada. Saran penulis kepada Purnomo Fish Farm adalah dengan memaksimalkan lahan yang ada untuk menambah jumlah hasil pemasaran, mempertahankan kelayakaan finansiil untuk menambah hasil produksi, memperluas jaringan pemasaran melalui sosial media atau e-commerce, menjaga kualitas hasil panen agar pelanggan tetap tidak berpindah ke pemasok ikan lele lain dan memberikan inovasi produk supaya Purnomo Fish Farm semakin dikenal.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0522080014
Uncontrolled Keywords: -
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.3 Other extractive industries > 338.37 Products > 338.372 Products of fishing, whaling, hunting, trapping > 338.372 7 Products of fishing, whaling, hunting, trapping (Fishing)
Divisions: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Agrobisnis Perikanan
Depositing User: Zainul Mustofa
Date Deposited: 13 Jun 2022 06:47
Last Modified: 27 Sep 2024 08:29
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/191047
[thumbnail of FIRSTYANA FARID ABDUH AL AZIZI.pdf] Text
FIRSTYANA FARID ABDUH AL AZIZI.pdf

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item