Izza, Fefrilia Rochmatul and Prof.Dr.Ir. Harsuko Riniwati, MP. (2022) Analisis Kepuasan Konsumen Terhadap Pembelian Produk Agar-Agar Rumput Laut Merek ‘X’ Di Toko Ritel Modern Kota Malang Dengan Pendekatan Dinamika Sistem. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Kepuasan konsumen merupakan prioritas utama yang harus dipenuhi oleh produsen yang bergerak dibidang bisnis khususnya pelaku ritel. Selain itu, para pelaku ritel harus menyadari terkait situasi yang ditujukan oleh konsumen ketika mereka menyadari bahwa kebutuhan dan keinginanya akan produk yang produsen jual sesuai dengan yang diharapkan serta terpenuhi secara baik, hal ini sangat penting untuk diketahui para produsen khususnya pelaku ritel agar usahanya tetap berjalan. Kegiatan yang dilakukan dalam bisnis ritel adalah menjual berbagai produk, jasa, atau keduanya kepada konsumen untuk keperluan konsumsi pribadi maupun bersama, dengan demikian ritel adalah kegiatan terakhir dalam kegiatan distribusi yang menghubungkan produsen dengan konsumen. Bisnis pada ritel modern tidak lepas dari produk yang merupakan sekumpulan atribut fisik nyata yang terakit dalam sebuah bentuk yang dapat diidentifikasikan. Kualitas produk yang bagus akan memberikan kepuasan konsumen, salah satu kualitas produk yaitu kandungan dari produk itu sendiri. Produk agar-agar rumput laut merek ‘X’ memiliki kandungan energi agar-agar rumput laut merek ‘X’ sebesar 20kkl dan karbohidrat 8g, kandungan produk agar-agar rumput laut merek ‘X’ lebih rendah dari pada produk sejenis, dengan logo burung wallet dan globe serta kemasan kuningnya sudah ada sejak 40 tahun lalu dan bertahan hingga sekarang serta menjadi pelopor agar-agar di indonesia. Penelitian yang dilakukan peneliti bertujuan untuk menganalisis faktorfaktor yang mempengaruhi kepuasan konsumen terhadap pembelian agar-agar rumput laut merek ‘X’ di toko ritel modern Kota Malang. Menganalisis model Dinamika Sistem dari kepuasan konsumen agar-agar rumput laut merek ‘X’ di toko ritel modern Kota Malang. Menganalisis sensitifitas faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan konsumen. Jenis dan sumber data yang digunakan adalah data primer berupa kuisioner dengan analisis deskriptif kuantitatif. Selanjutnya di validasi dengan uji valitidas dan uji reliabilitas menggunakan IBM statistic SPSS. Metode analisis data yang digunakan adalah pendekatan dinamika sistem dengan software vensim dan stella. Metode dinamika sistem biasa digunakan untuk sistem prediksi dan pembuatan kebijakan baru terkait hasil prediksi. Pembuatan dinamika sistem diawali dengan membuat konsep dari sistem nyata yang berisikan variabel-variabel yang saling berhubungan timbal balik menggunakan Causal Loop Diagram (CLD) kemudian membuat stock flow diagram (SFD) yang merepresentasikan hubungan antara variabel-variabel yang sudah diidentifikasi. Kemudian dilakukan uji sensitivitas secara fungsional untuk mengetahui variable mana yang berpengaruh dan tidak berpengaruh jika variable tersebut nilainya di naikkan dan di turukan sebesar 50%. Hasil analisis faktor utama yang mempengaruhi kepuasan konsumen adalah tingkat kenyamanan, antrian pelanggan, peningkatan kualitas produk, dan keluhan konsumen. Tingkat kenyamanan dan antrian pelanggan mempengaruhi secara positif terhadap kepuasan konsumen. Sedangkan, pengingkatan kualitas produk dan keluhan konsumen tidak berpengaruh terhadap kepuasan konsumen.v Berdasarkan model yang dibuat dalam bentuk Stock dan Flow Diagram dapat diketahui hubungan antara Kepuasan konsumen dengan faktor-faktor yang mempengaruhinya, dimana Kepuasan konsumen dengan variabel tingkat kenyamanan dan antrian pelanggan berbanding lurus sehingga apabila tingkat kenyamanan dan antrian konsumen meningkat maka Kepuasan konsumen akan meningkat pula. Sedangkan, pada variabel peningkatan kualitas produk dan keluhan konsumen tidak mempengerahui. Hasil uji sensitivitas variabel persepsi kualitas, jumlah pengunjung, persediaan produk, harga, dan loyalitas konsumen terhadap kepuasan konsumen memiliki sensitivitas yang tinggi. Sedangkan, hasil uji sensitivitas variabel citra merek dan kebersihan memiliki sensitivitas rendah. Pemilik usaha ritel modern berdasarkan hasil penelitian ini untuk meningkatkan kepuasan konsumen produk agar-agar rumput laut merek ‘X’ dengan meningkatkan kualitas produk karena belum mempunyai pengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen bisa dilakukan seperti inovasi produk. Mempertahankan kinerja kenyamanan dan antrian pelanggan dengan menjaga kenyamanan konsumen saat berbelanja dan menambah units pada antrian pelanggan. Sehingga, akan meningkatkan kepuasan konsuem. Bagi pemerintah bisa menjaga stabilitas harga bahan baku seperti rumput laut dan menjaga volume produksi agar tidak terjadi kelangkaan bahan baku agar-agar rumput laut merek ‘X’. Memberikan alternatif-alternatif strategi dari sensitivitas model demi meningkatkan ritel modern seperti pemberian pinjaman modal bagi ritel modern. Penelitian lain dengan topik yang sama diharpkan mampu melakukan penelitian yang sama dengan variabel yang berbeda karena masih minimnya literasi penelitian terkait kepuasan konsumen dengan dinamika sistem.
