Yudistira, Dzulfikar and Zainal Abidin, S.Pi MBA, MP (2022) Pengaruh Promosi, Pengembangan Produk, dan Harga terhadap Keputusan Pembelian di Lestary Indo Betta Kota Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Dalam kurun waktu lima tahun terakhir nilai ekspor dan impor ikan cupang di Indonesia mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Menurut data dari BPS tahun 2021 dalam periode 2015-2020 nilai ekspor ikan cupang tumbuh sebesar 64,80 persen pertahun. Begitupun dengan tren yang terjadi di Kota Malang, menurut salah satu penjual di Kawasan splendid yang dikutip dari Malangtimes.com “bahwa di tahun 2020 ini tren cupang menjadi salah satu pemasukan terbesarnya meski saat ini sedang di terpa pandemic covid 19”. Salah satu toko penjual ikan cupang yang ada di kawasan splendid Kota malang adalah Lestary Indo Betta. Lestary Indo Betta adalah usaha mandiri yang bergerak di bidang penjualan ikan cupang yang mempunyai ragam jenis seperti giant, avatar, super red, dan sebagainya. Dalam beberapa bulan terakhir Lestary Indo Betta dapat dikatakan salah satu usaha yang mengalami peningkatan omset dalam penjualan ikan cupang. Oleh sebab itu perlu adanya penelitian mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan konsumen dalam pembelian ikan cupang di Lestary Indo Betta Kota Malang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis factorfaktor yang mempengaruhi keputusan pembelian dan factor yang paling dominan terhadap keputusan pembelian ikan cupang di Lestary Indo Betta Kota Malang. Penelitian ini menggunakan metode non-probability sampling. Metode pengambilan sampel menggunakan accidental. Penelitian ini menggunakan pengumpulan data dengan cara observasi dan kuisioner online.kuisioner online menggunakan google form dengan pemberian skor menggunakan skala Likert. Observasi yang dilakukan penelitian ini menggunakan pengumpalan observasi non-partisipan. Metode analisis data pada penelitian menggunakan analisis statistik, analisis linear berganda, dan analisis deskriptif. Populasi pada penelitian ini adalah konsumen Lestary Indo Betta dengan jumlah 71 responden. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan variabel promosi, pengembangan produk, dan harga. Penelitian ini menggunakan teknik dan kuisioner dengan teknik non probability sampling dengan pendekatan purposive sampling. Sampel yang diambil dalam penelitian berjumlah 71 responden dengan kriteria konsumen yang pernah melakukan pembelian di Lestary Indo Betta selama kurun waktu satu tahun yang lalu. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa secara simultan variabel promosi, pengembangan produk, dan harga berpengaruh terhadap keputusan pembelian di Lestary Indo Betta Kota Malang. Oleh karena itu pelaku usaha ini harus terus meningkatkan faktorfaktor yang yang dapat mempengaruhi keputusan pembelian di Lestary Indo Betta
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 0521080157 |
Uncontrolled Keywords: | promosi, pengembangan produk, harga, dankeputusan pembelian |
Subjects: | 300 Social sciences > 338 Production > 338.3 Other extractive industries > 338.37 Products > 338.372 Products of fishing, whaling, hunting, trapping > 338.372 7 Products of fishing, whaling, hunting, trapping (Fishing) |
Divisions: | Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Agrobisnis Perikanan |
Depositing User: | Zainul Mustofa |
Date Deposited: | 13 Jun 2022 03:25 |
Last Modified: | 13 Jun 2022 03:25 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/191024 |
![]() |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
Dzulfikar Yudistira.pdf Restricted to Registered users only until 31 December 2023. Download (2MB) |
Actions (login required)
![]() |
View Item |