Pengaruh Promosi Melalui Media Sosial Instagram Terhadap Keputusan Pembelian Pada Usaha Franchise Ngikan

Alhadi, Arnel and Lina Asmara Wati, S.Pi., M.P., M.B.A. (2021) Pengaruh Promosi Melalui Media Sosial Instagram Terhadap Keputusan Pembelian Pada Usaha Franchise Ngikan. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Saat ini banyak bisnis pengolahan perikanan yang berkembang. Hal ini dikarenakan tingginya permintaan akan produk olahan perikanan. Permintaan akan produk perikanan semakin meningkat dengan semakin meningkatnya pula strategi pemasaran yang dilakukan. Salah satunya seperti promosi yang menjadi penting untuk memperkenalkan produk perikanan pada konsumen. Promosi yang efektif akan menentukan diterima atau tidaknya oleh konsumen sehingga terjadi proses pengambilan keputusan pembelian. Di era digital inipun media sosial dijadikan sarana dalam melakukan promosi suatu produk usaha. Dikarenakan permasalahan tersebut peneliti melakukan penelitian mengenai pengaruh promosi melalui media sosial instagram terhadap keputusan pembelian pada usaha franchise Ngikan. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Menganalisis tahapan pertimbangan konsumen mengenai keputusan dalam membeli produk Ngikan. (2) Menganalisis tingkat pengaruh promosi Usaha Franchise Ngikan di media sosial Instagram terhadap keputusan pembelian. Metode Penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Sumber data yang diperoleh meliputi data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh dari hasil kuesioner dan data sekunder dari studi literatur, internet, dan data perusahaan. Penentuan populasi merupakan konsumen yang sekaligus pengguna aktif media sosial instagram. Penentuan sampel menggunakan teknik random sampling. Analisis data yang digunakan yaitu Analisis Tahapan Keputusan Pembelian, Uji Asumsi Klasik, Analisis Regresi Linear Berganda, dan Uji Model. Uji Asumsi Klasik yang digunakan adalah Uji Normalitas, Uji Multikolinearitas dan Uji Heteroskedastivsitas. Uji Model yang digunakan adalah uji R2, Uji t, dan Uji F. Hasil yang diperoleh pada penelitian ini adalah adanya tahapan pembelian yang dilakukan oleh konsumen Ngikan yang diantaranya pengenalan kebutuhan, pencarian informasi, pengevaluasi alternatif, keputusan pembelian, dan perilaku setelah pembelian yang memiliki berbagai indikator dengan perolehan hasil yang berbeda. Gambaran promosi melalui media sosial Instagram yang dilakukan Ngikan dapat diketahui berdasarkan hasil kumulatif tanggapan respoden, semua dimensi secara parsial memberikan pengaruh secara simultan terhadap keputusan pembelian, namun hanya variable X1 dan X2 yang secara parsial terdapat pengaruh signifikan terhadap Y. Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat menjadi bahan informasi untuk menambah wawasan ilmu pengetahuan serta dapat digunakan sebagai referensi untuk diadakannya penelitian yang lebih mendalam. Selain itu, penelitian ini juga diharapkan agar dapat dijadikan sebagai acuan bagi Ngikan dan pelaku usaha dalam memanfaatkan media sosial sebagai sarana promosi

English Abstract

Currently, many businesses that move in fisheries processing are developing. This is due to the high demand for processed fishery products. The demand for fishery products is increasing side by side with the increasing marketing strategies that carried out. Promotion being important to introduce fishery products to consumers. An effective promotion will determine whether it is accepted or not by consumers, so that a purchase decision-making process occurs. Even in this digital era, social media is used as a means to promote a business product. Due to these problems, researchers conducted research on the effect of promotion through Instagram social media on purchasing decisions in the Ngikan franchise business. This study aims to (1) analyze the stages of consumer considerations regarding the decision to buy Ngikan products. (2) Analyzing the level of influence of the Ngikan Franchise Business promotion on Instagram social media on purchasing decisions. The research method used in this research is quantitative research with descriptive approaching. Sources of data obtained include primary data and secondary data. Primary data is obtained from questionnaires while secondary data was obtained from literature studies, internet, and company data. Determination of the population is consumers who are also active users of social media Instagram. Determination of the sample using random sampling technique. Analysis of the data used is the Analysis of Purchase Decision Stages, Classical Assumption Test, Multiple Linear Regression Analysis, and Model Test. Classical Assumption Test used is Normality Test, Multicollinearity Test and Heteroscedasticity Test. The test model used is the R2 test, t test, and F test. The results obtained in this study are the stages of purchases made by Ngikan consumers, such as need recognition, information search, alternative evaluation, purchase decisions, and post-purchase behavior which have various indicators with different results. The description of promotions through Instagram social media that Ngikan does can be known based on the cumulative results of respondents' responses, all dimensions partially have a simultaneous influence on purchasing decisions, but only X1 and X2 variables partially have a significant influence on Y. The results of this study are expected to be able to become information material to increase scientific knowledge and can be used as a reference for conducting further research. In addition, this research is also expected to be used as a reference for business actors in utilizing social media as a means of promotion.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0521080149
Uncontrolled Keywords: -
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.3 Other extractive industries > 338.37 Products > 338.372 Products of fishing, whaling, hunting, trapping > 338.372 7 Products of fishing, whaling, hunting, trapping (Fishing)
Divisions: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Agrobisnis Perikanan
Depositing User: Zainul Mustofa
Date Deposited: 13 Jun 2022 02:05
Last Modified: 30 Sep 2024 01:54
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/190992
[thumbnail of ARNEL ALHADI.pdf] Text
ARNEL ALHADI.pdf

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item