English Abstract
Consumer satisfaction is a top priority that must be met by manufacturers engaged in business, especially retail players. In addition, retail players must be aware of the situation addressed by consumers when they realize that their needs and desires for products that manufacturers sell in accordance with what is expected and fulfilled properly, it is very important to know the producers, especially retail players to keep their business running. Activities carried out in the retail business are selling various products, services, or both to consumers for personal and shared consumption purposes, thus retail is the last activity in distribution activities that connect producers with consumers. Business in modern retail can not be separated from products that are a set of real physical attributes that are affected in an identifiable form. Good product quality will provide consumer satisfaction, one of the quality of the product is the content of the product itself. 'X' brand seaweed gelatin products have a gelatine energy content of 'X' brand seaweed of 20kkl and 8g carbohydrates, the content of 'X' brand seaweed gelatin products is lower than similarproducts, with the bird logo wallet and globe and yellow packaging has been around since 40 years ago and survives until now and becomes a pioneer of gelatin in Indonesia. The research conducted by researchers aims to analyze the factors that affect consumer satisfaction with the gelatine purchase of 'X' brand seaweed in modern retail stores in Malang City. Analyze the System Dynamics model of consumer satisfaction agar seaweed brand 'X' in modern retail stores malang city. Analyze the sensitivity of factors that affect consumer satisfaction. The type and source of data used is primary data in the form of questionnaires with quantitative descriptive analysis. It is validated by valitidas test and reliability test using IBM STATISTIC SPSS. The data analysis method used is a system dynamics approach with vensim and stellasoftware. System dynamics methods are commonly used for prediction systems and new policy making related to prediction results. System dynamics begins with creating a concept of a real system containing interrelated variables using a Causal Loop Diagram (CLD) and then creating a stock flow diagram (SFD) that represents the relationship between the identified variables. Then a functional sensitivity test is carried out to find out which variables are influential and have no effect if the variable is increased in value and di turukan by 50%. The results of the analysis of the main factors affecting consumer satisfaction are comfort levels, customer queues, improved product quality, and consumer complaints. Customer comfort and queue levels positively affect consumer satisfaction. Meanwhile, the improvement of product quality and consumer complaints have no effect on consumer satisfaction. Based on the model made in the form of Stock and Flow Diagram can be known the relationship between consumer satisfaction and factors that affect it, where consumer satisfaction with variable levels of convenience and customer queues is directly proportional so that if the level of comfort and customer queue increases then consumer satisfaction will increase as well. Meanwhile, on the variable ofvii improving product quality and consumer complaints do not know. The results of the variable sensitivity test of quality perception, number of visitors, product inventory, price, and consumer loyalty to consumer satisfaction have a high sensitivity. Meanwhile, the results of the variable sensitivity test of brand image and cleanliness have low sensitivity. Modern retail business owners based on the results of this study to increase consumer satisfaction of the 'X' brand seaweed by improving the quality of the product because it has not had a significant influence on consumer satisfaction can be done such as product innovation. Maintain the convenience and queue performance of customers by maintaining consumer convenience when shopping and adding units to customer queues. Thus, it will increase the satisfaction of konsuem. For the government can maintain the stability of the price of raw materials such as seaweed and maintain production volume so that there is no scarcity of raw materials so that seaweed brand 'X'. Provide strategic alternatives to the sensitivity of the model to improve modern retail such as capital lending for modern retail. Other research with the same topic is expected to be able to conduct the same research with different variables because there is still a lack of research literacy related to consumer satisfaction with system dynamics.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 0522080012 |
Uncontrolled Keywords: | - |
Subjects: | 300 Social sciences > 338 Production > 338.3 Other extractive industries > 338.37 Products > 338.372 Products of fishing, whaling, hunting, trapping > 338.372 7 Products of fishing, whaling, hunting, trapping (Fishing) |
Divisions: | Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Agrobisnis Perikanan |
Depositing User: | Zainul Mustofa |
Date Deposited: | 13 Jun 2022 06:20 |
Last Modified: | 13 Jun 2022 06:20 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/191038 |
![]() |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
FEFRILIA ROCHMATUL IZZA.pdf Restricted to Registered users only until 31 December 2024. Download (5MB) |
Actions (login required)
![]() |
View Item |